Rahasia RPP Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka: Temukan Wawasan dan Strategi Hebat!


Rahasia RPP Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka: Temukan Wawasan dan Strategi Hebat!

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka adalah sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP disusun untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan.

RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 memuat beberapa komponen, di antaranya:

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan pembelajaran
  3. Penilaian
  4. Sumber belajar
  5. Catatan guru

rpp kelas 1 sd semester 1 kurikulum merdeka

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas 1 SD semester 1 kurikulum merdeka adalah dokumen penting yang harus disusun oleh guru untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan kurikulum merdeka.

  • Tujuan pembelajaran: Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam satu pertemuan atau lebih.
  • Kegiatan pembelajaran: Menguraikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
  • Penilaian: Menjelaskan bagaimana cara menilai hasil belajar siswa.
  • Sumber belajar: Mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
  • Catatan guru: Menyediakan ruang bagi guru untuk mencatat hal-hal penting terkait kegiatan pembelajaran.
  • Prinsip pembelajaran: Berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan.
  • Komponen: Terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar, dan catatan guru.
  • Penyusunan: Disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa.
  • Pelaksanaan: Digunakan sebagai pedoman oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Dengan menyusun dan melaksanakan RPP kurikulum merdeka kelas 1 SD semester 1 dengan baik, guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.

Tujuan pembelajaran: Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam satu pertemuan atau lebih.

Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1. Tujuan pembelajaran berfungsi sebagai acuan bagi guru dan siswa dalam melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan membantu guru dalam:

  1. Merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  2. Memilih metode dan media pembelajaran yang tepat.
  3. Menilai hasil belajar siswa secara objektif.

Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1, tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara spesifik, terukur, dapat diamati, dan relevan. Tujuan pembelajaran juga harus sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang bermakna dan terarah, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.

Kegiatan pembelajaran: Menguraikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1. Kegiatan pembelajaran berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1, kegiatan pembelajaran harus dirancang secara sistematis dan terstruktur. Kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD, yaitu aktif, kreatif, dan senang bermain. Kegiatan pembelajaran juga harus bervariasi dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 umumnya meliputi:

  1. Kegiatan pendahuluan
  2. Kegiatan inti
  3. Kegiatan penutup

Kegiatan pendahuluan bertujuan untuk menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini biasanya meliputi kegiatan apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran.

Kegiatan inti merupakan kegiatan utama dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini biasanya meliputi kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Kegiatan penutup bertujuan untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini biasanya meliputi kegiatan refleksi, rangkuman, dan tindak lanjut.

Dengan merancang kegiatan pembelajaran yang sistematis dan terstruktur, guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien akan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.

Penilaian: Menjelaskan bagaimana cara menilai hasil belajar siswa.

Penilaian merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur akan membantu guru dalam:

  • Mengetahui kemajuan belajar siswaPenilaian dapat memberikan informasi tentang kemajuan belajar siswa, sehingga guru dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang tepat.
  • Memperbaiki proses pembelajaranHasil penilaian dapat digunakan sebagai bahan refleksi untuk memperbaiki proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Melaporkan hasil belajar siswaPenilaian dapat digunakan untuk melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tua atau wali siswa.
  • Membuat keputusan tentang siswaHasil penilaian dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang siswa, seperti kenaikan kelas atau pemberian layanan khusus.
Baca Juga :  Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2: Kunci Pembelajaran Efektif

Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1, penilaian harus dilakukan secara autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap kinerja siswa dalam situasi nyata. Penilaian autentik dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti observasi, portofolio, dan proyek.

Dengan melakukan penilaian secara sistematis, terstruktur, dan autentik, guru dapat memperoleh informasi yang komprehensif tentang pencapaian hasil belajar siswa. Informasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat tentang siswa.

Sumber belajar: Mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Sumber belajar merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1. Sumber belajar berfungsi sebagai bahan atau alat yang digunakan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Sumber belajar yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa kelas 1 SD.

Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1, sumber belajar dapat berupa buku teks, buku cerita, gambar, video, audio, benda nyata, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Guru harus mempertimbangkan ketersediaan dan aksesibilitas sumber belajar yang akan digunakan.

Sumber belajar yang tepat dan relevan akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Sumber belajar juga dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Dengan mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat mempersiapkan dan mengelola kegiatan pembelajaran dengan lebih baik. Guru juga dapat memberikan bimbingan kepada siswa tentang cara menggunakan sumber belajar secara efektif.

Catatan guru: Menyediakan ruang bagi guru untuk mencatat hal-hal penting terkait kegiatan pembelajaran.

Komponen “Catatan Guru” dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Catatan guru berfungsi sebagai tempat bagi guru untuk mencatat berbagai hal penting terkait kegiatan pembelajaran, seperti:

  • Refleksi guru terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  • Kendala atau kesulitan yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran.
  • Poin-poin penting yang perlu ditindaklanjuti.
  • Catatan tentang perkembangan dan kemajuan belajar siswa.
  • Catatan tentang penggunaan sumber belajar.
  • Catatan tentang kolaborasi dengan orang tua atau wali siswa.

Dengan adanya catatan guru, guru dapat melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru juga dapat mengidentifikasi kendala atau kesulitan yang dihadapi dan mencari solusi untuk mengatasinya. Catatan guru juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan dan kemajuan belajar siswa, sehingga guru dapat memberikan intervensi yang tepat jika diperlukan.

Selain itu, catatan guru juga dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan kolaborasi dengan sesama guru atau dengan orang tua atau wali siswa. Catatan guru dapat menjadi sumber informasi yang berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan demikian, komponen “Catatan Guru” dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 merupakan bagian penting yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Prinsip pembelajaran: Berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan.

RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD dirancang berdasarkan prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Prinsip-prinsip ini sangat penting untuk diterapkan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat belajar secara optimal dan efektif.

  • Berpusat pada siswaPembelajaran yang berpusat pada siswa menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensinya. Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD, guru harus memperhatikan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa.
  • AktifPembelajaran yang aktif mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya mendengarkan ceramah guru, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan fisik, mental, dan emosi mereka. Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD, guru harus merencanakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan variatif.
  • KreatifPembelajaran yang kreatif mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif. Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mengembangkan solusi kreatif terhadap masalah. Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD, guru harus menyediakan ruang bagi siswa untuk berkreasi dan mengekspresikan diri mereka.
  • MenyenangkanPembelajaran yang menyenangkan membuat siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar. Guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, serta memberikan penghargaan dan penguatan kepada siswa. Dalam RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD, guru harus merencanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan, RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, serta membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Baca Juga :  Revolusi Pembelajaran: Temukan Rahasia RPP Kurikulum Merdeka Kelas 7

Komponen: Terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar, dan catatan guru.

Komponen-komponen RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing komponen:

  • Tujuan PembelajaranTujuan pembelajaran merupakan acuan bagi guru dan siswa dalam melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien serta menilai hasil belajar siswa secara objektif.
  • Kegiatan PembelajaranKegiatan pembelajaran merupakan panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran harus dirancang secara sistematis dan terstruktur, serta sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD.
  • PenilaianPenilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur akan membantu guru dalam mengetahui kemajuan belajar siswa, memperbaiki proses pembelajaran, melaporkan hasil belajar siswa, dan membuat keputusan tentang siswa.
  • Sumber BelajarSumber belajar berfungsi sebagai bahan atau alat yang digunakan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Sumber belajar yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa kelas 1 SD. Sumber belajar yang tepat dan relevan akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.
  • Catatan GuruCatatan guru berfungsi sebagai tempat bagi guru untuk mencatat berbagai hal penting terkait kegiatan pembelajaran, seperti refleksi guru terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, kendala atau kesulitan yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran, poin-poin penting yang perlu ditindaklanjuti, catatan tentang perkembangan dan kemajuan belajar siswa, dan catatan tentang penggunaan sumber belajar. Catatan guru dapat menjadi sumber informasi yang berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan memahami dan menerapkan komponen-komponen RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 secara efektif, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.

Penyusunan: Disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa merupakan hal yang sangat penting. Prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa menekankan bahwa siswa merupakan subjek utama dalam proses pembelajaran, dan guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensinya. Dengan menyusun RPP berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang:

  • Aktif, dimana siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan tidak hanya mendengarkan ceramah guru.
  • Kreatif, dimana siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mengembangkan solusi kreatif terhadap masalah.
  • Menyenangkan, dimana siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar.

Dengan demikian, RPP yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat membantu siswa untuk belajar secara optimal dan efektif, serta mencapai hasil belajar yang maksimal.

Pelaksanaan: Digunakan sebagai pedoman oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pelaksanaan RPP sangat penting karena:

  • Membantu guru dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
  • Memastikan kegiatan pembelajaran terstruktur dan sistematis, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan mudah.
  • Memberikan acuan bagi guru dalam memilih metode dan media pembelajaran yang tepat.
  • Membantu guru dalam mengelola waktu pembelajaran secara efektif.
  • Menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk memperbaiki dan mengembangkan proses pembelajaran.

Dengan melaksanakan RPP secara konsisten, guru dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat belajar secara optimal dan mencapai hasil belajar yang maksimal.

Tanya Jawab Umum tentang RPP Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka

RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 menjadi acuan penting bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan:

Pertanyaan 1: Apa tujuan penyusunan RPP Kurikulum Merdeka?

 

Jawaban: Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Pertanyaan 2: Apa saja komponen yang harus ada dalam RPP Kurikulum Merdeka?

 

Jawaban: Komponen RPP Kurikulum Merdeka meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar, dan catatan guru.

Baca Juga :  Unduh RPP Merdeka Kelas 1: Buka Pintu Pembelajaran Modern!

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menyusun RPP Kurikulum Merdeka yang baik?

 

Jawaban: RPP Kurikulum Merdeka yang baik disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran berpusat pada siswa, serta mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas 1 SD.

Pertanyaan 4: Apa pentingnya melaksanakan RPP Kurikulum Merdeka?

 

Jawaban: Pelaksanaan RPP Kurikulum Merdeka sangat penting untuk memastikan kegiatan pembelajaran terstruktur, sistematis, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas RPP Kurikulum Merdeka?

 

Jawaban: Efektivitas RPP Kurikulum Merdeka dapat dievaluasi melalui refleksi guru, umpan balik siswa, dan hasil penilaian siswa.

Pertanyaan 6: Di mana guru dapat memperoleh contoh RPP Kurikulum Merdeka?

 

Jawaban: Guru dapat memperoleh contoh RPP Kurikulum Merdeka dari berbagai sumber, seperti portal resmi Kemendikbudristek, komunitas guru, atau platform berbagi materi pendidikan.

Dengan memahami dan menerapkan RPP Kurikulum Merdeka secara efektif, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa kelas 1 SD, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.

Baca juga artikel selanjutnya: Pentingnya Literasi Numerik bagi Siswa Kelas Awal

Tips Menyusun RPP Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka

RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 merupakan dokumen penting yang perlu disusun secara efektif dan efisien untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu guru dalam menyusun RPP Kurikulum Merdeka:

Tip 1: Pahami Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka

Sebelum menyusun RPP, pastikan untuk memahami prinsip-prinsip dasar Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Hal ini akan menjadi landasan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai.

Tip 2: Tentukan Tujuan Pembelajaran yang Jelas

Tujuan pembelajaran merupakan acuan dalam proses pembelajaran. Pastikan tujuan pembelajaran yang ditetapkan jelas, terukur, dan sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa.

Tip 3: Rancang Kegiatan Pembelajaran yang Variatif

Kegiatan pembelajaran harus dirancang secara bervariasi dan menarik agar siswa tidak merasa bosan. Kombinasikan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan permainan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.

Tip 4: Pilih Sumber Belajar yang Relevan

Pilih sumber belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa. Sumber belajar dapat berupa buku teks, modul, gambar, video, atau benda nyata yang dapat mendukung pemahaman siswa.

Tip 5: Gunakan Penilaian yang Bermakna

Penilaian tidak hanya dilakukan pada akhir pembelajaran, tetapi juga selama proses pembelajaran. Gunakan berbagai teknik penilaian, seperti observasi, tugas, kuis, atau proyek, untuk memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang efektif.

Tip 6: Refleksikan dan Evaluasi Pelaksanaan RPP

Setelah selesai melaksanakan RPP, luangkan waktu untuk merefleksikan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Catat hal-hal yang berjalan baik dan yang perlu diperbaiki untuk menyusun RPP yang lebih baik di masa mendatang.

Dengan menerapkan tips-tips ini, guru dapat menyusun RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 yang berkualitas dan efektif, sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Kesimpulan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka kelas 1 SD semester 1 merupakan perangkat penting yang harus disusun oleh guru untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. RPP Kurikulum Merdeka dirancang berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan, sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Dengan menyusun dan melaksanakan RPP Kurikulum Merdeka secara efektif, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk belajar secara optimal. RPP Kurikulum Merdeka juga menjadi acuan bagi guru dalam mengevaluasi proses pembelajaran dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.

Images References


Images References, Modul

Tinggalkan komentar