Gambar Ikan Botia

Ikan Botia

Ikan Botia – ikan botia atau ikan botia badut ini merupakan ikan yang sangat cocok untuk menghias aquarium. Banyak orang menyukai ikan ini karena tubuhnya yang unik dan warnanya yang menarik. Ikan yang berasal dari daerah Kalimantan dan Sumatera ini sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengenal lebih jauh tentang ikan botia, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Habitat Asal

 

Ikan hias yang satu ini berasal dari perairan Indonesia, umumnya ikan ini ditemui di Borneo, Kalimantan, Sumatera, dan Malaysia. Ikan ini dapat dengan mudah beradaptasi, karena di habitat asalnya ikan ini menghuni daerah sungai yang pH, suhu, dan kekeruhannya berganti-ganti. Di alam liar, ikan ini dapat tumbuh hingga 30-40 cm dengan umur diperkirakan mencapai 20 tahun.

 

Karakter Ikan

 

Botia termasuk ikan yang suka bergerombol, maka dari itu sebaiknya sobat memelihara setidaknya 5 ekor ikan di dalam satu aquarium. Ikan ini juga cukup agresif dan gemar berenang kesana kemari, jadi pastikan sobat memiliki aquarium yang cukup luas. Ikan ini juga memiliki kebiasaan unik, ia suka memiringkan badannya, yang membuat siapa saja pasti mengira ikan ini sudah mati.

 

Kendala Dalam Memelihara Ikan

 

Ikan ini cukup rentan terhadap serangan dari luar, hal ini karena ikan ini memiliki sisik yang sangat tipis. Kami sarankan untuk tidak menggabungkan ikan ini dengan ikan yang agresif, agar ikan tidak diserang dan terluka.

Baca Juga :  Makanan Ikan Oscar

 

Cara Merawat Ikan Botia

 

Seperti yang sudah kami bahas, ikan ini merupakan ikan yang hidup bergerombol, jadi pastikan untuk memelihara setidaknya 3-5 ekor ikan. Kemudian siapkan aquarium yang cukup luas dan jangan sampai terlalu sempit, karena selain membuat ikan susah bergerak, ikan akan stres dan berujung pada kematian.

 

Setelah mempersiapkan aquarium, sobat dapat menambah perlengkapan lain seperti filter, aerator, lampu, tanaman, dan hiasan lainnya. Ikan botia termasuk ikan yang rakus, jadi sobat harus dering memberinya makan namun jangan sampai berlebihan juga.

 

Makanan Ikan Botia

 

Ikan yang satu ini merupakan ikam omnivora, ia dapat memakan hewan kecil atau tanaman bertekstur lembut yang ada di sekitarnya. Adapun beberapa makanan yang disukai ikan botia diantaranya udang sir asin, cacing darah beku, cacing tubifex, siput, daun selada, squash, dan bayam.

 

Perbedaan Ikan Botia Jantan dan Betina

 

Perbedaan yang pertama terletak pada bagian sirip, ikan jantan mempunyai sirip yang lebih panjang dari ikan betina. Bentuk tubuh ikan jantan juga cenderung lebih ramping dan memanjang, sedangkan ikan betina tubuhnya pendek dan gemuk.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.