Jawaban Ayo Diskusi IPA Halaman 56 Kelas 7

Jawaban Ayo Diskusi IPA Halaman 56 Kelas 7

Jawaban Ayo Diskusi IPA Halaman 56 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Wujud Zat dan Model Partikel” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB II Semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Zat dan Perubahannya

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 56 Kelas 7

Ayo Diskusi Aktivitas 2.5

Secara berpasangan diskusikanlah apa yang terjadi pada partikel-partikel zat cair ketika dipanaskan sehingga dapat berubah menjadi gas. Jelaskan pula mengapa gas mengembun dan apa yang terjadi pada pergerakan partikel saat gas mengembun. Kemudian ikuti petunjuk guru kalian untuk diskusi kelas tentang hal ini. Kalian dapat menggunakan gambar seperti Gambar 2.11 dalam penjelasan kalian

Jawaban

Bila zat cair dipanaskan, mengakibatkan partikel-partikel zat cair bergerak cepat dan gaya tarik antarpartikel menjadi lemah. Akibatnya partikel-partikel dapat berpindah tempat menyebabkan wujud zat berubah dari cair menjadi gas.
Penjelasan
Perubahan wujud benda adalah salah satu bentuk terjadinya gejala perubahan pada suatu benda menjadi berbeda wujud dari sebelumnya, baik ukuran, bentuk, warna, dan aroma atau bau nya yang berubah. Proses perubahan bentuk ini dapat terjadi dengan berbagai cara dan beberapa prosesnya dapat dilihat dengan mata telanjang manusia. Wujud benda dapat berupa cair. Gas, atau padat yang memiliki molekul gerak translasi atau gerak pindah tempat dan gerak vibrasi atau bisa saja bergerak di tempat.
Pada soal diatas, air yang dipanaskan dalam panci lama- kelamaan akan memunculkan gelembung-gelembung pada airnya. Ketika gelembung mulai bermunculan maka air akan naik ke permukaan dan dilepaskan ke udara berupa uap air yang dikenal dengan peristiwa mendidih.
Sedangkan, ketika air berubah menjadi uap air dan jadi gas maka dikenal dengan proses penguapan. Proses penguapan bisa terjadi ketika air berada di bawah titik didih dari zat cair. Penguapan terjadi pada permukaan zat cair sedangkan peristiwa mendidih terjadi di semua bagian zat cair.
Sebaliknya, ketika terjadi proses kondensasi, panas dari gas yang terbentuk akibat proses pemanasan akan berpindah ke udara yang ada di sekitarnya.
Karena energi panas mulai hilang, gas berubah jadi zat cair yang contohnya bisa kamu lihat pada kemasan pembungkus makanan yang digunakan untuk menyimpan makanan panas menjadi berembun.
Perubahan Wujud Zat Berdasarkan Teori Partikel
Pada waktu zat padat dipanaskan, maka menyebabkan partikel-partikel zat padat bergerak lebih cepat dan gaya tarik antarpartikel menjadi lemah. Sebagai akibatnya adalah partikel-partikel bisa berpindah tempat, hal ini menyebabkan wujud zat berubah dari padat menjadi cair. Jika zat cair dipanaskan, maka akan menyebabkan partikel-partikel zat cair akan bergerak secara cepat dan gaya tarik antarpartikel akan menjadi lemah. Hal ini menyebabkan partikel-partikel bisa berpindah tempat sehingga menyebabkan wujud dari zat berubah dari cair menjadi gas.

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1 halaman 86

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Diskusi IPA Halaman 56 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 53 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 dan 3 IPA Halaman 53 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 4 dan 5 IPA Halaman 53 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *