Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk Sekolah Dasar (SD) kelas 4 merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia. RPP ini memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
Kurikulum Merdeka Belajar menekankan pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik, tidak hanya pada aspek kognitif tetapi juga aspek sosial, emosional, dan spiritual. Pembelajaran dirancang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa, sehingga guru memiliki keleluasaan dalam memilih pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kondisi sekolah.
RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD kelas 4 memiliki beberapa prinsip utama, yaitu:
Berpusat pada siswa Berorientasi pada pengembangan kompetensi Fleksibel dan mengakomodasi kebutuhan siswa Menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
Dengan menerapkan RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD kelas 4, diharapkan siswa dapat mengembangkan kompetensinya secara optimal dan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang memiliki karakter mulia dan berakhlakul karimah.
rpp kurikulum merdeka belajar sd kelas 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk Sekolah Dasar (SD) kelas 4 merupakan pedoman penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. RPP ini memuat berbagai aspek penting yang saling berkaitan, diantaranya:
- Tujuan Pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran
- Penilaian
- Materi Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Media Pembelajaran
- Sumber Belajar
- Assesmen
- Refleksi
Semua aspek tersebut harus dirancang secara sistematis dan terintegrasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru perlu memahami dan menguasai setiap aspek dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar agar dapat melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Tujuan pembelajaran berfungsi sebagai acuan bagi guru dalam menentukan arah dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan memudahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran dan penilaian yang efektif.
Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, tujuan pembelajaran dirancang berdasarkan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila sendiri merupakan gambaran tentang kualitas lulusan pendidikan Indonesia yang diharapkan memiliki karakter mulia, berkebinekaan global, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar harus selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan pembelajaran yang baik memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
- Jelas dan terukur
- Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila
- Berorientasi pada pengembangan kompetensi
- Menantang namun tetap realistis
Dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang baik, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan siswa. Tujuan pembelajaran juga menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian dan mengevaluasi efektivitas pembelajaran.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Kegiatan pembelajaran adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran yang efektif harus dirancang secara sistematis dan terintegrasi, serta sesuai dengan karakteristik siswa dan kondisi sekolah.
Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, kegiatan pembelajaran menekankan pada pendekatan pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa. Siswa diberi kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui berbagai kegiatan, seperti:
- Diskusi kelompok
- Presentasi
- Eksperimen
- Proyek
- Bermain peran
- Studi kasus
Kegiatan pembelajaran yang bervariasi akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Siswa juga akan lebih mudah memahami materi pelajaran jika mereka terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Guru memiliki peran penting dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Guru harus memahami karakteristik siswa dan kondisi sekolah, serta menguasai berbagai pendekatan dan metode pembelajaran. Guru juga harus mampu mengelola kelas dengan baik agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Dengan merancang kegiatan pembelajaran yang efektif, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran yang efektif juga akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Penilaian
Penilaian merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran siswa. Penilaian yang efektif dapat memberikan informasi yang berharga bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang tepat kepada siswa.
Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, penilaian menekankan pada penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tugas-tugas yang mencerminkan kinerja siswa dalam situasi nyata. Penilaian autentik dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti:
- Pengamatan
- Portofolio
- Proyek
- Presentasi
- Uji kinerja
Penilaian autentik memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan siswa dibandingkan dengan penilaian tradisional yang hanya mengandalkan tes tertulis. Penilaian autentik juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi.
Guru memiliki peran penting dalam melakukan penilaian yang efektif. Guru harus memahami tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa, serta menguasai berbagai teknik penilaian. Guru juga harus mampu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa agar mereka dapat memperbaiki hasil belajarnya.
Dengan melakukan penilaian yang efektif, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penilaian yang efektif juga dapat membantu guru dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan memberikan intervensi yang tepat.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Materi pembelajaran adalah bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran harus dipilih secara cermat dan disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kondisi sekolah.
-
Relevansi dengan Tujuan Pembelajaran
Materi pembelajaran harus relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Materi pembelajaran yang tidak relevan akan membuat siswa sulit memahami materi pelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran.
-
Kesesuaian dengan Karakteristik Siswa
Materi pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik siswa, baik dari segi usia, tingkat perkembangan kognitif, maupun latar belakang budaya. Materi pembelajaran yang terlalu sulit atau terlalu mudah akan membuat siswa kesulitan belajar dan memahami materi pelajaran.
-
Kontekstual
Materi pembelajaran harus kontekstual, yaitu terkait dengan kehidupan nyata siswa. Materi pembelajaran yang kontekstual akan membuat siswa lebih mudah memahami dan menerapkan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
-
Terkini
Materi pembelajaran harus up-to-date atau terkini. Materi pembelajaran yang sudah usang akan membuat siswa ketinggalan informasi dan pengetahuan.
Dengan memilih dan menyusun materi pembelajaran yang tepat, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran yang berkualitas juga akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran yang tepat akan membuat pembelajaran lebih efektif dan bermakna bagi siswa.
-
Metode Pembelajaran Aktif
Metode pembelajaran aktif adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya mendengarkan ceramah guru, tetapi juga terlibat dalam diskusi, pemecahan masalah, eksperimen, dan kegiatan lainnya. Metode pembelajaran aktif dapat meningkatkan motivasi siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, dan membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
-
Metode Pembelajaran Diferensiasi
Metode pembelajaran diferensiasi adalah metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, materi pembelajaran, dan penilaian yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Metode pembelajaran diferensiasi dapat membantu siswa mencapai potensi mereka secara maksimal.
-
Metode Pembelajaran Kooperatif
Metode pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran yang menekankan kerja sama antara siswa. Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan tugas atau proyek bersama. Metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan bekerja sama dalam tim.
-
Metode Pembelajaran Berbasis Proyek
Metode pembelajaran berbasis proyek adalah metode pembelajaran yang berpusat pada proyek atau tugas yang harus diselesaikan oleh siswa. Siswa bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek. Metode pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas siswa.
Dengan memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran yang bervariasi juga akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Media pembelajaran dapat memperjelas penyampaian materi, membuat pembelajaran lebih menarik, dan meningkatkan motivasi siswa.
-
Visual Media
Visual media adalah media pembelajaran yang menggunakan gambar, grafik, diagram, atau video untuk menyampaikan materi pembelajaran. Visual media dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dan membuat pembelajaran lebih konkret. Contoh visual media yang dapat digunakan dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4 adalah gambar, grafik, diagram, peta, dan video.
-
Audio Media
Audio media adalah media pembelajaran yang menggunakan suara atau musik untuk menyampaikan materi pembelajaran. Audio media dapat membantu siswa memahami intonasi dan ekspresi dalam berbicara, serta meningkatkan daya ingat siswa. Contoh audio media yang dapat digunakan dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4 adalah lagu, dongeng, dan rekaman suara.
-
Audiovisual Media
Audiovisual media adalah media pembelajaran yang menggabungkan unsur visual dan audio. Audiovisual media dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan komprehensif bagi siswa. Contoh audiovisual media yang dapat digunakan dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4 adalah film, animasi, dan simulasi.
-
Realia
Realia adalah media pembelajaran yang menggunakan benda-benda nyata atau tiruan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Realia dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Contoh realia yang dapat digunakan dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4 adalah benda-benda alam, benda-benda budaya, dan benda-benda teknologi.
Dengan memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Media pembelajaran yang bervariasi juga akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh siswa untuk memperoleh informasi dan pengetahuan baru. Sumber belajar dapat berupa buku teks, buku nonteks, internet, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.
-
Buku Teks
Buku teks merupakan sumber belajar utama yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Buku teks memuat materi pelajaran secara sistematis dan terstruktur. Siswa dapat menggunakan buku teks untuk mempelajari materi baru, mengulang materi yang telah dipelajari, dan mengerjakan latihan soal.
-
Buku Nonteks
Buku nonteks merupakan sumber belajar yang bersifat pelengkap buku teks. Buku nonteks menyajikan materi pelajaran dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Siswa dapat menggunakan buku nonteks untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang suatu topik tertentu.
-
Internet
Internet merupakan sumber belajar yang sangat luas dan kaya informasi. Siswa dapat menggunakan internet untuk mencari informasi tentang suatu topik tertentu, mengerjakan tugas sekolah, dan berkomunikasi dengan teman atau guru.
-
Lingkungan Sekitar
Lingkungan sekitar juga dapat menjadi sumber belajar yang berharga. Siswa dapat belajar tentang alam, budaya, dan masyarakat dengan mengamati dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka.
Dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia, siswa dapat memperoleh informasi dan pengetahuan baru dengan lebih mudah dan efektif. Sumber belajar yang bervariasi juga akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Assesmen
Penilaian (assesmen) merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran siswa. Penilaian yang efektif dapat memberikan informasi yang berharga bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang tepat kepada siswa.
Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, penilaian menekankan pada penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tugas-tugas yang mencerminkan kinerja siswa dalam situasi nyata. Penilaian autentik dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pengamatan, portofolio, proyek, presentasi, dan uji kinerja.
Penilaian autentik memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan siswa dibandingkan dengan penilaian tradisional yang hanya mengandalkan tes tertulis. Penilaian autentik juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi.
Dengan melakukan penilaian yang efektif, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penilaian yang efektif juga dapat membantu guru dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan memberikan intervensi yang tepat.
Refleksi
Refleksi merupakan komponen penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4. Refleksi adalah kegiatan mengkaji dan mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melalui refleksi, guru dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Refleksi dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar dapat dilakukan oleh guru dan siswa. Guru dapat merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, seperti:
- Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai?
- Apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif?
- Apakah media pembelajaran yang digunakan mendukung proses pembelajaran?
- Apakah asesmen yang dilakukan sudah sesuai?
Selain guru, siswa juga dapat melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka alami. Siswa dapat merefleksikan:
- Apakah mereka memahami materi yang telah dipelajari?
- Apakah mereka aktif dalam proses pembelajaran?
- Apakah mereka mengalami kesulitan dalam memahami materi?
- Apakah mereka memiliki saran untuk perbaikan proses pembelajaran?
Dengan melakukan refleksi, guru dan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang proses pembelajaran. Hal ini dapat membantu guru dalam memperbaiki proses pembelajaran dan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar mereka.
Tanya Jawab tentang RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 4
Berikut beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait RPP Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4:
Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan RPP Kurikulum Merdeka Belajar?
Jawaban: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar adalah pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar.
Pertanyaan 2: Apa saja komponen utama dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar?
Jawaban: Komponen utama dalam RPP Kurikulum Merdeka Belajar meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, asesmen, dan refleksi.
Pertanyaan 3: Apa perbedaan RPP Kurikulum Merdeka Belajar dengan RPP sebelumnya?
Jawaban: RPP Kurikulum Merdeka Belajar menekankan pada pendekatan pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa, dengan tujuan mengembangkan kompetensi dan karakter siswa secara holistik. RPP Kurikulum Merdeka Belajar juga lebih fleksibel dan mengakomodasi kebutuhan dan karakteristik siswa.
Pertanyaan 4: Bagaimana cara menyusun RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang efektif?
Jawaban: Untuk menyusun RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang efektif, guru perlu memahami tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan kondisi sekolah. Guru juga perlu menguasai berbagai pendekatan dan metode pembelajaran, serta mampu memilih dan memanfaatkan media dan sumber belajar yang tepat.
Pertanyaan 5: Apa manfaat menggunakan RPP Kurikulum Merdeka Belajar?
Jawaban: Penggunaan RPP Kurikulum Merdeka Belajar membantu guru melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, mengembangkan kompetensi siswa secara optimal, dan menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan bermakna.
Pertanyaan 6: Di mana saya dapat memperoleh contoh RPP Kurikulum Merdeka Belajar?
Jawaban: Guru dapat memperoleh contoh RPP Kurikulum Merdeka Belajar dari berbagai sumber, seperti situs web resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), portal Rumah Belajar, atau komunitas guru.
Dengan memahami dan menerapkan RPP Kurikulum Merdeka Belajar secara efektif, guru dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa.
Baca juga artikel selanjutnya tentang “Tips Menyusun RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang Efektif”.
Tips Menyusun RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang Efektif
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar yang efektif sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa. Berikut beberapa tips yang dapat membantu guru dalam menyusun RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang efektif:
Tip 1: Pahami Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan acuan dalam menyusun RPP. Pastikan tujuan pembelajaran yang ditetapkan jelas, terukur, dan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Tip 2: Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat
Pilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran. Metode pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa akan membuat pembelajaran lebih efektif dan bermakna.
Tip 3: Manfaatkan Berbagai Sumber Belajar
Gunakan berbagai sumber belajar, seperti buku teks, buku nonteks, internet, dan lingkungan sekitar. Sumber belajar yang bervariasi akan memperkaya proses pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif.
Tip 4: Lakukan Penilaian yang Autentik
Penilaian autentik dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan siswa. Gunakan berbagai teknik penilaian, seperti pengamatan, portofolio, proyek, dan presentasi.
Tip 5: Refleksikan Pembelajaran Secara Teratur
Refleksi membantu guru dan siswa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran. Lakukan refleksi secara teratur untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Dengan menerapkan tips-tips ini, guru dapat menyusun RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang efektif dan menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
Baca juga artikel sebelumnya tentang “Tanya Jawab tentang RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 4”.
Kesimpulan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Belajar untuk SD kelas 4 merupakan panduan penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. RPP ini menekankan pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik melalui pendekatan pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa.
Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka Belajar yang efektif memerlukan pemahaman yang baik tentang tujuan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran yang tepat, pemanfaatan berbagai sumber belajar, pelaksanaan penilaian autentik, dan refleksi pembelajaran secara teratur. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong siswa untuk mencapai potensi mereka secara optimal.