Jawaban Uji Kompetensi Matematika Halaman 169-170 Kelas 10

Jawaban Uji Kompetensi Matematika Halaman 169-170 Kelas 10

Jawaban Uji Kompetensi Matematika Halaman169-170 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Uji Kompetensi” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Fungsi Kuadrat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman 169-170 Kelas 10

Uji Kompetensi

1. Dari grafik berikut, yang manakah yang merupakan grafik fungsi kuadrat?

Jawaban

B

2. Gambarkan grafik fungsi y = 2x2 – 4x – 16
a. Tentukan titik potong grafik dengan sumbu x
b. Tentukan titik potong grafik dengan sumbu y
c. Tentukan sumbu simetrinya.
d. Apakah fungsi ini memiliki nilai maksimum atau minimum? Tentukan nilainya

Jawaban

a. Memotong sumbu X di (-2,0) dan (4,0)
b. Memotong sumbu Y di (0,-16)
c. Sumbu simetri x = 1
d. Nilai minimum, yaitu (1,-18)

3. Bola dilemparkan ke atas dari tanah dengan kecepatan tertentu sehingga ketinggian yang dicapai merupakan fungsi dari waktu, h(t) = -5t2 + 40t. Berapa ketinggian maksimum yang dicapai oleh bola?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bilangan dengan Tanda

Jawaban

Ketinggian maksimum dapat duhitung

Alternatif jawaban 1

h(t) = -5t2 + 40t
memotong sumbu x di (0,0) dan (8,0)
sumbu simetrinya x = 0 + 8 /2 = 4
h(4) = -5(4) (4 – 8)
= 80

Alternatif jawaban 2

D = b2 – 4ac
= 402 – 4(-5)(0)
D/-4a = 1600/-4(-5)
= 80

4. Pendapatan dari hasil penjualan barang P (q) ditentukan oleh jumlah barang yang diproduksi q. P(q) = -20q2 + 3000q. Tentukan pendapatan maksimal atau optimal dan jumlah barang yang bersesuaian dengannya.

Jawaban

Alternatif jawaban 1

P (q) = -20q(q – 150)
Memotong sumbu x di (0,0) dan (150,0)
Sumbu simetrinya x = 0 +150/2 = 75
P(75) = -20(75)(75 – 150)
= 112.500

Alternatif jawaban 2

D/-4a = 9.000.000/-4(-20)
= 112.500

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kompetensi Matematika Halaman 169-170 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Eksplorasi 6.8 Matematika Halaman 163-164 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.5 Matematika Halaman 165 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.9 Matematika Halaman 166 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.10 Matematika Halaman 167 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.6 Matematika Halaman 168 Kelas 10

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *