Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 115 Kelas 7

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 115 Kelas 7

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 115 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Siswa Aktif” Muatan Pelajaran PPKn kelas VII BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Bekerja Sama dan Bergotong Royong.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban PPKn Halaman 115 Kelas 7

Siswa Aktif

Kalian tentu sudah mengenal semua teman di kelas kan? Ternyata tidak semuanya seberuntung kalian yang semua kebutuhannya bisa terpenuhi keluarga masing-masing. Ada juga kawan-kawan yang belum sepandai kalian. Coba bentuk kelompok terdiri atas 5 (lima) siswa, dan diskusikan siapa saja yang perlu dibantu? Mungkin ada yang perlu dibantu belajar mengejar ketertinggalannya dalam belajar di sekolah. Mungkin ada yang kesulitan pergi ke sekolah, siapa tahu ada yang punya sepeda rusak di rumah lalu diperbaiki bersama-sama untuk kemudian bisa diberikan padanya. Mungkin ada bagian rumahnya rusak dan bisa diperbaiki bersama dengan bergotong royong. Diskusikan dalam kelompok kecil masing-masing. Lalu wakil dari setiap kelompok berdiskusi bersama, membuat rencana gotong royong apa yang bisa membantu kawan tersebut. Tuliskan rencana gotong royong tersebut beserta pembagian tugas bagi setiap siswa.

Baca Juga :  Nilai Penting Norma dalam Masyarakat

1. Kerja sama apa yang sekarang tengah kalian lakukan, baik di keluarga maupun di sekolah? Tuliskan sejelas-jelasnya apa tujuan bersama dalam kerja sama itu, dan bagaimana usaha meraih hasil bersama tersebut?

Jawaban

Kerjasama yang sedang saya lakukan di sekolah adalah
– Saat melakukan kegiatan belajar mengajar, saya dan teman-teman harus bisa bekerja sama dengan guru yang mengajar. Kegiatan belajar mengajar memerlukan kerja sama, dengan tujuan yang sama yaitu murid mendapatkan ilmu.
– Saat menjalankan tugas piket kelas, teman-teman harus bekerja sama agar pekerjaan cepat selesai dan ruang kelas menjadi bersih. Bentuk kerja sama ini dilakukan dengan tujuan kelas menjadi bersih.


Kerjasama yang sedang saya lakukan di rumah adalah
– Membersihkan rumah harus dilakukan dengan kerja sama seluruh anggota keluarga. Teman-teman harus membantu kedua orang tua agar rumah mejadi bersih.
– Mengambil pakaian dengan rapi, juga termasuk bentuk kerja sama dengan orang tua. Kegiatan ini memiliki tujuan yang sama yaitu membuat lemari pakaian tetap rapi.

2. Apa saja bentuk gotong royong di daerah kalian masing-masing? Gotong royong apa yang pernah kalian ikuti? Bagaimana perasaan kalian saat mengikuti gotong royong itu?

Jawaban

Di Jawa Tengah bagian Selatan (Kebumen, Karanganyar), gotong royong disebut dengan “sambatan”. Istilah sambatan itu berasal dari kata sambat artinya “minta bantuan”.Sambatan adalah kegiatan gotong royong yang sering dilakukan di daerah-daerah pedesaan yang ada di berbagai wilayah di Jawa Tengah,Jawa Timur dan D.I.Yogyakarta. Sambatan sering dilaksanakan ketika ada warga yang akan membangun rumah. Kegiatan ini biasanya dikerjakan pada proses pendirian tiang penyangga genteng rumah atau biasa disebut dengan kuda-kuda. Kegiatan pendirian kayu penyangga/penopang genteng ini disebut dengan “ngedekne omah” dalam bahasa jawa.
Sambatan biasanya diikuti oleh seluruh warga yang berada dalam suatu area atau lingkungan tertentu. Biasanya orang yang diminta ikut sambatan adalah orang-orang yang masih dalam satu RT atau mungkin satu Dusun. Orang yang hadir pada waktu sambatan dimintai bantuan tenaga nya untuk mengangkat “kuda-kuda” yang biasanya diawali dengan genduri terlebih dahulu. Setiap orang yang mengikuti sambatan tidak mendapatkan bayaran sama sekali. Tenaga yang mereka keluarkan hanya akan dibalas dengan pemberian konsumsi atau makan bersama setelah kegiatan itu selesai.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar Halaman 206 207 Kurikulum Merdeka

Gotong royong apa yang pernah kalian ikuti?

Jawaban

Gotong royong yang pernah saya ikuti adalah sambatan atau membatu tetangga mendirikan rumah.

Bagaimana perasaan kalian saat mengikuti gotong royong itu?

Jawaban

Perasaan saat mengikuti kegiatan gotong royong adalah senang karena dilakukan secara bersama-sama dengan warga sekitar.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 115 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban

Baca Juga

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7
Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 118 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *