Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Ketika Kalian mendengar kata virus, yang terlintas pastilah penyakit, menular dan mematikan. Apalagi semenjak kita berada dalam masa pandemi Covid-19, kata virus menyebabkan ketakutan pada kita. Begitu pula hasil penyelidikan Kalian pada Proyek tahap 1, Kalian mungkin menemukan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia, seperti demam berdarah, polio, flu, cacar dan hepatitis. Selain itu virus juga menyebabkan penyakit pada tumbuhan seperti mosaik dan tungro, serta penyakit pada hewan seperti rabies dan tetelo. Sesungguhnya virus juga bermanfaat untuk kehidupan manusia. Baculovirus adalah virus yang menyerang serangga dan artropoda sehingga dimanfaatkan sebagai biopestisida di lahan pertanian. Kemampuannya dalam melemahkan inangnya dimanfaatkan dalam pengobatan biologis untuk melemahkan atau membunuh bakteri, jamur atau protozoa yang bersifat patogen. Pada sub topik replikasi virus, Kalian telah mempelajari pada saat virus menginfeksi sel inang, virus memasukkan asam nukleatnya ke dalam sel inang. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan dalam proses rekayasa genetika pada pembuatan insulin dan terapi gen. Virus yang disisipi gen penghasil insulin menginfeksi bakteri, sehingga bakteri ini berkembangbiak dan menghasilkan insulin. Sedangkan pada terapi gen, virus dimasukkan gen terapeutik agar virus mengirimkan gen ini pada sel target untuk memulihkan fungsi gen yang rusak. Dalam dunia kesehatan, virus dapat dijadikan sebagai agen anti kanker dan bahan pembuat vaksin. Virus oncolytic digunakan sebagai agen anti kanker. Virus tersebut selektif untuk memilih sel kanker sehingga menginfeksi dan merusak sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Berikut jawaban tentang “Ayo Berlatih”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Peranan Virus

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 71 Semester 2

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10

Ayo Berlatih

Setelah Kalian belajar tentang peranan virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.

1. Jodohkanlah nama virus dan penyakit yang benar!

Kunci Jawaban

Polio dengan Poliovirus
AIDS dengan HIV
Rabies dengan Rhabdovirus
Mosaik dengan TMV
Demam berdarah dengan Virus Dengue

2. Berdasarkan bagan tersebut, pada proses manakah kita bisa memanfaatkan virus dalam pembuatan insulin?

Kunci Jawaban

Proses membawa gen insulin ke dalam tubuh virus

3. Berdasarkan artikel tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

a. Apakah variabel terikat dan variabel bebas dalam penelitian tersebut?

Kunci Jawaban

Variabel bebas: pemberian vaksin atau tidak, variabel terikat: terinfeksi atau tidaknya virus corona

b. Jika seandainya dilakukan uji efikasi vaksin sinovac di suatu daerah dengan pengujian kepada 500 orang yang menerima vaksin dan 500 orang sebagai pembanding dan ditemukan 20 orang yang menerima vaksin mengalami Covid-19, sedangkan 100 orang kelompok pembanding mengalami Covid-19. Berapakah efikasi vaksin tersebut!

Kunci Jawaban

Kelompok yg divaksin = 20/500 = 0,04

Kelompok yang tidak divaksin = 100/500 = 0,2

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka

Efikasi = (0,2 – 0,04) / 0,2 x 100% = 80%

c. Tentukan apakah aktivitas penelitian dalam menguji efikasi virus benar atau salah.

Kunci Jawaban

PernyataanBenarSalah
Orang yang akan diberikan vaksin harus dalam kondisi sehat.v 
Jumlah orang yang diberikan vaksin boleh lebih banyak dibandingkan dengan kelompok pembanding. v

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Kunci Jawaban

Alasan: Syarat orang yang diberikan vaksin corona adalah dalam kondisi sehat supaya apabila penyakit tersebut menyerang saat divaksin maka tidak menyebabkan fatal. Pada saat pengujian efikasi, maka jumlah orang yang diberikan vaksin dengan yang tidak harus sama.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 45 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 48 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 51 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 59 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 67 Kelas 10