Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Kata virus adalah kata yang tidak asing lagi bagi Kalian. Dalam dunia komputer, virus merupakan suatu program yang dapat mengganggu kinerja program komputer lainnya. Bahkan dalam dunia sosial media istilah viral sering digunakan. Kata viral ini berarti memiliki sifat seperti virus yakni mudah menyebar. Akan tetapi yang akan kita bahas pada bab ini bukan virus pada dunia komputer atau pada berita infotainment, melainkan virus yang memiliki material genetik yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan makhluk hidup lainnya. Semenjak pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2019, kata virus hampir setiap hari muncul dalam berita atau infografis yang ada di media masa.

Akibat virus ini pula Kalian melakukan physical distancing, lebih sering tinggal di rumah, belajar secara daring dari rumah (BDR), dan jika terpaksa keluar rumah harus menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau alternatifnya dengan pembersih tangan (hand sanitizer). Virus ini tidak kasat mata tetapi sangat berbahaya. Seperti apakah virus itu? Apakah virus tergolong mahkluk hidup? Bagaimana bentuknya? Pernahkah Kalian berinteraksi dengan teman atau anggota keluarga Kalian yang mengalami flu dan kemudian Kalian juga mengalami gejala flu beberapa hari selanjutnya? Penularannya cepat dan tanpa Kalian sadari bukan? Seperti yang Kalian ketahui bahwa flu disebabkan oleh virus. Virus memiliki ukuran yang sangat kecil. Diameter virus berkisar antara 20 nanometer (nm) hingga 400 nanometer (nm). Oleh karena itu virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Partikel lengkap virus, yang disebut dengan virion, terdiri atas asam nukleat yang dibungkus oleh protein pelindung yang disebut dengan kapsid

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-05 Eksplorasi Games Move a Sprite Halaman 201 202 203 204 Kurikulum Merdeka

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 2.1 dan Ayo Berlatih”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Apakah Itu Virus?

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10

Aktivitas 2.1 (Hal 35)

Setelah Kalian mengamati kedua virus tersebut, cobalah menjawab pertanyaan berikut.

1. Apakah kesamaan struktur pada kedua virus tersebut?

Kunci Jawaban :

Memiliki asam nukleat dan selubung protein.

2. Cobalah cari informasi berapakah ukuran dari kedua virus tersebut!

Kunci Jawaban :

Ukuran bacteriophage: 25–45 mikron dan ukuran virus corona 80–160 mikron.

3. Sebuah sel minimal tersusun atas membran sel, sitoplasma, asam nukleat dan ribosom. Berdasarkan telaah struktur yang Kalian lakukan apakah virus merupakan merupakan sebuah sel? Apakah virus adalah mahkluk hidup?

Kunci Jawaban :

Virus hanya memiliki asam nukleat dan selubung protein sehingga bukan sebuah sel dan bukan makhluk hidup

Ayo Berlatih (Hal 36)

Kemudian jawablah pertanyaan berikut.

1. Berdasarkan video tersebut, pikirkan apakah pernyataan berikut benar atau salah!

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 8 Kelas 10
PernyataanBenarSalah
Virus corona adalah sel berukuran kecil v
Disebut corona karena memiliki amplop yang mengandung struktur seperti pakuv 
Virus corona tergolong virus RNA.v 

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Kunci Jawaban

Alasan: Virus bukan sebuah sel karena hanya tersusun atas materi genetik dan kapsid. Virus corona merupakan virus yang berbentuk amplop dengan struktur protein berbentuk seperti paku pada amplopnya dan materi genetiknya adalah RNA

2. Setelah Kalian menelaah struktur virus corona pada video, kegiatan laboratorium manakah yang menurut Kalian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi virus corona?

Kegiatan LaboratoriumBenarSalah
Pengamatan virus menggunakan mikroskop cahaya. v
Mengidentifikasi jenis protein pada struktur amplopnya. v
Mengidentifikasi jenis asam nukleatnya apakah rantai tunggal atau rantai ganda. v

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Kunci Jawaban

Alasan: Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron karena ukurannya sangat kecil. Virus corona diidentifikasi dengan mengidentifikasi uturan basa nitrogen RNA virus, tidak hanya dengan melihat apakah asam nukleatnya merupakan rantai tunggal atau rantai ganda ataupun jenis protein pada amplopnya.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 45 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 48 Kelas 10

Baca Juga :  Kunci Jawaban Penokohan “Kue-Kue Mao” dan “Keberanian Emas”