Gambar Ikan Molly Mickey Mouse

Ikan Platy Mickey Mouse

Ikan Platy Mickey Mouse – jenis ikan platy yang satu ini merupakan jenis yang cukup populer karena memiliki keunikan tersendiri. Ikan hias ini bertubuh mungil dan menggemaskan seperti tokoh kartun mickey mouse. Jenis ikan hias ini sangat cocok untuk menghias aquarium sobat sekalian.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengenal lebih jauh tentang ikan platy mickey mouse, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Ciri-Ciri Ikan Platy Mickey Mouse

 

Yang membedakan ikan platy mickey mouse dengan ikan platy biasa adalah ikan ini memiliki 3 bulatan hitam pada ekornya, 1 bulatan berukuran besar dan 2 lainnya berukuran kecil. Ketiga bulatan yang menyerupai tokoh kartun mickey mouse ini menjadi asal usul pemberian nama ikan ini.

 

Ikan ini memiliki beberapa varian warna, seperti merah oranye, kuning emas agak pucat, dan putih kebiruan. Ikan ini akan terlihat lebih indah jika sobat memeliharanya dalam jumlah banyak.

 

Habitat

 

Ikan dengan nama latin Xiphophorus Maculatus ini berasal dari perairan Amerika Utara dan Amerika Tengah, tepatnya dari Ciudad Veracruz, Meksiko ke utara Belize di Amerika Tengah. Ikan ini memiliki beberapa nama lain seperti Mickey Mouse Platy dan Golden Moon Platy.

 

Perbedaan Ikan Jantan dan Betina

 

Perbedaan yang paling mencolok terlihat pada bagian fisik dan warna, ikan jantan memiliki tubuh yang lebih ramping sedangkan ikan betina lebih gemuk. Warna ikan jantan lebih cerah dan menarik daripada ikan betina. Selain itu, ikan jantan juga lebih aktif dan agresif daripada ikan betina.

Baca Juga :  Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati

 

Cara Memelihara

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan aquarium, untuk memelihara setidaknya 5 ekor ikan sobat dapat menyediakan aquarium dengan ukuran 20×30 cm. Sediakan juga beberapa hiasan seperti tanaman air dan batu, selain menambah keindahan hiasan ini dapat menjadi tempat persembunyian ikan juga.

 

Siapkan juga pompa air dan filter aquarium untuk menyaring kotoran. Karena dengan menjaga aquarium tetap bersih, akan mengurangi resiko ikan terkena penyakit. Sobat juga dapat memberikan pengatur suhu agar ikan hidup dengan nyaman, biasanya ikan ini hidup pada suhu 18-25°C dengan pH 7,0-8,2.

 

Sobat juga perlu memperhatikan pemberian pakan, karena pemberian pakan yang berlebihan akan membuat aquarium cepat keruh. Beri makan ikan dua kali sehari secara cukup dan jangan terlalu banyak. Sobat juga harus mengganti air aquarium yang sudah keruh, sobat dapat menggantinya dua minggu sekali atau satu bulan sekali.

 

Makanan Ikan Agar Cepat Besar

 

Ikan ini merupakan ikan omnivora, ia bisa memakan apa saja yang ada di aquarium. Untuk membuatnya tumbuh lebih cepat dan dan lebih indah sobat dapat memberinya pelet ikan hias. Sobat juga dapat memberinya makanan alami seperti kutu air, jentik nyamuk, dan cacing sutra sebagai makanan selingan.

 

Sobat dapat membaca artikel kami lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.