Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7

Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7

Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Refleksi” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Gerak dan Gaya.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 128 Kelas 7

Refleksi

Di sinilah akhir dari petualangan kita mempelajari Bab Gerak dan Gaya. Sekarang saatnya kalian melihat lagi pertanyaan-pertanyaan yang kalian tulis pada awal bab, apakah ada pertanyaan yang belum terjawab?

1. Apakah hal terpenting yang kamu pelajari pada bab ini?

Jawaban

Hal yang terpenting yang telah saya pelajari hari ini adalah tentang
a. Menghitung Kecepatan Sebuah Benda
b. Pengertian gaya dan gerak benda
c. Hukum yang Melandasi Gaya terhadap Benda yaitu
Hukum I Newton : Bila resultan atau jumlah gaya-gaya yang bekerja pada benda bernilai nol atau tidak ada gaya yang bekerja sama sekali pada benda, benda itu akan diam selamanya (tidak bergerak) atau akan bergerak lurus beraturan dengan kecepatan tetap.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Membandingkan Deskripsi Lisan


Hukum II Newton : Hukum tersebut menyatakan bahwa benda dapat diubah keadaan geraknya jika pada benda bekerja gaya. Gaya yang bekerja berkaitan langsung dengan perubahan keadaan gerak benda. Besaran penting dari Hukum II Newton adalah yang disebut sebagai percepatan. Percepatan sebuah benda sebanding dengan gaya yang diberikan pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa benda itu. Arah percepatan sama dengan arah gaya itu


Hukum III Newton : Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua juga akan memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah. Hukum yang mengatur konsep tersebut di atas sering disebut dengan “Hukum Aksi-Reaksi”. Secara sederhana bunyi Hukum III Newton tersebut menyatakan, “Untuk setiap aksi akan ada reaksi yang sama tetapi berlawanan arah”. bahwa “gaya aksi” dan “gaya reaksi” bekerja pada benda yang berbeda. Jika benda pertama melakukan gaya pada benda kedua (gaya aksi), maka benda kedua melakukan gaya yang sama besar pada benda pertama tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi). Hukum tersebut mengungkapkan keberadaan gaya reaksi yang sama besar dengan gaya aksi, tetapi berlawanan arah.

2. Kegiatan pembelajaran yang mana yang paling menambah pemahaman kalian tentang konsep Gerak dan Gaya?

Jawaban

Kegiatan yang menambah pemahaman tentang konsep gerak dan gaya adalah ketika melakukan percobaan pembuktian dari Hukum Newton III, sulap menarik taplak meja dan membuat mobil balap, balapan berpindah posisi.

3. Sikap apakah yang kamu kembangkan dalam bab ini? Sikap apa itu?

Jawaban

Sikap yang dikembangkan dalam bab ini adalah sikap mandiri, kreatif dan tidak mudah menyerah.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Jawaban Post Test Modul 1 Topik 10

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Percobaan Aktivitas 3.3 IPA Halaman 95 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7
Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 119 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 127 Kelas 7

Pencarian Populer : https://berikut id/jawaban-refleksi-ipa-halaman-128-kelas-7/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *