Jawaban Latihan 6.5 Matematika Halaman 165 Kelas 10

Jawaban Latihan 6.5 Matematika Halaman 165 Kelas 10

Jawaban Latihan 6.5 Matematika Halaman 165 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Latihan 6.5” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Fungsi Kuadrat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman165 Kelas 10

Latihan 6.5

1. Fungsi kuadrat dengan titik puncak (2,6) dan melalui titik (1,7). nyatakan fungsi kuadrat dalam ke tiga bentuk.

Jawaban

Titik puncak (2,6) maka bentuknya f (x) = a(x – 2)2 + 6
Melalui (1,7) maka 7 = a(1 – 2)2 + 6
f (x) = a(x – 2)2 + 6
7 = a(1 – 2)2 + 6
a = 1

Jadi f (x) = a(x – 2)2 + 6 atau f (x) = x2  – 4x + 10
Perhatikan grafiknya, fungsi ini tidak memotong sumbu x, jadi tidak dapat dinyatakan dalam bentuk f(x) = a(x – p)(x – q)

Baca Juga :  Jawaban Latihan 3.2 Soal No 2 Matematika Kelas 10 Halaman 70

2. Suatu bola dilemparkan dari ketinggian awal 4 m dan mencapai ketinggian maksimum 8 m setelah dua detik sejak dilempar. Nyatakan fungsi kuadrat dalam ke tiga bentuk.

Jawaban

Titik-titik yang dilalui (0,4) dan titik puncaknya (2,8)
a. Titik puncaknya f (x) = a(x – 2)2 + 8
b. melalui fungsinya (0,4) : 4 = a(4) + 8 maka a = -1

fungsinya f(x) = -(x – 2)2 + 8 atau f (x) = x2  + 4x + 4

Ayo Berpikir Kritis

3. Untuk setiap kasus di bawah ini tentukan apakah diskriminan fungsi kuadrat sama dengan nol, lebih kecil dari nol atau lebih besar dari nol.
a. Pendapatan dari penjualan sebagai fungsi dari jumlah barang.
b. Keuntungan sebagai fungsi dari jumlah barang.
c. Kualitas bunyi dari sound system sebagai fungsi dari amplitudo gelombang bunyi.
d. Efektivitas obat sebagai fungsi dari dosis obat.
e. Keselamatan pemakaian suatu bahan sebagai fungsi dari waktu pemakaian.

Jawaban

a. D > 0
b. D > 0
c. D > 0
d. D > 0
e. D > 0

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Latihan 6.5 Matematika Halaman165 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Ayo Berpikir Kritis Matematika Halaman 158 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.3 Matematika Halaman 159-160 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.4 Matematika Halaman 160 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.7 Matematika Halaman 161 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.8 Matematika Halaman 163-164 Kelas 10

Baca Juga :  Jawaban Eksplorasi 6.2 Matematika Halaman 148 Kelas 10