Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-11 Print Pola Diamond Halaman 227 228 229 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-11 Print Pola Diamond Halaman 227 228 229 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-11 Print Pola Diamond Halaman 227 228 229 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-11: Print Pola Diamond

 

Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan membuat pola berbentuk diamond. Untuk dapat membuat pola ini, Adik-Adik perlu menggabungkan blok pengulangan dan blok percabangan. Yang menjadi input dari program ini adalah ketinggian diamond yang akan Adik-Adik buat. Ketinggian diamond selalu dinyatakan dengan sebuah bilangan ganjil. Jadi, inputnya pasti sebuah bilangan ganjil. Pada tabel di bawah ini, Adik-Adik dapat melihat contoh input dan output dari program ini.

Gambar Aktivitas AP-K8-11 (1)

Gambar Aktivitas AP-K8-11 (2)

 

Ayo menganalisis!

 

1. Input: N (banyaknya baris).

2. Output: hasil print sebanyak N baris (lihat contoh).

3. Analisis:

Adik-Adik dapat memakai kerangka program yang sama karena program ini mirip dengan program sebelumnya. Perbedaannya hanya pada apa yang di-print pada setiap baris.

 

Apa yang perlu di-print pada setiap barisnya? Pada tiap baris, terdapat pola yang sama, yakni terdiri dari tiga bagian:

  • Bagian kiri: print sejumlah karakter ‘_’
  • Bagian tengah: print sejumlah karakter ‘*’
  • Bagian kanan: print sejumlah karakter ‘_’ yang sama dengan banyaknya karakter ‘_’ di sebelah kiri.

 

Nah, sekarang, Adik-Adik perlu menentukan berapakah “sejumlah” karakter itu? Untuk menjawab pertanyaan ini, Adik-Adik akan menggunakan contoh untuk N = 5, karena jika 1 akan terlalu mudah.

Gambar Aktivitas AP-K8-11 (3)

 

Jika Adik-Adik mengamatinya lebih lanjut, baris ke-1 dan ke-2 berkebalikan dengan baris ke-4 dan ke-5, dan pada baris ke-3, terdapat 5 buah karakter ‘*’. Ternyata asa polanya!

Baca Juga :  Jawaban Ayo Cek Pemahaman Soal No 1 IPA Kelas X Halaman 73

 

Berikut ini adalah polanya:

A. Setiap baris pasti melakukan print sebanyak 5 karakter, yakni jumlah karakter ‘_’ dan karakter ‘*’. Banyaknya karakter yang di-print ini sama dengan nilai dari N.

B. Untuk melakukan print setiap baris, dilakukan 3 bagian:

  1. Print bagian kiri (karakter ‘_’)
  2. Print bagian tengah (karakter ‘*’)
  3. Print bagian kanan (‘_’)

C. Karakter ‘*’ mulai di-print pada posisi batasKiri sampai batasKanan. Berapa nilai batasKiri dan batasKanan? Cermati, dan Adik-Adik akan mendapat rumus:

  1. batasKiri = ( ( N + 1 ) : 2 ) – ( rentang )
  2. batasKanan = ( ( N + 1 ) :  2 ) + (rentang)

Variabel rentang berguna untuk membantu Adik-Adik untuk mengetahui jarak batas kiri dengan bagian tengah atau jarak dari batas kanan dengan bagian tengah. Sebagai contoh, pada baris pertama, jarak antara batas kiri dan bagian tengah adalah 0. Pada baris kedua, jarak antara batas kiri dan bagian tengah ialah 1, dan seterusnya.

D. Dengan demikian, pengulangan setiap baris terdiri atas 3 bagian:

  1. Print karakter ‘_’ mulai posisi 1 s.d. batasKiri-1
  2. Print karakter ‘*’ mulai batasKiri s.d. batasKanan
  3. Print karakter ‘_’ mulai batasKanan+1 s.d. N

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-11: Print Pola Diamond

 

Berikut adalah output untuk N = 11:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-11 (1)

 

Berikut kode program yang lengkap untuk aktivitas ini:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-11 (2)

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-11 Print Pola Diamond Halaman 227 228 229 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dam semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan komentar