Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 144 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 144 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 144 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB V. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Klasifikasi Makhluk Hidup.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 142 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Apa tujuan mengklasifikasikan makhluk hidup?

Jawaban

– Untuk mengetahui apakah ada hubungan kekerabatan antara sesama makhluk hidup dan apakah ada evolusi dari kekerabatan yang ada.
– Tujuan berikutnya adalah untuk dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri tertentu.
– Mempermudah kamu untuk mempelajari serta membandingkan.
– Memahami tujuan dari klasifikasi adalah untuk membantu kamu mengetahui semua hal tentang karakteristik kunci klasifikasi makhluk hidup. Tidak hanya itu, kamu juga semakin paham karakteristik kunci klasifikasi yang baik.

Penjelasan

Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki. Tujuan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas TIK-K8-02 Eksplorasi Salin dan Tempel pada Aplikasi Perkantoran Halaman 59 Kurikulum Merdeka

Cara Mengklasifikasikan Makhluk Hidup

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya ciri-ciri kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri kehidupan antara lain bergerak, bernapas, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, memerlukan nutrisi, dan peka terhadap rangsang. Benda mati tidak memiliki ciri-ciri tersebut.

A. Ciri-ciri Makhluk Hidup

Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

– Bernafas

Setiap saat kamu bernapas, yaitu menghirup udara yang di antaranya mengandung oksigen (O2 ) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon dioksida (CO2 ) lebih besar dari yang dihirup. Kamu dapat merasakan kebutuhan 40 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kamu akan merasakan sesak sebagai tanda kekurangan oksigen.

– Memerlukan Makanan dan Minuman

Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.

– Bergerak

Kamu dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuhmu dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.

Tumbuh dan Berkembang

Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan massa tubuhmu sekarang dengan tinggi dan massa tubuhmu waktu masih kecil? Tentu saja tidak sama. Tinggi dan massa tubuhmu akan bertambah seiring pertambahan usia. Proses inilah yang disebut dengan tumbuh. Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.

Baca Juga :  5 Desa “Dikenal karena Menari”

– Berkembang Biak (Reproduksi)

Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi). Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu. Ayah dan ibumu masing-masing juga mempunyai orangtua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnya.

– Peka Terhadap Rangsang

Bagaimanakah reaksi kamu jika tiba-tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk ke mata? Tentu secara spontan kamu akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh itu menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut irritabilitas.

Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contohnya tumbuhan yang hidup di tempat kering (sedikit mengandung air) memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat basah (banyak mengandung air) memiliki daun lebar dan tipis.

B. Pengklasifikasian Makhluk Hidup

Pernahkah kamu ke pasar tradisional? Pernahkah kamu memerhatikan para pedagang mengelompokkan barang-barang dagangannya? Ada kelompok sayuran, dan ada kelompok buah-buahan. Adapula kelompok barang kebutuhan pokok, dan lainlain. Pernahkah kamu memerhatikan macam macam hewan di sekitarmu? Ada hewan piaraan, ada hewan ternak, dan ada hewan liar. Masih banyak lagi aneka ragam makhluk hidup yang ada di bumi yang beragam jenis sifat serta ciri-cirinya.

Makhluk hidup dikelompokkan dalam kelompok-kelompok berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki. Kelompok-kelompok tersebut dapat didasarkan pada ukuran besar hingga kecil dari segi jumlah anggota kelompoknya. Namun, kelompok-kelompok tersebut disusun berdasarkan persamaan dan perbedaan. Makin ke bawah persamaan yang dimiliki anggotanya di dalam tingkatan klasifikasi tersebut makin banyak dan memiliki perbedaan makin sedikit. Urutan kelompok ini disebut takson.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas JKI-K8-01 Konfigurasi Jaringan Komputer Halaman 99 Kurikulum Merdeka

2. Bagaimana karakateristik kunci klasifikasi yang baik?

Jawaban

Karakteristik kunci klasifikasi yang baik adalah didasarkan pada persamaan dan perbedaan yang dimiliki tiap jenis.

3. Menggunakan gambar kunci dikotomi apa nama kelas dari buaya?

Jawaban

Buaya masuk dalam kelas Reptilia

4. Buatlah kunci klasifikasi dikotomi atau format tabel untuk anak-anak berikut ini

Jawaban

Manusia/ anak-anakKlasifikasi
Berambut hitamJeremi, Gugun
Berambut pirangClara
Berambut lurusRima, Jeremi, Clara
Berambut kritingGugun
Tidak berkacamataRima, Jeremi, Gugun
BerkacamataClara
Berkulit hitamGugun
Berkulit putihRima, Jeremi, Clara
  
  

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 144 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Refleksi IPA Halaman 128 Kelas 7
Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 137-138 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 138 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *