Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 118 Kelas 7

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 118 Kelas 7

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 118 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Siswa Aktif” Muatan Pelajaran PPKn kelas VII BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Bekerja Sama dan Bergotong Royong.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban PPKn Halaman 118 Kelas 7

Siswa Aktif

Coba kalian cari contoh kegiatan sehari-hari dari nilai penting kerja sama dan gotong royong, dan tuliskan di tabel berikut.

Jawaban

NoNilai PentingContoh Sehari-hari
1.Saling Memahami– Selalu mendengarkan perintah orang tua dan guru

– Selalu melaksanakan perintah yang benar dari orang tua dan guru

2.Saling Menghargai– Bersikap lemah lembut terhadap orang tua dan guru

– Berkata dengan sopan kepada siapapun

3.Saling Membantu– Membantu guru membersihkan sekolah dan membantu orangtua membersihkan rumah

– Menolong teman yang sedang menagalami kesusahan

4.Saling Mengatasi Kekurangan– Berani melakukan hal hal baru yang positif

– Belajar dengan tekun dan jangan pernah berhenti belajar

5.Menguatkan Kebersamaan– Menentukan jadwal piket kelas melalui musyawarah bersama-sama.

– Menentukan destinasi darmawisata kelas bersama-sama. — Bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah

Penjelasan

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 157 Nomor 1-6

Kerja sama merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Gotong royong ialah suatu usaha yang dilakukan sejumlah masyarakat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berbeda dengan kerja sama yang bisa mendapatkan keuntungan, gotong royong memiliki asas kekeluargaan. Terjadinya kerja sama ialah karena adanya tujuan bersama. Nah, tujuan ini enggak bisa dikerjakan sendiri sehingga harus bersama-sama orang lain.

Umumnya gotong royong merupakan kerja fisik saling membantu dan biasanya dilakukan oleh antartetangga.

Berikut informasi untuk mengetahui apa saja nilai-nilai penting dalam kerja sama dan gotong royong!

1. Saling Memahami

Rasa saling memahami merupakan hal mendasar yang perlu diperlukan dalam bermasyarakat. Tak hanya sekadar memahami diri sendiri, namun juga memahami orang lain, seperti memahami setiap keluarga, teman, dan orang-orang di sekolah, dan masyarakat. Adanya kerja sama dan gotong royong akan mendorong untuk lebih memahami sesame.

2. Saling Menghargai

Antaranggota kelompok atau masyarakat juga perlu saling menghargai. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga semuanya harus dihargai agar membangun kehidupan bermasyarakat yang damai. Kerja sama dan gotong royong juga mendorong antaranggota masyarakat saling menghargai.

3. Saling Membantu

Salah satu nilai penting serta ciri-ciri kerja sama dan gotong royong ialah saling membantu. Contohnya dalam kehidupan masyarakat kelompok Subak yang membuat pengaturan air agar semua petani terbantu. Saling membantu dilakukan secara bergiliran sehingga semua petani bisa terbantu.

4. Saling Mengatasi Kekurangan

Saling mengatasi kekurangan merupakan nilai penting kerja sama dan gotong royong. Hal ini juga digambarkan dalam kerja sama dalam permainan bulu tangkis pada nomor ganda. Pemain yang memiliki tubuh tinggi umumnya berada di belakang untuk melancarkan smash, sedangkan pemain bertubuh pendek akan berada di depan bertugas menghadang shuttlecock di depan net.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas SK-K7-05 Interaksi Antarperanti dengan Bluetooth Halaman 94 Kurikulum Merdeka

5. Menguatkan Kebersamaan

Menguatkan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat bisa dimulai dengan menerapkan kerja sama dan gotong royong. Perlu diperhatikan enggak ada pihak yang boleh lebih diuntungkan atau dirugikan dalam lingkungan tersebut. Semakin sering kerja sama dan gotong royong akan semakin menguatkan rasa kebersamaan antarwarga.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 118 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *