Gambar Ikan Louhan

Cara Memelihara Ikan Louhan

Cara Memelihara Ikan Louhan – ikan louhan merupakan ikan hias yang populer di Indonesia karena keunikan dan keindahan warnanya. Ikan ini mejadi primadona bagi para pecinta ikan hias, bahkan banyak orang rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli ikan ini.

 

Jika sobat ingin memiliki ikan louhan yang sehat dan cantik, tentu saja sobat harus mengetahui cara merawatnya. Namun tenang saja, perawatan ikan louhan tidak jauh berbeda dengan ikan hias lainnya.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara memelihara ikan louhan, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Peralatan yang Dibutuhkan

 

Aquarium

 

Pertama, sobat perlu menyiapkan aquarium yang cukup luas. Kami merekomendasikan untuk menggunakan aquarium berukuran 90 × 40 ×50 cm untuk ikan yang berukuran sedang atau besar.

 

Filter Aquarium

 

Alat ini berfungsi untuk menjaga kebersihan aquarium. Filter aquarium dapat membersihkan sisa makanan dan kotoran ikan, sehingga air pada aquarium tidak cepat keruh.

 

Aerator

 

Aerator sangat berguna untuk menyuplai kebutuhan oksigen ikan, hal ini karena ikan louhan merupakan ikan yang membutuhkan oksigen agar tetap sehat. Sobat dapat memilih aerator yang dapat menyemburkan banyak udara, pilih yang daya listriknya kecil agar tidak boros.

 

Lampu Aquarium

 

Selain untuk menambah keindahan aquarium, lampu juga bagus bagi kesehatan ikan.

 

Tanaman Hias

 

Sobat dapat menambahkan beberapa tanaman hias agar aquarium mirip dengan habitat asli ikan. Jika masih pemula, sobat dapat menggunakan tanaman plastik, karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga :  Cara Memelihara Ikan Koi

 

Cara Merawat Ikan Louhan

 

Pemberian Pakan

 

Sobat harus memberikan makanan yang bergizi agar ikan louhan dapat tumbuh dengan cepat. Pemberian pakan juga harus dilakukan secara teratur, agar ikan tetap sehat, memiliki warna yang lebih cantik, dan memiliki jenong yang besar.

 

Kontrol Kondisi Aquarium

 

Saat memelihara ikan louhan, sobat harus sering mengecek suhu, pH air, dan kebersihan air. Sobat dapat menggunakan termometer untuk memantau suhu dan menggunakan pH meter untuk mengecek pH air. Air yang normal memiliki pH 6-8,5.

 

Menjaga Kebersihan Aquarium

 

Meski sobat sudah memasang filter, sobat tetap harus memantau filter aquarium dan memastikannya dapat bekerja dengan baik, serta membersihkan lumut yang ada pada aquarium. Sobat juga harus mengganti air aquarium setiap 1 bulan sekali atau jika kondisi air dirasa sudah keruh. Saat mengganti air aquarium, sobat hanya perlu mengganti ¼ airnya saja.

 

Sobat dapat melihat cara memelihara ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *