Kunci Jawaban IPA Halaman 19 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 19 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 19 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Pada setiap aktivitas pengukuran, kesalahan pengukuran tidak dapat dihindarkan, apalagi jika pengukuran hanya dilakukan sekali, peluang ketidaksesuaian antara hasil pengukuran dengan kondisi sebenarnya semakin besar. Banyak faktor kesalahan yang dapat menyebabkan hasil pengukuran tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Untuk mengurangi faktor kesalahan pengukuran tersebut, Kalian dapat mengatasinya dengan cara melakukan pengukuran secara berulang. Pengambilan data untuk pengukuran berulang minimal dilakukan sebanyak lima kali. Biasanya pengolahan data hasil pengukuran menghasilkan banyak angka di belakang desimal.

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 1.7”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Nilai Ketidakpastian pada Pengukuran Berulang

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 19 Kelas 10

Aktivitas 1.7

1. Carilah informasi material yang digunakan pada baut ban beserta massa jenisnya Baut yang bisa direkomendasikan untuk digunakan pada ban truk adalah

Kunci Jawaban

bahan baja hitam.

2. Amatilah Gambar 1.11. Berdasarkan pengamatan Kalian pada baut, Besaran turunan fisika apa yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut? Cari tahu persamaan besaran turunan yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut tersebut

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-03-U Pupuk Ajaib Halaman 28 29 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban

Massa jenis baut berdasarkan referensi adalah 7850 kg/m3 . Untuk mengetahui jenis bahan baut/membuktikan bahwa baut tersebut bahannya adalah baja, kita dapat mencari nilai massa jenisnya dengan cara membagi massa dengan volume: ρ = m/V

3. Untuk mendapatkan besaran fisika yang disebutkan pada nomor 1, besaran-besaran apa saja yang harus diukur?

Kunci Jawaban

Massa dan volume.

4. Dengan mempertimbangkan wujud baut tersebut, alat ukur apa yang dapat digunakan untuk mengukur besaran-besaran yang disebutkan pada nomor 2? Jelaskan bagaimana Kalian mengukurnya?

Kunci Jawaban

Alat ukur massa adalah neraca, dan alat ukur volume dapat menggunakan gelas berukuran diberi air, selisih volume air sebelum baut dicelupkan dan volume air setelah baut dicelupkan merupakan volume bautnya

5. Apa yang diubah-ubah (variabel bebas) pada praktikum ini?

Kunci Jawaban

Variabel bebasnya adalah massa baut dan volume baut.

6. Dalam praktikum, terdapat besaran yang nilainya harus sama ketika pengukuran dilakukan pada ketiga baut tersebut (variabel kontrol). Besaran apakah itu?

Kunci Jawaban

Variabel kontrolnya adalah volume air awal dan air.

7. Besaran apa saja yang ikut berubah karena adanya variabel bebas? (Besaran ini kemudian kita sebut sebagai variabel terikat).

Kunci Jawaban

Variabel terikatnya adalah massa jenis baut. Terdapat tiga jenis baut yang digunakan, salah satunya adalah bahan baja hitam.

8. Bagaimana hubungan antara variabel bebas dan variabel bebas tersebut? (dengan hubungan kesebandingan: berbanding lurus dan berbanding terbalik).

Kunci Jawaban

Massa jenis sebanding dengan massa baut, dan massa jenis berbanding terbalik volume baut.

9. Prediksikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pada praktikum ini

Kunci Jawaban

Semakin besar massa baut, semakin besar juga massa jenis baut. Semakin besar volume baut, semakin kecil juga massa jenis baut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 235

10. Variabel apa saja yang diamati untuk membuktikan hipotesismu?

Kunci Jawaban

Massa baut dan perubahan volume air yang dicelupkan baut.

11. Jika ketiga jenis baut berbeda, tentukanlah variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam praktikum ini.

Kunci Jawaban

Variabel-variabel pada percobaan :
– Variabel bebas : massa baut dan volume baut
– Variabel terikat : massa jenis baut
– Variabel kontrol : volume air awal dan air

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 23 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10