Jawaban Latihan 6.3 Matematika Halaman 159-160 Kelas 10

Jawaban Latihan 6.3 Matematika Halaman 159-160 Kelas 10

Jawaban Latihan 6.3 Matematika Halaman 159-160 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Latihan 6.3” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Fungsi Kuadrat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman 159-160 Kelas 10

Latihan 6.3

1. Tentukan berapa banyaknya titik potong dari fungsi kuadrat berikut
a. f (x) = 3x2 + 4x + 1
b. f (x) = -4x2 + 4x + 5
c. f (x) = -3x2  + 4x + 1
d. f (x) = 4x2  + 4x + 5
e. f (x) = x2  + 2x = 1
f. f (x) = -2x2  + 3x + 5
g. f (x) = -3x2  + 8x – 1
h. f (x) = 4x2  + 11x – 7

Jawaban

a. dua
b. dua
c. dua
d. Tidak ada
e. satu
f. dua
g. dua
h. dua

2. Tentukan koordinat titik puncak, sumbu simetri, koordinat titik potong dengan sumbu y, dan banyak titik potong dari grafik fungsi-fungsi kuadrat di bawah ini.

Apakah hubungan antara titik puncak dengan grafik terbuka ke atas atau ke bawah?

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar Halaman 206 207 Kurikulum Merdeka

Jawaban

GambarTitik PuncakSumbu simetriTitik potong dengan sumbu -yTitik potong dengan sumbu -x
Pertama(1,4)X = 1(0,3)Dua
Kedua(0,2)X = 0(0,2)Nol
Ketiga(0,0)X = 0(0,0)Satu

a. Titik maksimum terjadi jika grafik terbuka ke bawah
b. Titik minimum terjadi jika grafik terbuka ke atas.

3. Perhatikan tabel di bawah ini, yang menunjukkan jarak tempuh suatu mobil sebagai fungsi dari waktu

Waktu (detik)0123456
Jarak (m)813161716138

a. Berapa jarak maksimum yang ditempuh?
b. Berapa koordinat titik maksimum?
c. Tentukan persamaan garis sumbu simetri

Jawaban

a. Jarak maksimum adalah 17 m.
b. Koordinat titik maksimum (3,17).
c. Sumbu simetri x = 3
.

4. Perhatikan tabel di bawah ini, yang menunjukkan biaya produksi sebagai fungsi dari jumlah barang

Biaya produksi050040050080013006
Jumlah010203040508

a. Berapa biaya minimum?
b. Berapa koordinat titik minimum?
c. Tentukan persamaan garis sumbu simetri.

Jawaban

a. Biaya minimum adalah 400.
b. Koordinat titik minimum adalah (20,400).
c. Sumbu simetri x = 20

Ayo Berpikir Kritis

5. Untuk setiap kasus di bawah ini tentukan apakah grafik fungsi kuadrat terbuka ke atas atau ke bawah.
a. Biaya produksi sebagai fungsi dari jumlah barang.
b. Keuntungan sebagai fungsi dari jumlah barang.
c. Kualitas bunyi dari sound system sebagai fungsi dari amplitudo gelombang bunyi.
d. Efektivitas obat sebagai fungsi dari dosis obat.
e. Keselamatan pemakaian suatu bahan sebagai fungsi dari waktu pemakaian.

Jawaban

a. Biaya minimum maka grafik terbuka ke atas.
b. Keuntungan maksimum maka grafik terbuka ke bawah.
c. Kualitas bunyi maksimum maka grafik terbuka ke bawah.
d. Efektivitas maksimum maka grafik terbuka ke bawah.
e. Keselamatan maksimum maka grafik terbuka ke bawah.

Baca Juga :  Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Latihan 6.3 Matematika Halaman 159-160 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Latihan 6.1 Matematika Halaman 153 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.2 Matematika Halaman 154-155 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.5 Matematika Halaman 155-156 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.6 Matematika Halaman 157-158 Kelas 10
Jawaban Ayo Berpikir Kritis Matematika Halaman 158 Kelas 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *