Jawaban Eksplorasi 6.7 Matematika Halaman 161 Kelas 10

Jawaban Eksplorasi 6.7 Matematika Halaman 161 Kelas 10

Jawaban Eksplorasi 6.7 Matematika Halaman 161 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Eksplorasi 6.7” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Fungsi Kuadrat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Lengkap Matematika Halaman 161 Kelas 10

Eksplorasi 6.7

Tentukan tiga titik yang melalui busur.

Ayo Bereksplorasi

Gambar 6.14 Busur Panah sebagai Fungsi Kuadrat

Bagaimana kalian menentukan fungsi kuadrat dari lengkungan busur?
Jika tiga titik diketahui maka f (x) = ax2 + bx + c dapat ditentukan. Kalian menggunakan sistem persamaan tiga variabel untuk menentukan nilai a, b, dan c.

Jawaban

Jawaban eksplorasi bergantung pada pemilihan pisang. Lengkungan pisang sebagai
parabola. Tiga titik dipilih untuk mengonstruksi fungsi kuadrat. Ketiga titik adalah
(0,0), (4,1) dan (-4,1).
Dari titik (0,0) maka c = 0
Dari titik (4,1) maka 1 = 16a +4b
Dari titik (-4,1) maka 1 = 16a – 4b
Diperoleh a = 1/1 dan b = 0
Fungsi kuadrat f (x) = 1/16x2

Penjelasan

Baca Juga :  Jawaban Latihan 7.1 Nomer 1 Matematika Halaman 178-179 Kelas 10

jika tiga titik diketahui maka digunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menentukan nilai a, b, dan c. Ada cara lain untuk mengonstruksi fungsi kuadrat yaitu dengan menggunakan titik puncak.

Jika menggunakan titik puncak maka untuk lengkungan pisang berlaku f (x) = ax2 karena c = 0 dan titik O melalui titik puncak Sehingga 1 = 16a dan a = 1/16.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Eksplorasi 6.7 Matematika Halaman 161 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Eksplorasi 6.5 Matematika Halaman 155-156 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.6 Matematika Halaman 157-158 Kelas 10
Jawaban Ayo Berpikir Kritis Matematika Halaman 158 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.3 Matematika Halaman 159-160 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.4 Matematika Halaman 160 Kelas 10