Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 158 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 158 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 158 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB V. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Klasifikasi Makhluk Hidup.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 158 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

1.Tulislah urutan takson dari yang tertinggi sampai tingkatan terendah.

Jawaban

Urutan tingkatan takson mulai dari yang tertinggi ke tingkat yang terendah, yaitu kingdom (kerajaan) atau regnum (dunia), phylum (filum) atau divisio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (falimi/suku), genus (marga), species (spesies/ jenis).

Penjelasan

Urutan Tingkat Takson dari yang Tertinggi sampai Terendah

Tumbuhan

Kingdom Plantae: Divisi – Kelas – Ordo – Famili – Genus – Spesies

Hewan

Kingdon Animalia: Filum – Kelas – Ordo – Famili – Genus – Spesies

Di bawah ini merupakan penjelasan dari istilah-istilah di atas.

Kingdom: kerajaan

Divisi: divisi

Subdivisi: Subdivisi

Kelas: kelas

Baca Juga :  Kunci Jawaban Teks Prosedur dalam Novel Amelia

Ordo: bangsa

Famili: Suku

Genus: Marga

Spesies: Jenis

Untuk lebih memahami tingkatan takson pada makhluk hidup, dianjurkan untuk mempelajari contohnya juga. Berikut adalah contoh tingkatan takson pada tumbuhan dan hewan.

Contoh tingkatan takson pada tumbuhan:

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dikotil

Ordo : Malvales

Famili : Malvaceae

Genus : Gossypium

Spesies : Gossypium Herbaceum (kapas)

Contoh tingkatan takson pada hewan:

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Subfilum : Vertebrata

Kelas : Mamalia

Ordo : Carnivora

Famili : Felidae

Genus : Panthera

Spesies : Panthera tigris (harimau)

2. Jelaskan karakteristik khas dari kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.

Jawaban

Karakteritik khas Monera adalah prokariotik. Karakteristik khas Protista adalah eukariotik, uniseluler, tidak ada jaringan terdiferensiasi. Fungi memiliki karakteristik eukariotik, sel berupa hifa, berdinding sel dan heterotrof. Karakteristik Plantae adalah eukariotik, berdinding sel, multiseluler dan autotrof. Karakteristik Animalia adalah euakriotik, tidak berdidinding sel, heterotrof dan multiseluler.

3. Seorang siswa mengamati spesimen tumbuhan dari halaman sekolah. Karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut adalah memiliki bunga dan memiliki tulang daun yang sejajar. Bagaimanakah karakteristik lain yang dimiliki tumbuhan tersebut? Jelaskan alasan kalian

Jawaban

Karena memiliki bunga dan berdaun sejajar maka termasuk ke dalam Monokotil. Karakteristik lainnya adalah akar serabut, tidak berkambium, pembuluh tersebar, perhiasan bunga kelipatan 3 dan memiliki keping biji satu.

4. Meskipun banyak organisme yang sudah diidentifikasi, para ilmuwan percaya bahwa masih banyak organisme yang belum teridentifikasi di dunia ini. Berikut adalah tabel yang menunjukkan jumlah organisme yang sudah diidentifikasi dan perkiraan organisme yang belum diidentifikasi.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 158 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Mengenal Karakteristik Makhluk Hidup

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7
Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 137-138 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 138 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 144 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *