Kunci Jawaban Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Kunci Jawaban Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Kunci Jawaban Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A – Halo bapak ibu guru hebat di seluruh Indonesia, salam sehat dan bahagia selalu. Kali ini kita akan membahas tentang post test pada Modul 1 Perencanaan Pembelajaran.

Sangat baik dan lebih bijak lagi sebelum bapak ibu guru mengerjakan post testnya, bapak ibu guru telah membaca dan memahami Modul 1, agar dapat mengerjakan post testnya secara mandiri.

Jika bapak ibu guru mengalami kesulitan dalam mengerjakan post test, bapak ibu guru dapat bekerjasama dengan rekan seprofesi. Jika mengerjakan secara mandiri dapat menambah wawasan dan ilmu bagi bapak ibu guru semuanya dan dapat mengetahui sejauh mana kemampuan bapak ibu guru dalam menguasai materi pada Modul 1.

Kami telah menyediakan jawaban post test pada Modul 1. Jawaban berikut dapat digunakan bapak ibu guru sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan secara mandiri maupun berkelompok.

Mari kita simak bersama penjelasan jawaban alternatif sebagai tambahan referensi bapak ibu saat mencari bahan referensi.

Perhatikan dan pahami secara seksama, supaya bapak ibu bisa mengerjakan soal demi soal yang ada dalam post test Modul 1 kali ini.

Jawaban Modul 1

1. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah …

a. Mengidentifikasi kata kunci pada CP
b. Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
c. Merumuskna tujuan pembelajaran
d. Memetakan alur tujuan pembelajaran

Jawaban

c. Memetakan alur tujuan pembelajaran

2. Hal yang tepat mengenai Capaian Pembelajaran adalah

a. Fokus pada kompetensi pengetahuan yang harus dicapai peserta didik
b. Dibagi berdasarkan fase sesuai kompetensi yang harus dicapai
c. Dimulai pada jenjang PAUD untuk fase A
d. Menjabarkan kompetensi yang harus dicapai si akhir kelas

Baca Juga :  Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 10 Kelas 7

Jawaban

b. Dibagi berdasarkan fase sesuai kompetensi yang harus dicapai

3. Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah

a. Pemahaman
b. Analisis
c. Sistem diri
d. Metakognisi

Jawaban

c. Sistem diri

4. Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D. 
Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…

a. Scaffolding
b. Pengurutan Deduktif
c. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
d. Pengurutan ydari yang konkret ke yang abstrak

Jawaban

c. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

5. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
1. Wawancara.
2. Pemilihan informasi yang relevan.
3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
4. Merumuskan misi sekolah.
5. Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah….

a. 1-2-3-4-5
b. 1-2-3-5-4
c. 2-1-3-5-4
d. 2-1-5-4-3
e. 1-3-2-5-4

Jawaban

1-2-3-5-4

6. Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…

a. Pengurutan Deduktif
b. Pengurutan Hierarki
c. Pengurutan Prosedural
d. Scaffolding

Jawaban

d. Scaffolding

7. Informasi apa yang bisa didapatkan dari memahami rasional dalam naskah capaian pembelajaran?

a. Fokus utama, kompetensi, dan profil pelajar Pancasila
b. Ruang lingkup, karakteristik, dan profil pelajar Pancasila
c. Definisi, fungsi, dan ruang lingkup mata pelajaran
d. Definisi. Fungsi, dan karakteristik mata pelajaran

Baca Juga :  Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 40 Kelas 7

Jawaban

a. Fokus utama, kompetensi, dan profil pelajar Pancasila

8. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah

  • Benar
  • Salah

Jawaban

Benar

9. Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali

Jawaban

Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

10. Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah…

Jawaban

Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama

11. Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:
– Sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
– Sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
– Semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
– Sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
– Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?

Jawaban

Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

12. Bu Ika adalah seorang guru Sejarah. Ia sedang menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk materi “Kerajaan Islam”. Dalam melakukan hal ini menurut Bu Ika peserta didik perlu belajar “menganalisis kerajaan islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global”. Hal ini artinya Bu Ika memahami bahwa dalam penyusunan ATP harus mempertimbangkan.

Jawaban

Cakupan dan keluasan TP

13. Perhatikan pengaturan waktu belajar yang disusun berikut:
– Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA akan diajarkan dari jam 07.00- 12.00 dalam semester 1
– Dalam satu tahun ajaran, pembelajaran IPS dibagi ke dalam 4 waktu (masing-masing 3 bulan). Mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi akan diajarkan secara bergantian di setiap semester. Semester 1 untuk Geografi dan Sejarah. Pada semester 2 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.
Pengaturan waktu belajar seperti diatas merupakan contoh pengaturan belajar dengan model.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 59 Kelas 7

Jawaban

Blok

Demikianlah Kunci Jawaban Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A. Semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat membantu bapak ibu guru dan dapat diguankan sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan. Pastikan untuk selalu membaca modulnya terlebih dahulu sebelum mengerjakan post testnya secara mandiri maupun bekerjasama dengan guru yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer : Jawaban post test topik perencanaan pembelajaran SD/Paket A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *