Gambar Ikan Nemo

Perbedaan Ikan Nemo Air Tawar dan Laut

Perbedaan Ikan Nemo Air Tawar dan Laut – ikan nemo atau ikan badut pasti sudah sangat familiar di telinga sobat sekalian. Ikan dengan warna dan corak yang cantik ini banyak menarik perhatian orang-orang karena keindahannya.

 

Ternyata ada dua jenis ikan memo, yaitu ikan nemo air tawar dan air laut. Jenis air tawar atau yang berasal dari hasil budidaya memiliki kemungkinan kematian yang lebih kecil dari ikan nemo air laut. Kedua jenis ikan ini juga memiliki perbedaan.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui perbedaan ikan nemo air tawar dan laut, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Perbedaan Nemo Air Tawar dan Air Laut

 

Warna dan Pola Sisik

 

Ikan yang berasal dari alam liar memiliki warna yang lebih terang dan sisik yang lebih bagus dan rapi. Sedangkan ikan hasil budidaya meski warnanya bagus, namun tidak secerah hasil tangkapan dari laut, warna ya lebih kusam namun seiring waktu akan cerah kembali.

 

Tingkat Stres

 

Ikan nemo hasil tangkapan memiliki kekebalan terhadap penyakit yang tinggi, namin terkadang ikan mengalami stres. Karena ikan harus melewati proses penangkapan, pemilihan, hingga pengiriman ke penjual ikan hias.

 

Tingkat Keagresifan

 

Biasanya ikan hasil penangkaran tidak terlalu agresif, berbeda dengan ikan hasil tangkapan yang sangat agresif. Hal ini karena di alam liar ikan terbiasa hidup di alam terbuka dan tidak terbatas lingkup aquarium saja.

Baca Juga :  Harga Paket Data Smartfren Terbaru Juli 2022

 

Umur Ikan

 

Ikan nemo hasil budidaya biasanya dijual dalam usia muda atau remaja, namun sobat tidak dapat mengetahui umur ikan nemo hasil tangkapan, bisa jadi ikan itu sudah tua. Maka dari itu, jika sobat menginginkan ikan nemo yang umurnya masih oanjang, sobat dapat membeli ikan nemo hasil budidaya.

 

Serangan Penyakit

 

Ikan nemo dari laut memang lebih kebal karena hidup di alam bebas, namun tidak menutup kemungkinan ikan dapat terjangkit penyakit. Berbeda dengan ikan nemo hasil budidaya, saat budidaya pasti  kesehatan ikan sering dicek sehingga lebih meyakinkan kalau ikan tidak terkena penyakit.

 

Tingkat Kematian Ikan

 

Perlu kami ingatkan bahwa ikan nemo hasil tangkapan telah melewati perjalanan yang panjang. Jadi tidka menutup kemungkinan ikan mengalami stres dan tidak dapat bertahan lama. Berbeda denhan ikan penangkaran yang lebih tenang, ikan ini juga lebih mudah dipelihara karena terbiasa hidup di air tawar. Namun itu semua kembali ke kualitas ikan masing-masing, pastikan untuk membelinya si tempat yang terpercaya.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.