Kunci Jawaban IPA Halaman 165 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 165 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 165 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Dalam sejarah pengelompokan mahkluk hidup, pada mulanya para ahli menggunakan dua skema dalam pengelompokan mahkluk hidup, yaitu klasifikasi buatan dan alami. Kedua klasifikasi ini sama-sama menggunakan ciri-ciri yang menonjol sebagai dasar klasifikasi tetapi berbeda dalam cara penetapan ciri-ciri tersebut.

Pada klasifikasi buatan, dilakukan dengan cara memilih dengan bebas ciri-ciri pemersatu terlebih dahulu baru kemudian mengelompokkan organisme yang sesuai. Contohnya ketika melakukan pengelompokan dengan ciri pemersatu ada tidaknya sirip, maka paus akan dikelompokkan dengan ikan. Kelebihan dari klasifikasi ini adalah mudahuntuk dikembangkan dan tidak mudah berubah, namun kelemahannya pengelompokannya tidak menunjukkan hubungan evolusioner.

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 7.4”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang pengelompokan mahkluk hidup.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 165 Kelas 10

Aktivitas 7.4

Ayo Mengamati Keanekaragaman Hayati di Sekitar Kita
Siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut

1Mikroskop cahaya/mikroskop stereo/lup5Air kolam/air rendaman jerami
2Pipet tetes6Air
3Objek dan cover glass7Lumut/paku/tanaman sekitar
4Tempe8Semut

Langkah kerja

  1. Ambillah setetes air kolam/air rendaman jerami, letakkan pada objek glass kemudian tutup dengan cover glass. Amati di bawah mikroskop dengan pembesaran 10X atau 40X. Gambarlah organisme yang Kalian temukan!
  2. Ambillah tempe, kemudian amati di bawah mikroskop stereo atau amati dengan lup. Gambarlah organisme yang Kalian lihat!
  3. Ambillah lumut/paku/tanaman, kemudian amati di bawah mikroskop stereo atau amati dengan lup. Gambarlah organisme yang Kalian lihat!
  4. Ambillah semut, kemudian amati di bawah mikroskop stereo atau amati dengan lup. Gambarlah organisme yang Kalian lihat!
Baca Juga :  Kunci Jawaban Gerakan Pasukan Muda Pelindung Bumi

Pertanyaan:

1. Bagaimanakah pengelompokan yang Kalian lakukan terhadap makhluk hidup yang telah Kalian amati?

Jawaban ;

Pada percobaan ini, tempe masuk ke dalam jamur-jamuran, lumut masuk ke dalam plantae dan air kolam masuk ke dalam protista.

2. Berdasarkan hasil pengamatan Kalian tergolong kingdom apakah organisme yang Kalian amati? Mengapa?

Jawaban :

Serabut pada tempe: kingdom fungi; air kolam atau air rendaman jerami: kingdom protista; lumut/paku/tumbuhan: kingdom plantae; semut: kingdom animalia. Masing-masing organisme tersebut dikelompokkan seperti itu karena ciri-cirinya sesuai dengan kingdom tersebut.

3. Apakah ciri-ciri kingdom dari organisme yang Kalian amati!

Jawaban :

Ciri kingdom fungi: memiliki hifa; kingdom protista: belum memiliki jaringan yang terdiferensiasi; kingdom plantae: autotrof; kingdom animalia: muliseluler heterotrof.

4. Apakah peranan masing-masing organisme yang Kalian amati?

Jawaban :

Peran jamur tempe: membuat tempe; organisme air kolam: produsen; lumut: dapat dimanfaatkan sebagai obat; semut: detritivor.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 173-175 Kelas 10