Gambar Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost – ikan dengan nama latin Apeteronotus Albifrons ini berasal dari sungai Amazon dan Suriname. Banyak yang menjadikan ikan ini sebagai penghias aquarium karena tubuhnya yang unik.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengenal lebih jauh tentang ikan black ghost, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Karakteristik

 

Ikan yang sering disebut ikan hantu ini tergolong ikan yang tidak agresif. Ikan ini memiliki sifat kalem dan sering menghabiskan waktunya untuk bersembunyi, bahkan ikan ini sangat jarang menampakkan tubuhnya. Karena sifatnya ini, ikan black ghost kerap berada di pojokan atay sela-sela benda yang ada di dalam aquarium.

 

Meski namanya menyeramkan dan terkesan seperti ikan predator, namun ikan ini memiliki ukuran mulut yang kecil. Jadi kemungkinan ikan memangsa ikan lain sangat kecil. Ikan ini juga tidak dapat tumbuh terlalu besar, yakni hanya sekitar 50 cm saja.

 

Meski kalem, ikan ini ternyata mampu menghasilkan listrik bertegangan lemah (kurang dari 1 volt/)cm dengan frekuensi 0,1- 10 kHz. Tegangan listrik ini berasal dari bagian ekornya yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Ikan ini menggunakan tegangan listrik ini untuk mendeteksi mangsa dan berkomunikasi dengan ikan black ghost lain.

 

Baca Juga :  Cara Budidaya Ikan Guppy

Sebutan Ikan Black Ghost

 

Ikan Bulu Ayam

 

Pemberian nama ini dikarenakan bentuk tubuhnya yang memanjang dan berwarna hitam terlihat menyerupai bentuk bulu ayam.

 

Ikan Listrik

 

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, karena ikan ini dapat mengeluarkan listrik, banyak orang menyebut ikan ini ikan listrik.

 

Ikan Pisau

 

Karena bentuk tubuhnya yang pipih dan panjang, sebagian orang juga menyebutnya ikan pisau.

 

Ikan Penari Balet

 

Karena saat berenang ikan ini terlihat seperti seorang penari balet, ikan ini jadi diberi nama ikan penari balet.

 

Ikan Bendera

 

Nama ini diberikan karen saat berenang, tubuhnya uang memanjang dan siripnya yang bergerak menyerupai bendera yang berkibar.

 

Ikan Setan Hitam

 

Nama ini berasal dari terjemahan nama aslinya, yakni black ghost.

 

Jenis-Jenis Ikan Black Ghost

 

Black Ghost

 

Jenis ikan ini merupakan yang paling populer, ciri ikan ini adalah berwarna dasar hitam denhan sedikit corak putih di bagian ekor dan kepalanya.

 

Brown Ghost

 

Jenis ini sangat mirip dengan sebelumnya. hanya saja jika sebelumnya berwarna hitam, ikan ini berwarna kecoklatan.

 

White Ghost

 

Seperti namanya, ikan ini hanya memiliki warna putih polos di seluruh tubuhnya tanpa ada corak warna apapun.

 

Makanan Ikan Black Ghost

 

Ikam ini dapat memakan apa saja yang dapat masuk ke mulutnya, namun karena mulutnya kecil, pastikan untuk memberinya makanan yang berukuran kecil pula. Selain menggunakan pelet, sobat dapat memberinya makanan alami berupa cacing.

 

Cara Merawat Ikan Black Ghost

 

Perawatan ikan yang satu ini tidaklah sulit karena ikan ini cukup tangguh dan dapat mudah beradaptasi. Meski begitu ikan ini tidak suka hidup di air yang keruh, jadi pastikan untuk rutin membersihkannya. Sobat dapat mengganti air aquarium paling tidak 2 bulan sekali atau saat dasar air di aquarium sudah terlalu kotor.

Baca Juga :  Ikan Botia

 

Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

 

Membedakan mana ikan jantan dan betina memang cukup sulit karena fisiknya yang sangat mirip. Namun jika sobat teliti, ikan jantan memiliki ukuran yang lebih panjang dan berwarna lebih cerah dari ikan betina.

 

Penyakit Ikan Black Ghost

 

Penyakit yang sering menyerang ikan ini adalah white spot. Karen ikan ini berwarna gelap, jadi jika terkena penyakit ini akan jelas karena bintik putih pada ikan akan mudah terlihat. Jika ikan terkena white spot, ikan akan malas untuk bergerak dan akan menggosokkan tubuhnya ke dinding aquarium atau objek yang ada didalamnya.

 

Selain itu, ikan juga akan terlihat kesusahan menggunakan insangnya, karena penyakit ini terkadang menyerang bagian insang. Dalam kondisi ini, bintik putih tersebut berubah menjadi bisul dan dapat pecah sewaktu-waktu.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.