Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 137-138 Kelas 7

Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 137-138 Kelas 7

Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 137-138 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Ayo Amati Aktivitas 5.1” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB V. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Klasifikasi Makhluk Hidup.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 137-138 Kelas 7

Ayo Amati Aktivitas 5.1

Menanam Biji Tumbuhan

Tanamlah masing-masing tiga biji kacang ke dalam dua buah pot yang berisi tanah. Pot A simpan di tempat terang dan pot B simpan di tempat gelap. Berilah air secukupnya. Amati pertumbuhan kacang tersebut, catat data pertambahan tinggi tanaman dari kedua kacang selama 10 hari. Lakukanlah langkah yang sama untuk jenis biji tumbuhan lainnya.

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa variabel bebas dan terikat dari percobaan ini?

Jawaban

– Variabel bebas: tempat penyimpanan biji yaitu tempat gelap dan tempat terang
– Variabel terikat: pertambahan panjang kecambah biji kacang.
Penjelasan
Variabel merupakan besaran yang dapat berubah dan berpengaruh terhadap sebuah hasil penelitian. Adanya variabel akan mempermudah dalam menganalisis sebuah permasalahan ilmiah. Variabel di dalam suatu penelitian terdiri dari beberapa komponen, yaitu perlakukan, faktor, dan berbagai atribut yang akan diambil menjadi simpulan dari hasil kajian penelitian.
Secara praktis, variabel penelitian dapat berupa apa saja, bisa sebuah objek, jumlah, waktu, perasaan, peristiwa, dan bahkan ide. Variabel bebas dan variabel terikat adalah dua jenis variabel yang biasa digunakan peneliti untuk merumuskan hipotesis atau dugaan sementara.
Di dalam melakukan penelitian, sangat penting untuk menentukan apa yang menjadi variabel bebas  dan apa yang menjadi variabel terikat. Jika seorang peneliti salah dalam menentukan kedua variabel tersebut, maka model penelitian yang dibangun tidak akan terlaksana dengan baik.
Perbedaan Variabel Bebas dan Variabel Terikat
a. Variabel Bebas (Variabel Independen)
Variabel bebas atau variabel independen adalah variabel yang posisinya mampu berdiri sendiri, sehingga tidak terikat dengan variabel lainnya. Dengan demikian, variabel bebas merupakan variabel yang dapat memengaruhi variabel terikat.
b. Variabel Terikat (Variabel Dependen)
Berbeda dengan variabel bebas, maka variabel terikat atau variabel dependen tidak mampu berdiri sendiri dan sangat tergantung dari variabel lainnya. Variabel terikat tidak dapat diubah-ubah seperti halnya variabel bebas
Variabel bebas dan variabel terikat  juga dapat digunakan peneliti untuk menyusun teori dan menjelaskan fenomena pada variabel yang diteliti.

Baca Juga :  Apa itu Perubahan Fisika?

2. Apa hipotesis yang dapat dibuat dari percobaan ini?

Jawaban

Pengaruh tempat gelap terang pada perkecambahan biji kacang
Penjelasan
Hipotesis atau hipotesa merupakan suatu pernyataan yang sifatnya sementara, atau kesimpulan sementara atau dugaan yang bersifat logis tentang suatu populasi. Hipotesis atau anggapan dasar adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.

3. Buatlah grafik pertumbuhan kacang di tempat gelap dan terang selama 10 hari.

Jawaban

HariTempat gelapTempat terang
Hari ke-1Panjang 1,6 cmPanjang 0,8 cm
Hari ke-2Panjang 1,8 cmPanjang 1.1 cm
Hari ke-3Panjang 5.5 cmPanjang 1,2 cm
Hari ke-4Panjang 6,7 cmPanjang 2.6 cm
Hari ke-5Panjang 9,8 cmPanjang 2.8 cm
Hari ke-6Panjang 18.4 cmPanjang 3.2 cm
Hari ke-7Panjang 19 cmPanjang 4 cm
Hari ke-8Panjang 20,6 cmPanjang 4,6 cm
Hari ke-9Panjang 22,5 cmPanjang 5 cm
Hari ke-10Panjang 24,1 cmPanjang 5.5 cm

4. Apakah sama pertumbuhan di tempat gelap dan terang?

Jawaban

Pertumbuhan tumbuhan di tempat gelap dan terang adalah tidak sama.
Penjelasan
Cahaya Matahari berperan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan karena berperan penting dalam proses fotosintesis dan fotomorfogenesis. Tumbuhan membuat sendiri makannya dari zat-zat anorganik dan merubahnya menjadi zat organik serta energi. Proses pembuatan makanan ini disebut dengan fotosintesis.
Fotomorgenesis adalah fase gelap pada pertumbuhan tanaman, dimana tanaman tidak memerlukan sinar Matahari untuk tumbuh. Pada fotomorgenesis tanaman akan tumbuh sangat cepat karena adanya fitohormon auksin. Seperti yang kita ketahui, fitohormon auksin akan memperlambat pertumbuhan jika terkena sinar Matahari dan akan mempercepat pertumbuhan jika tidak terkena Matahari.

Baca Juga :  Download Buku Siswa dan Buku Guru Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10 11 12 PDF

5. Apakah sama pertumbuhan berbagai jenis tumbuhan?

Jawaban

Tidak sama
Penjelasan
Karena hormon yg terdapat pada masing2 tumbuhan berbeda2. hormon yg berpengaruh salah satunya yaitu auksin. kemudian banyak atau sedikitnya jumlah sinar matahari yg mengenai pohon tersebut juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tumbuhan.

6. Apa ciri-ciri makhluk hidup yang dapat kamu amati dari percobaan ini?

Jawaban

Ciri-ciri makhluk hidup yang dapat saya amati adalah tumbuh dan berkembang.

7. Presentasikan hasil percobaan kalian dalam berbagai bentuk media yang menarik di depan kelas

Jawaban

Lakukan yang terbaik ketika mempresentasikan hasil perbobaan berdasarkan apa yang telah adik adik lakukan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 137-138 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7
Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 119 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 127 Kelas 7
Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *