Kunci Jawaban IPA Halaman 23 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 23 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 23 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Pada setiap aktivitas pengukuran, kesalahan pengukuran tidak dapat dihindarkan, apalagi jika pengukuran hanya dilakukan sekali, peluang ketidaksesuaian antara hasil pengukuran dengan kondisi sebenarnya semakin besar. Banyak faktor kesalahan yang dapat menyebabkan hasil pengukuran tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Untuk mengurangi faktor kesalahan pengukuran tersebut, Kalian dapat mengatasinya dengan cara melakukan pengukuran secara berulang. Pengambilan data untuk pengukuran berulang minimal dilakukan sebanyak lima kali. Biasanya pengolahan data hasil pengukuran menghasilkan banyak angka di belakang desimal.

Berikut jawaban tentang “Ayo Cek Pemahaman”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Nilai Ketidakpastian pada Pengukuran Berulang

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 23 Kelas 10

Ayo Cek Pemahaman

Jawablah pertanyaan berikut ini. Bacaan untuk pengerjaan soal nomor 1 sampai dengan 5.

1. Kesalahan pengukuran yang disebutkan pada paragraf ketiga, kalimat ketiga termasuk dalam kesalahan pengukuran akibat ….

Kunci Jawaban

 Kesalahan acak
vKesalahan sistematik
 Kesalahan paralaks
 Keterbatasan keterampilan pengamat

Alasan: Karatan termasuk dalam kelelahan alat, merupakan kesalahan sistematik.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas SK-K8-02 Sandi Heksadesimal Halaman 88 Kurikulum Merdeka

2. Kesalahan pengukuran yang disebutkan pada paragraf ketiga, kalimat pertama termasuk dalam kesalahan pengukuran akibat….

Kunci Jawaban

 Kesalahan acak
vKesalahan sistematik
 Kesalahan paralaks
 Keterbatasan keterampilan pengamat

Alasan: timbangan yang diakali dapat termasuk dalam kategori kesalahan kalibrasi karena ketidaksesuaian titik nol.

3. Pada paragraf ketiga, kalimat ketiga disebutkan bahwa kesalahan akibat faktor karatan menyebabkan keseimbangan berubah melewati batas toleransi selisih sebesar 20 gram untuk timbangan 5 kilogram, artinya persentase ketidakpastian relatifnya adalah…

Kunci Jawaban

  0,25%
v 0,40%
  2,50%
  4,00%

Cara pengerjaan: 4/1000 × 100% = 0,4 %

4. Seseorang membeli telur sebanyak 5 kg dengan harga per kilogramnya adalah Rp24.000,00. Telur tersebut ditimbang dengan menggunakan timbangan yang berkarat seperti yang dijelaskan pada soal nomor 2. Maka kerugian yang ditanggung pembeli akibat kesalahan pengukuran tersebut adalah….

Kunci Jawaban

 Rp300
vRp480
 Rp3.000
 Rp4.800

Cara pengerjaan: 0,4% × 5 kg × Rp24.000 = Rp480

5. Kalian adalah seorang pedagang sukses. Kalian telah memahami konsep pengukuran dalam fisika. Bagaimana Kalian harus bersikap terkait pengukuran? Jelaskan alasan Kalian.

Kunci Jawaban

Menerapkan prinsip fisika untuk pengukuran. Dengan menerapkan prinsip fisika pada pengukuran untuk berdagang saya menjadi pedagang yang jujur dan amanah.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.
Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 45 Kelas 10

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 45 Kelas 10