Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Siswa Aktif” Muatan Pelajaran PPKn kelas VII BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Bekerja Sama dan Bergotong Royong.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban PPKn Halaman 124 Kelas 7

Siswa Aktif

Cobalah cari cara untuk meningkatkan elemen Revolusi Mental dalam diri kalian. Salinlah tabel di bawah ini di buku masing-masing, serta isi setiap elemennya!

Jawaban

ElemenCara Meningkatkan dalam Diri Kalian
Integritas1. Selalu datang tepat waktu dalam segala kegiatan baik kegiatan sekolah, beribadah maupun dalam kegiatan kemasyarakatan.
 2. Selalu berkata jujur
 3. Tidak pernah ingkar janji
 4. Berani mengakui kesalahan dan berani bertanggung jawab
 5. Memberikan contoh yang baik diamanapun berada baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat
  
Etos Kerja1. Selalu menunjukan rasa hormat baik disekolah, rumah maupun dilingkungan masyarakat.
 2. Belajar dengan tekun untuk meraih cita cita untuk menjunjung nama baik keluarga, masyarakat dan negara.
 3. Selalu bersikap sederhana dan hemat dimanapun berada.
 4. Selalu menghargai waktu
  
Gotong Royong1. Gotong royong membersihkan halaman sekolah.
 2. Membantu teman yang sedang kesusahan atau kesulitan
 3. Gotong royong merapikan ruangan kelas
 4. Ikut membantu membersihkan selokan di sekolah
 5. Membersihkan toilet bersama.
 6. Mengumpulkan sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya

Penjelasan

Baca Juga :  Jawaban Eksplorasi 7.4 Matematika Halaman 189-190 Kelas 10

Istilah revolusi mental dicetuskan oleh Presiden Soekarno pada pidato hari kemerdekaan 17 Agustus 1956. Namun, beberapa tahun ke kebelakang ini, istilah tersebut kembali digunakan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), revolusi adalah perubahan ketatanegaraan (pemerintahan atau keadaan sosial) yang dilakkan dengan perlawanan bersenjata. Sementara mental adalah bersangkutan dengan batin dan watak manusia yang bukan bersifat badan atau tenaga.

Revolusi mental merupakan perubahan cara berpikir dalam waktu singkat untuk merespon, bertindak dan bekerja. Revolusi mental juga dipahami sebagai perubahan yang mendasar mengenai batin atau watak manusia yang dilakukan dengan mengubah pola pikirnya secara mendasar.

Tujuan revolusi mental enggak hanya untuk negara saja melainkan juga bagi setiap individu. Hal ini dikarenakan agar kita bisa beradaptasi dan diterima oleh seluruh penjuru negeri.

Perlu diketahui revolusi mental menuntut kita untuk bisa bersikap mandiri dan juga menyesuaikan diri di setiap keadaan.

Elemen Revolusi Mental

1. Intergritas

Integritas merupakan mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Seseorang yang berintegritas selalu sesuai dengan perbuatannya.

Mereka akan mengikuti aturan, berbuat sesuai posisi atau wewenangnya, dan selalu menjunjung kebenaran. Oleh karena itulah hal ini selaras dengan sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Etos Kerja

Istilah etos kerja juga diartikan sebagai semangat kerja. Seseorang yang memiliki sifat etos kerja tinggi merupakan orang yang disiplin, tekun, dan pantang menyerah. Diketahui dalam revolusi mental, etos kerja yang tinggi berlandaskan pada integritas yang kuat.

3. Gotong Royong

Selain berkaitan dengan kerja sama, gotong royong juga berhubungan dengan revolusi mental. Melalui gotong royong, masyarakat terus mempertahankan dan menguatkan jiwa bekerja sama, tolong menolong, dan saling membantu. Jiwa gotong royong inilah yang menjadi salah satu ciri utama bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Soal 1 Matematika Halaman 126 Kelas 7
Jawaban Soal 2 Matematika Halaman 127 Kelas 7
Jawaban Soal 3 Matematika Halaman 127 Kelas 7
Jawaban Soal 4 dan 5 Matematika Halaman 128 Kelas 7
Jawaban Mari Kita Periksa Matematika Halaman 128 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *