Kunci Jawaban IPA Halaman 161 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 161 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 161 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Keanekaragaman hayati dapat mengalami penurunan baik karena faktor alam maupun akibat aktivitas manusia. Bencana alam, misalnya kebakaran hutan, merupakan salah satu faktor alam yang mengakibatkan kerusakan ekosistem yang dapat mengancam berkurangnya keanekaragaman hayati. Secara umum aktivitas manusia memiliki andil besar terhadap berkurangnya keanekaragaman hayati Indonesia.

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 7.2 : Ayo Menelaah dan Ayo Berlatih”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pelestarian Keanekaragaman Hayati Indonesia.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Aktivitas 7.2

Ayo Menelaah

Bacalah intisari dua artikel berikut.

Intisari artikel 1 berjudul Kultur Jaringan pada Pisang yang ditulis oleh Ir. IGA. Maya Kurnia, M.Si

Pisang yang merupakan buah komoditas utama yang peminatnya tinggi di Bali dapat diperbanyak dengan menggunakan kultur jaringan. Kultur jaringan merupakan metode untuk mengisolasi sel, jaringan atau organ tertentu yang ditumbuhkan secara aseptis menjadi tumbuhan lengkap. Melalui metode ini 99% tanaman pisang dapat tumbuh.

Untuk membaca detail artikel ini silahkan Kalian mengakses link https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kultur-jaringanpada-pisang-35

Baca Juga :  Jawaban Latihan 8.2 Matematika Halaman 222-223 Kelas 10

Intisari artikel 2 berjudul Zhong Zhong dan Hua Hua, Monyet Hasil Kloning Ini Akan Hidup Menderita? yang ditulis oleh Akhyari Hananto.

Zhong Zhong dan Hua Hua adalah primata pertama yang berhasil dikloning oleh Ilmuan dari Cina. Monyet ini dikloning dengan metode yang sama dengan domba Dolly dengan 79 kali percobaan, dimana sepanjang proses percobaan sebanyak 79 monyet dibuat hidup dalam kondisi yang menyedihkan dan hidup dalam hitungan hari.

Untuk membaca detail artikel ini silahkan Kalian mengakses link https://www.mongabay.co.id/2018/01/30/zhong-zhong-dan-hua-huamonyet-hasil-kloning-ini-akan-hidup-menderita/

Setelah membaca artikel tersebut, cobalah Kalian menjawab pertanyaan berikut.

1. Berdasarkan artikel tersebut apa kelebihan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan tertentu?

Jawaban :

Kelebihan: dapat memproduksi tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat yang sama.

2. Apa kelemahan penggunaan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan?

Jawaban :

Kelemahan: sifat tanaman seragam sehingga tidak ada variasi pada tanaman yang dihasilkan.

3. Pada hewan juga dikenal teknik kloning. Menurut Kalian, apakah teknik kloning tepat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan langkanya hewan tertentu?

Jawaban :

Dapat, akan tetapi hasil kloning menghasilkan hewan yang sifatnya sama sehingga tidak ada variasi

Ayo Berlatih

Setelah Kalian belajar tentang keanekaragaman hayati, ayo coba Kalian jawab pertanyaan berikut.

Bacalah intisari artikel yang berjudul Populasi Bertambah, Kamera Pengintai Rekam 58 Badak Jawa Pada Tahun 2013 yang ditulis oleh Indra Nugraha.

Hasil monitoring badak jawa tahun 2013 menyebutkan jumlah populasi sebanyak 58 ekor yang jumlahnya meningkat dari 2 tahun sebelumnya, dimana tahun 2012 populasi badak berjumlah 51 ekor dan tahun 2011 berjumlah 35 ekor. Monitoring ini dilakukan dengan 120 camera trap sehingga selain jumlah, dinamika populasi dan interaksi badak jawa dengan spesies lain juga dapat diamati. Data monitoring ini akan menjadi acuan dalam pengembangan second habitat untuk badak jawa.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 148 Kelas 10

Untuk membaca detail artikel ini silahkan Kalian mengakses link https://www.mongabay.co.id/2014/03/04/populasi-bertambah-kamerapengintai-rekam-58-badak-jawa-pada-2013/

Berdasarkan artikel tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

Deskripsikan dalam bentuk grafik bagaimana populasi spesies badak jawa selama 5 tahun terakhir?

1. Berdasarkan informasi pada artikel tersebut, buatlah prediksi badak Jawa pada 20 tahun mendatang!

Jawaban :

Berdasarkan informasi populasi badak akan meningkat karena akan disiapkan habitat kedua dan dilakukan penangkaran.

2. Apakah solusi yang dapat Kalian tawarkan untuk mengatasi penurun populasi badak jawa?

Jawaban :

Solusi penangkaran, mempertahankan keberadaan habitat atau yang lainnya yang logis sebagai upaya pelestarian.

Seseorang peneliti melakukan penelitian untuk menentukan status suatu hewan endemik dalam keadaan langka atau tidak. Untuk itu peneliti tersebut harus menghitung populasi hewan tersebut di alam bebas. Pilihlah benar atau salah aktivitas yang dilakukan oleh peneliti tersebut

Jawaban :

PernyataanBenarSalah
Meletakkan kamera di beberapa tempat, kemudian menganalisis gambar hewan yang terekam dengan parameter tertentu untuk menentukan spesies yang samaV 
Menghitung jumlah spesies pada beberapa wilayah tertentu kemudian menghitung total dari seluruh hasil hitungan. V
Memberi tanda pada spesies yang ditemui, hingga tidak menemukan spesies yang tidak memiliki tanda, kemudian menghitung jumlah tanda yang telah digunakanV 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.
Baca Juga :  Jawaban Post Test Modul 4 Topik 9

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 165 Kelas 10