Gambar Ikan Oscar

Cara Budidaya Ikan oscar

Cara Budidaya Ikan Oscar – ikan dengan nama latin astronotus ocellatus ini merupakan ikan hias predator yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Ikan yang berasal dari sungai amazon dini menarik perhatian pecinta ikan karena keunikan dan warnanya yang indah. Banyak orang tertarik untuk membudidayakan ikan oscar karena hasilnya menjanjikan.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya ikan oscar, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Oscar

 

Siapkan Aquarium

 

Sobat harus menyiapkan aquarium yang cukup luas, sebagai patokan sobat dapat menggunakan ukuran 1,5×1×0,5 m. Kemudian masukkan air dengan ketinggian 30-40 cm dan berikan beberapa hiasan untuk tempat berlindung benih-benih ikan oscar. Biarkan aquarium selama 12-24 jam sebelum diisi dengan ikan.

 

Bedakan Induk Jantan dan Betina

 

Berikut beberapa perbedaan ikan oscar jantan dan ikan oscar betina:

 

Ikan Oscar Jantan

 

  • Tubuh ikan oscar jantan cenderung lebih panjang.
  • Ikan oscar jantan memiliki sirip yang lebih panjang dan lebar.
  • Ikan oscar jantan mempunyai 2 buah lubang dengan ukuran yang hampir sama dan menguncup ke belakang. Organ ini adalah lubang kotoran dan organ reproduksi.
  • Ikan oscar jantan akan mengikuti ikan oscar betina.
  • Warna ikan oscar jantan lebih menarik dan terang.

 

Ikan Oscar Betina

 

  • Tubuh ikan oscar betina lebih pendek dan gemuk.
  • Sirip ikan oscar betina lebih pendek dan membulat.
  • Ikan oscar juga memiliki 2 lubang, tetapi satu lubangnya lebih besar dan satunya agak kecil dan menguncup ke depan.
  • Ikan oscar betina akan berenang ke dasar untuk bertelur.
  • Warna ikan oscar betina cenderung lebih kalem.
Baca Juga :  Harga Ikan Sidat

 

Memilih Indukan

 

Kualitas indukan sangat mempengaruhi hasil bibit yang lahir, maka tidak boleh sembarangan memilih. Berikut beberapa kriteria indukan ikan oscar yang bagus:

 

  • Berumur di atas 1,5 sampai 2 tahun.
  • Ikan agresif dan sehat.
  • Tidak terdapat cacat fisik.
  • Ikan berwarna cerah dan tidak kusam atau pucat.
  • Tidak terdapat luka pada tubuhnya

 

Kemudian lakukan seleksi dengan cara mencampurkan 5 ekor ikan jantan dan 5 ekor ikan betina dalam satu aquarium, nantinya ikan akan memilih pasangannya sendiri. Setelah berpasangan, sobat dapat memindahkan pasangan ikan masing masing ke aquarium yang berbeda.

 

Cara Pemijahan Ikan Oscar

 

Setelah mendapatkan pasangan ikan oscar, masukkan ikan ke aquarium. Biasanya perkawinan ikan oscar berlangsung pada pagi dan sore hari dan akan langsung dibuahi oleh pejantan. Sobat harus memisahkan telur yang sudah dibuahi dengan induknya, lalu masukkan ke aquarium khusus penetasan.

 

Sobat dapat menggunakan aquarium dengan ukuran 70×40×40 cm dengan ketinggian air 10 cm. Lalu berikan udara atau aerasi denhan kekuatan lemah, agar telur atau burayak ikan tidak mati nantinya. Setelah 3 hari, telur akan mulai menetas. Kemudian sobat dapat memberikan campuran methylene blue dan emalin.

 

Perawatan Burayak Ikan Oscar

 

Ikan oscar yang baru menetas memiliki cadangan makanan dari kuning telurnya. Sobat dapat memberinya makan berupa rotifera saat sudah masuk hari ke-5. Pastikan untuk tidak terlambat memberinya makan, karena keganasan ikan sudah muncul sejak dini dan ikan akan menjadi kanibal.

 

Setelah berumur 10 hari, sobat dapat memberikan pakan berupa kutu air, pastikan untuk membersihkan dan menyaringnya terlebih dahulu. Setelah 2 minggu, sobat dapat memberikan kutu air yang tidak disaring. Sobat juga dapat memberikan cacing rambut sebagai makanan selingan.

Baca Juga :  Cara Budidaya Ikan Koi

 

Setelah ikan berumur 25 hari, sobat dapat memindahkannya ke aquarium yang besar untuk proses pembesaran. Kami sarankan untuk menggunakan aquarium dengan ukuran 2×1×1 cm³ dengan ketinggian air 20-25 cm. Dengan ukuran ini, sobat dapat memasukkan sekitar 300 ekor ikan oscar.

 

Setelah 1 bulan, kurangi jumlah ikan dalam aquarium menjadi 200 ekor dan pindahkan sisanya ke aquarium terpisah.

 

Sobat dapat melihat cara budidaya ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.