Gambar Ikan Sepat

Ikan Sepat

Ikan Sepat – Ikan dengan nama latin Trichopodus trichopterus ini merupakan ikan yang berasal dari perairan Asia tenggara. Ikan ini banyak ditemukan di Indonesia dan merupakan ikan tawar konsumsi yang populer di masyarakat. Selain itu, banyak juga orang yang menjadikan ikan ini sebagai ikan hias karena keunikan dan keindahan tubuhnya.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ikan sepat, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Jenis-Jenis Ikan Sepat

 

Sepat Biru

 

Seperti namanya, ikan ini memiliki tubuh yang didominasi warna biru dengsn paduan warna putih perak dan hitam. ikan ini sangat cocok untuk menghias aquarium sobat sekalian. Harga ikan ini juga cukup murah dan terjangkau.

 

Sepat Madu

 

Jenis yang satu ini memiliki tubuh berwarna kuning terang yanh akan semakin cantik saat terkena cahaya. Ikan ini sangat ramah, jadi sobat dapat menggabungkannya dengan ikan hias lain. Harga ikan ini juga cukup terjangkau.

 

Sepat Padi

 

Sepat padi atau sepat ronggeng ini merupakan jenis yang banyak dikonsumsi, namun karena kecantikannya banyak orang menjadikannya sebagai penghias aquarium. Sobat dapat mencari ikan ini di sungai atau sekitar sawah, karena ikan ini masih tergolong liar dan sangat banyak hidup di habitat aslinya.

 

Sepat Siam

 

Sepat siam atau sepat rawa ini memiliki warna perak kusam dan agak kehitaman. Umumnya jenis ikan ini dijadikan sebagai ikan konsumsi dengan harga yang lumayan, namun ikan kecil yang dijadikan sebagai ikan hias harganya sangat terjangkau.

Baca Juga :  Ikan Black Ghost

 

Sepat Mutiara

 

Seperti namanya, ikan ini memiliki corak bintik berwarna hitam dan corak berbentuk bulatan berwarna cerah seperti mutiara. Jenis sepat ini banyak tersebar di perairan Sumatera dan Kalimantan. Meski hubungan ikan ini lebih dekat dengan sepat siam yang biasanya dikomsumsi, lebih banyak yang menjadikan sepat mutiara sebagai ikan hias karena warnanya jauh lebih cantik. Ikan ini juga memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis-jenis sebelumnya.

 

Daftar Harga Ikan Sepat

 

Jenis Ikan Sepat Harga
Sepat Biru Rp 3.000
Sepat Madu Rp 3.000
Sepat Padi Rp 2.000
Sepat Siam Rp 80.000
Sepat Mutiara Rp 10.000

 

Cara Memelihara Ikan Sepat

 

Sobat dapat memelihara ikan ini dengan mudah dan tanpa perawatan khusus. Ikan ini tenang dan tidak menyerang ikan lain, sehingga sobat dapat menggabungkannya dengan ikan hias lain.

 

Namun untuk mengantisipasi ikan menjadi agresif, sobat dapat menambah beberapa hiasan untuk tempat ikan berlindung. Untuk makanannya, sobat dapat memberikan pelet berukuran kecil atau makanan alami seperti cacing tanah, cacing darah, dan makanan kecil lainnya.

 

Sobat dapan membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.