Gambar Ikan Zebra

Ikan Zebra

Ikan Zebra – meski belum banyak yang mengenal ikan ini, namun sudah banyak yang mulai memeliharanya karena warnanya yang menarik. Ikan denhan nama lain Striped Danio atau Zebrafish ini sangat cocok untuk menjadi ikan hias aquascape.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengenal lebih jauh tentang ikan zebra, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Karakteristik

 

Jenis ikan yang masuk dalam keluarga Cyprinidae ini memiliki beragam warna dengan ciri khas garis horizontal di tubuhnya. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping, ikan ini cukup agresif dan gemar berenang kesana kemari. Sama seperti ikan neon tetra, ikan zebra juga gemar hidup bergerombol.

 

Habitat Asal

 

Ikan zebra banyak dijumpai si perairan sungai Gangga, terutama di anak sungai Gangga, sepanjang daerah pesisir Coromandel, dari Callucatta sampai ke Nepal, Pakistan, dan Bangladesh. Ikan ini dapat hidup di berbagai habitat, mulai dari yang tenang sampai mengalir, terutama di sungai, danau, dan lahan persawahan bersustrat lumpur. Biasanya ikan ini memakan zooplankton dan serangga kecil, atau hewan lainnya yang sesuai dengan ukuran mulutnya.

 

Cara Memelihara Ikan Zebra

 

Perawatan ikan zebra tergolong mudah dan cocok bagi sobat yang ingin belajar memelihara ikan hias. Berikut beberapa keperluan dan cara merawat ikan zebra:

Baca Juga :  Jenis Ikan Laut

 

Siapkan Aquarium

 

Pertama, sobat dapat menyiapkan aquarium yang ukurannya disesuaikan dengan banyaknya ikan yang ingin dipelihara. Usahakan agar tidak terlalu sempit supaya kelangsungan hidup ikan tidak terganggu dan ikan dapat berenang dengan bebas.

 

Tambahkan Kerikil-Kerikil Kecil

 

Ikan ini sangat menyukai keberadaan kerikil atau komponen lain di dasar aquarium. Sobat dapat menambahkan kerikil kecil sampai 1 atau 2 cm.

 

Tambahkan Air

 

Sobat harus menggunakan air yang tidak terkena zat kimia. Sobat dapat menggunakan air sumur, jika ingin menggunakan air PDAM pastikan air PDAM tersebut tidak mengandung kaporit. Setelah itu biarkan air selama 12 jam.

 

Masukkan Ikan ke Dalam Aquarium

 

Setelah air diendapkan, selanjutnya sobat dapat memasukkan ikan ke dalam aquarium. Karena ikan ini gemar bergerombol, sobat harus memasukkan beberapa ikan ke dalam aquarium. Jika ikan ini hanya sendiri, ikan akan merasa stres dan dapat berujung pada kematian.

 

Beri Makan Secara Teratur

 

Sobat harus memberi makanan yang cukup agar ikam dapat bertahan hidup. Jika kebutuhan makanan ikan tidak terpenuhi, ikan akan menjadi kurus dan lama kelamaan akan mati.

 

Jaga Suhu Aquarium

 

Sobat juga harus memperhatikan suhu air dalam aquarium, ikan ini dapat hidup dengan baik pada suhu 18-24°C. Untuk itu sobat dapat memasang pemanas aquarium, pemanas ini juga dapat mendorong ikan untuk berkembangbiak.

 

Bersihkan Aquarium Secara Rutin

 

Sobat harus rutin membersihkan aquarium agar airnya tidak kotor dan mengganggu kehidupan ikan. Dalam mengganti air tidak perlu keseluruhannya, sobat hanya perlu mengganti seperempatnya saja. Sobat juga dapat menggunakan siphon untuk menyedot kotoran yang berada di bawah kerikil.

Baca Juga :  Perbedaan Ikan Nemo Air Tawar dan Laut

 

Ikan yang Dapat Digabungkan dengan Ikan Zebra

 

Ikan ini memang cinta damai dan mudah bergaul dengan ikan hias lain. Jika sobat ingin menggabungkan ikan ini dengan ikan hias lain, sobat dapat menggabungkannya dengan ikan molly, black ghost, neon tetra, dan platy.

 

Perbedaan Ikan Zebra Jantan dan Betina

 

Cara membedakan ikam jantan dan betina dapat dilihat dari warnanya, warna ikan jantan lebih cerah dan warna ikan betina agak gelap. Tubuh ikan jantan juga lebih ramping dari ikan betina, jika sudah masuk musim kawin perut ikan betina akan terlihat lebih bundar.

 

Makanan Ikan Zebra Terbaik

 

Karena ukuran mulutnya yang cukup kecil, sobat harus memberikan umpan yang sesuai dengannya. Sobat dapat menggunakan pelet ikan cupang karena kurang lebih ukurannya sama. Selain itu, sobat dapat memberi umpan alami seperti cacing sutra, daphnia, microworm, artemia, dan kutu air.

 

Sobat dapat membaca artikel tentang ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.