Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar

Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar

Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar – Halo bapak ibu guru hebat di seluruh Indonesia, salam sehat dan bahagia selalu. Kali ini kita akan membahas tentang post test pada Modul 3 Merdeka Belajar.

Sangat baik dan lebih bijak lagi sebelum bapak ibu guru mengerjakan post testnya, bapak ibu guru telah membaca dan memahami Modul 3, agar dapat mengerjakan post testnya secara mandiri.

Jika bapak ibu guru mengalami kesulitan dalam mengerjakan post test, bapak ibu guru dapat bekerjasama dengan rekan seprofesi. Jika mengerjakan secara mandiri dapat menambah wawasan dan ilmu bagi bapak ibu guru semuanya dan dapat mengetahui sejauh mana kemampuan bapak ibu guru dalam menguasai materi pada Modul 3.

Kami telah menyediakan jawaban post test pada Modul 3. Jawaban berikut dapat digunakan bapak ibu guru sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan secara mandiri maupun berkelompok.

Mari kita simak bersama penjelasan jawaban alternatif sebagai tambahan referensi bapak ibu saat mencari bahan referensi.

Perhatikan dan pahami secara seksama, supaya bapak ibu bisa mengerjakan soal demi soal yang ada dalam post test Modul kali ini.

Jawaban Modul 3

Merdeka Belajar

1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…

A. Kodrat alam dan kodrat zaman.
B. Kodrat alam dan kodrat dunia.
C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.
D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat

Jawaban

A. Kodrat alam dan kodrat zaman. *

2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?

A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.
B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.
C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.
D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”

Jawaban

C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.

3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…

A. Kontunuitas
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris

Jawaban

C. Konvergen

4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?

A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.
B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.
C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
D. Guru dapat berperan mencitpatakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.

Jawaban

C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid. *

5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya…

A. Pembelajaran mandiri
B. Pembelajaran praktis
C. Pembelajaran demokratis
D. Pembelajaran kontekstual

Jawaban

D. Pembelajaran kontekstual *

6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan…

A. Minat dan potensinya
B. Tuntutan masa depan
C. Target belajar di sekolah
D. Kebutuhan lingkungannya

Jawaban

B. Tuntutan masa depan *

7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid …

A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.
B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid
C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid.
D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.

Jawaban

A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid. *

8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid…

Baca Juga :  Cabang-Cabang Ilmu Sains

A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid
C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater

Jawaban

B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid *

9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah…

A. Kontinyu
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris

Jawaban

A. Kontinyu *

10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali…

A. Mengoptimalkan potensi diri
B. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambungan
C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya
D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang

Jawaban

C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya

Penutup

Demikianlah Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar. Semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat membantu bapak ibu guru dan dapat diguankan sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan. Pastikan untuk selalu membaca modulnya terlebih dahulu sebelum mengerjakan post testnya secara mandiri maupun bekerjasama dengan guru yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Kunci Jawaban Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
Kunci Jawaban Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/ Paket A
Kunci Jawaban Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD
Jawaban Post Test Modul 1 Merdeka Belajar
Jawaban Post Test Modul 2 Merdeka Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *