Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Covid-19 pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan, Cina. Dalam beberapa bulan virus ini menyebar hingga ke seluruh dunia. Bagaimanakah cara virus memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh dunia? Satu-satunya ciri mahkluk hidup yang dimiliki oleh virus adalah mampu bereproduksi. Virus dapat memperbanyak diri hanya jika berada dalam sel inang. Struktur tubuh virus pada bagian luar memiliki protein reseptor. Virus dapat menginfeksi apabila struktur tersebut cocok dengan protein reseptor pada membran sel inang. Proses memperbanyak diri virus disebut dengan replikasi. Replikasi virus terdiri dari siklus litik dan lisogenik.

Virus melakukan siklus litik dan lisogenik tergantung pada virulensi atau ketahanan sel inang terhadap virus penginfeksi. Jika sel inang memiliki ketahanan yang lemah maka virus dapat melakukan siklus litik. Sebaliknya, jika sel inang memiliki ketahanan yang tinggi maka virus melakukan siklus lisogenik. Pada siklus litik perkembangbiakan virus diawali dengan tahap melekatnya virus pada sel inang, kemudian penetrasi asam nukleat virus ke dalam sel inang. Tahap selanjutnya adalah asam nukleat virus akan memerintah sel inang untuk mensintesis asam nukleat dan bagian tubuh virus untuk dirakit menjadi tubuh virus baru. Akhir siklus ini sel inang pecah dan mengeluarkan banyak virus baru. Berbeda dengan siklus litik, pada siklus lisogenik sel inang akan tetap membawa asam nukleat virus meskipun sel inang memperbanyak dirinya. Siklus lisogenik ini dapat beralih ke siklus litik.

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 2.2 dan Ayo Berlatih”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Bagaimana Virus Bereproduksi?

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 84 Kelas 10

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 37 dan 39 Kelas 10

Aktivitas 2.2 (Hal 37)

Berdasarkan video tersebut, cobalah deskripsikan bagaimana virus corona memperbanyak dirinya? Apakah virus corona bisa memperbanyak diri di luar sel inang?

Kunci Jawaban

Virus corona hanya dapat bereproduksi pada sel inang yaitu sel-sel pada sistem pernafasan. Berdasarkan pada video, prosesnya dimulai dari tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan lisis

Ayo Berlatih (Hal 39)

Setelah Kalian belajar tentang replikasi virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.

1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.

Kunci Jawaban

Urutan tahapan: tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan sel lisis

2. Persamaan dan perbedaan

Kunci Jawaban

 Siklus LitikSiklus Lisogenik
PerbedaanSel inang pecahSel inang tidak pecah
dilakukan saat ketahanan sel inang lemahmateri genetik virus diwariskan ke sel anakan sel inang
 dilakukan saat ketahanan sel inang tinggi
Persamaanmelalui tahap pelekatan dan penetrasi

3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.

Baca Juga :  Jawaban Eksplorasi 6.1 Matematika Halaman 147-148 Kelas 10

Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus. Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.

a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?

Kunci Jawaban

Pernyataan yang benar: Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus

b. Menurut Kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?

Kunci Jawaban :

Kegiatan LaboratoriumBenarSalah
Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. v
Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19.v 
Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskopv 

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Kunci Jawaban

Alasan: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil. Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya di bawah mikroskop elektron.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pelepasan pada Teks Prosedur

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 43 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 45 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 48 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 51 Kelas 10