Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat ajar yang digunakan oleh guru untuk mempersiapkan kegiatan belajar mengajar di kelas. RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka adalah RPP yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka yang diterapkan pada jenjang pendidikan dasar di Indonesia mulai tahun ajaran 2022/2023.
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan RPP sebelumnya, yaitu:
- Lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
- Berfokus pada pengembangan kompetensi dan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
- Menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan, seperti project-based learning dan inquiry-based learning.
Dengan menggunakan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka, diharapkan proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih efektif dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.
rpp kelas 4 kurikulum merdeka
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 Kurikulum Merdeka merupakan perangkat ajar yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di kelas. RPP ini disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia mulai tahun ajaran 2022/2023.
- Fleksibel
- Kompetensi abad 21
- Pendekatan aktif
- Berpusat pada peserta didik
- Mengembangkan karakter
- Relevan dengan kehidupan
- Berbasis proyek
- Berbasis inkuiri
- Menyenangkan
Dengan menggunakan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka, diharapkan proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih efektif dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Selain itu, RPP ini juga dapat membantu guru dalam mengembangkan karakter peserta didik, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di abad 21.
Fleksibel
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka mengedepankan fleksibilitas, artinya RPP ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta kondisi sekolah dan daerah.
-
Aspek 1: Penyesuaian Waktu
Guru dapat menyesuaikan alokasi waktu untuk setiap kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Misalnya, jika peserta didik membutuhkan waktu lebih banyak untuk memahami suatu konsep, guru dapat mengalokasikan waktu yang lebih banyak untuk kegiatan tersebut.
-
Aspek 2: Penyesuaian Materi
Guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan minat peserta didik. Misalnya, jika peserta didik memiliki minat yang tinggi terhadap lingkungan hidup, guru dapat memasukkan materi tentang lingkungan hidup ke dalam RPP.
-
Aspek 3: Penyesuaian Metode
Guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Misalnya, jika peserta didik lebih menyukai pembelajaran berbasis proyek, guru dapat menggunakan metode tersebut dalam RPP.
-
Aspek 4: Penyesuaian Penilaian
Guru dapat menyesuaikan teknik penilaian sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, guru dapat menggunakan teknik penilaian berbasis portofolio.
Dengan fleksibilitas yang ditawarkan, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka memungkinkan guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.
Kompetensi Abad 21
Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan kompetensi abad 21, yaitu keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan peserta didik untuk sukses di abad ke-21. Kompetensi abad 21 meliputi:
-
Berpikir kritis dan pemecahan masalah
Kemampuan untuk menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang tepat.
-
Kreativitas dan inovasi
Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru, berpikir out of the box, dan menciptakan solusi inovatif.
-
Komunikasi
Kemampuan untuk mengekspresikan ide dan informasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
-
Kolaborasi
Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, berbagi ide, dan mencapai tujuan bersama.
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dirancang untuk mengembangkan kompetensi abad 21 ini melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Misalnya, melalui kegiatan diskusi kelompok, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Melalui kegiatan proyek, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan kreativitas, inovasi, dan kolaborasi.
Pendekatan aktif
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka mengedepankan pendekatan aktif, yaitu pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Pendekatan ini penting karena dapat meningkatkan motivasi belajar, membuat proses belajar lebih menyenangkan, dan membantu peserta didik untuk memahami konsep-konsep baru dengan lebih baik.
Ada berbagai macam pendekatan aktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran, misalnya:
Diskusi kelompok
Simulasi
Bermain peran
Presentasi
Praktikum
Pembelajaran berbasis proyek
Pemilihan pendekatan aktif yang tepat tergantung pada tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, diskusi kelompok dapat menjadi pilihan yang tepat.Sedangkan jika tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi pilihan yang tepat.
Berpusat pada peserta didik
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka mengedepankan prinsip berpusat pada peserta didik. Artinya, proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan, minat, dan karakteristik peserta didik. Hal ini penting karena dapat meningkatkan motivasi belajar, membuat proses belajar lebih bermakna, dan membantu peserta didik untuk mencapai potensi mereka secara optimal.
-
Fokus pada kekuatan dan kebutuhan individu
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dirancang dengan mempertimbangkan keragaman peserta didik, baik dari segi kemampuan, gaya belajar, maupun latar belakang. Guru diberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan materi dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing peserta didik.
-
Pembelajaran yang bermakna dan relevan
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang bermakna dan relevan dengan kehidupan nyata. Guru encouraged untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman dan pengetahuan peserta didik sehingga mereka dapat memahami konsep-konsep baru dengan lebih baik.
-
Pembelajaran yang menyenangkan dan aktif
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka mengedepankan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan aktif. Guru encouraged untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif, seperti diskusi kelompok, permainan peran, dan pembelajaran berbasis proyek.
-
Penilaian yang holistik dan berkelanjutan
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan penilaian yang holistik dan berkelanjutan. Guru encouraged untuk menilai peserta didik tidak hanya dari segi pengetahuan akademis, tetapi juga dari segi keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang dikembangkan selama proses pembelajaran.
Dengan menerapkan prinsip berpusat pada peserta didik, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan berkembang secara optimal.
Mengembangkan karakter
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan, termasuk dalam RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Karakter yang baik akan menjadi bekal bagi peserta didik untuk menjalani kehidupan yang sukses dan bermakna.
-
Jujur dan Bertanggung Jawab
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan kejujuran dan tanggung jawab melalui berbagai kegiatan pembelajaran. Misalnya, peserta didik diajarkan untuk selalu berkata jujur, mengakui kesalahan, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.
-
Disiplin dan Kerja Keras
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka juga membekali peserta didik dengan nilai-nilai disiplin dan kerja keras. Peserta didik diajarkan untuk menghargai waktu, mengerjakan tugas dengan tekun, dan tidak mudah menyerah.
-
Toleransi dan Saling Menghargai
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka menanamkan nilai-nilai toleransi dan saling menghargai kepada peserta didik. Mereka diajarkan untuk menghormati perbedaan, menghargai pendapat orang lain, dan hidup berdampingan secara damai.
-
Peduli dan Berempati
Selain itu, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka juga mengembangkan rasa peduli dan empati pada peserta didik. Mereka diajarkan untuk peka terhadap perasaan orang lain, saling membantu, dan berkontribusi kepada masyarakat.
Dengan mengembangkan karakter peserta didik, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menyiapkan generasi muda yang memiliki nilai-nilai luhur, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.
Relevan dengan kehidupan
Dalam konteks RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka, relevansi dengan kehidupan sangat ditekankan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan hidup di masa depan.
-
Penerapan dalam Pembelajaran
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dirancang dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman dan pengetahuan peserta didik. Dengan demikian, peserta didik dapat memahami konsep-konsep baru dengan lebih baik dan melihat keterkaitannya dengan kehidupan nyata.
-
Pengembangan Keterampilan Hidup
Selain pengetahuan akademis, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka juga menekankan pengembangan keterampilan hidup, seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan komunikasi. Keterampilan ini sangat penting untuk kesuksesan peserta didik di masa depan.
-
Pembelajaran Kontekstual
Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Pendekatan ini mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dan peristiwa nyata, sehingga peserta didik dapat memahami konsep-konsep baru dengan lebih mudah dan bermakna.
-
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka juga mencakup Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek ini dirancang untuk mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang bermakna dan relevan dengan kehidupan nyata.
Dengan menekankan relevansi dengan kehidupan, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang berpengetahuan luas, terampil, dan memiliki karakter yang kuat, sehingga mereka siap menghadapi tantangan hidup di masa depan.
Berbasis proyek
Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang ditekankan dalam Kurikulum Merdeka dan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Pendekatan ini menekankan pada keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui pengerjaan projek-projek nyata yang bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka.
-
Fokus pada Pengembangan Kompetensi
Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan berbagai kompetensi, baik kompetensi akademik maupun non-akademik. Kompetensi akademik meliputi keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kreativitas, dan komunikasi. Sementara itu, kompetensi non-akademik meliputi keterampilan kolaborasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu.
-
Proses yang Inkuiri dan Kolaboratif
Dalam pembelajaran berbasis proyek, peserta didik terlibat dalam proses inkuiri dan kolaboratif. Mereka diajarkan untuk mengajukan pertanyaan, merancang eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta mempresentasikan hasil kerja mereka. Selain itu, peserta didik juga encouraged untuk bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
-
Produk Hasil Belajar yang Otentik
Pembelajaran berbasis proyek menghasilkan produk hasil belajar yang otentik dan bermakna bagi peserta didik. Produk tersebut dapat berupa karya seni, laporan penelitian, prototipe, atau solusi terhadap masalah nyata. Produk hasil belajar ini menjadi bukti nyata dari apa yang telah dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik.
-
Relevan dengan Kebutuhan dan Minat Peserta Didik
Projek-projek yang dikerjakan dalam pembelajaran berbasis proyek dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Guru encouraged untuk memilih topik-topik yang relevan dengan kehidupan nyata dan menarik bagi peserta didik, sehingga mereka dapat belajar secara bermakna dan termotivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran berbasis proyek dalam RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat mengembangkan kompetensi peserta didik, menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas, serta mempersiapkan mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Berbasis inkuiri
Pembelajaran berbasis inkuiri merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang ditekankan dalam RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Pendekatan ini menekankan pada keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan yang mendorong mereka untuk bertanya, menyelidiki, dan menemukan pengetahuan baru.
-
Fokus pada Pertanyaan dan Investigasi
Dalam pembelajaran berbasis inkuiri, peserta didik encouraged untuk mengajukan pertanyaan dan melakukan investigasi untuk menemukan jawabannya. Mereka diajarkan untuk merancang percobaan, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan berdasarkan bukti.
-
Pengembangan Keterampilan Berpikir
Pembelajaran berbasis inkuiri dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas. Mereka belajar untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, dan menghasilkan solusi secara mandiri.
-
Pembelajaran yang Mendalam
Melalui pembelajaran berbasis inkuiri, peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu topik. Mereka terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan membangun pengetahuan mereka sendiri melalui pengalaman langsung.
-
Relevan dengan Kehidupan Nyata
Topik-topik yang diangkat dalam pembelajaran berbasis inkuiri seringkali relevan dengan kehidupan nyata. Hal ini membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata.
Pembelajaran berbasis inkuiri dalam RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik, menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas, serta mempersiapkan mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menyenangkan
Dalam konteks RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka, “menyenangkan” merupakan aspek yang sangat penting. Pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, membuat proses belajar lebih bermakna, dan membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dirancang dengan memperhatikan prinsip pembelajaran yang menyenangkan. Guru encouraged untuk menggunakan berbagai metode dan kegiatan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Misalnya, guru dapat menggunakan permainan, simulasi, diskusi kelompok, atau pembelajaran berbasis proyek untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan.
Selain itu, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka juga memberikan fleksibilitas kepada guru untuk menyesuaikan materi dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Hal ini memungkinkan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan gaya belajar masing-masing peserta didik.
Dengan menerapkan prinsip pembelajaran yang menyenangkan, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan bermakna. Peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar, lebih mudah memahami konsep-konsep baru, dan lebih siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.
FAQ tentang RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka:
Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka?
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka adalah perangkat ajar yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas berdasarkan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia mulai tahun ajaran 2022/2023.
Pertanyaan 2: Apa perbedaan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dengan RPP sebelumnya?
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka memiliki beberapa perbedaan dengan RPP sebelumnya, di antaranya lebih fleksibel, berpusat pada peserta didik, dan mengedepankan pendekatan aktif.
Pertanyaan 3: Apa saja keunggulan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka?
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan, antara lain membantu guru dalam mengembangkan karakter peserta didik, mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di abad 21, dan mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Pertanyaan 4: Bagaimana cara menyusun RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka?
Penyusunan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP yang baik, seperti berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik, berbasis riset, dan mempertimbangkan karakteristik peserta didik.
Pertanyaan 5: Di mana guru dapat memperoleh contoh RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka?
Guru dapat memperoleh contoh RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dari berbagai sumber, seperti situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, portal Rumah Belajar, dan komunitas guru daring.
Pertanyaan 6: Adakah pelatihan khusus untuk menyusun RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka?
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan berbagai pelatihan untuk membantu guru dalam menyusun RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka, baik secara daring maupun luring.
Demikian beberapa FAQ tentang RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Jika masih ada pertanyaan, guru dapat berkonsultasi dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, atau narasumber yang berkompeten di bidangnya.
Dengan memahami dan menerapkan RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka secara efektif, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih berkualitas dan bermakna bagi peserta didik.
Tips Menyusun RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka merupakan perangkat ajar yang sangat penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu guru dalam menyusun RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka:
Tip 1: Pahami Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka
Sebelum menyusun RPP, guru perlu memahami prinsip-prinsip penyusunan RPP Kurikulum Merdeka, seperti berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik, berbasis riset, dan mempertimbangkan karakteristik peserta didik.
Tip 2: Lakukan Analisis Kurikulum
Analisis kurikulum sangat penting untuk mengidentifikasi kompetensi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Analisis kurikulum dapat dilakukan dengan mempelajari dokumen kurikulum, silabus, dan buku teks.
Tip 3: Tentukan Metode dan Media Pembelajaran yang Tepat
Pemilihan metode dan media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran berbasis proyek.
Tip 4: Siapkan Materi Pembelajaran yang Menarik dan Relevan
Materi pembelajaran yang menarik dan relevan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Guru dapat menggunakan berbagai sumber materi pembelajaran, seperti buku teks, jurnal, internet, dan lingkungan sekitar.
Tip 5: Perhatikan Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Guru perlu menentukan teknik penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik.
Tip 6: Kolaborasi dengan Rekan Sejawat
Kolaborasi dengan rekan sejawat dapat memberikan masukan yang bermanfaat dalam penyusunan RPP. Guru dapat berbagi ide, pengalaman, dan sumber belajar dengan rekan sejawat.
Tip 7: Evaluasi dan Perbaikan RPP
Evaluasi dan perbaikan RPP sangat penting untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi RPP setelah diterapkan dalam pembelajaran dan melakukan perbaikan sesuai kebutuhan.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, guru dapat menyusun RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka yang efektif dan bermakna, sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang optimal bagi peserta didik.
Kesimpulan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 Kurikulum Merdeka merupakan perangkat ajar yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. RPP ini memiliki beberapa keunggulan, seperti fleksibel, berpusat pada peserta didik, dan mengedepankan pendekatan aktif. Dengan menerapkan prinsip-prinsip penyusunan RPP Kurikulum Merdeka secara efektif, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi peserta didik.
RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan karakter peserta didik, mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di abad 21, dan mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dengan demikian, RPP Kelas 4 Kurikulum Merdeka dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.