Kunci Jawaban Titik Leleh dan Titik Didih
Kunci Jawaban Titik Leleh dan Titik Didih

Kunci Jawaban Titik Leleh dan Titik Didih

Berikut.id – Kunci Jawaban Titik Leleh dan Titik Didih. Teman, kita sudah mempelajari tentang titik leleh dan titik didih materi/zat. untuk memperdalam pengetahuan kalian, mari jawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini!

 

Titik Leleh dan Titik Didih Beberapa Materi pada Tekanan Normal.

Kunci Jawaban Titik Leleh dan Titik Didih

 

Kunci Jawaban Titik Leleh dan Titik Didih

Dengan menggunakan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Besi adalah zat padat yang keras, sulit untuk dibengkokkan. Kalian mungkin pernah melihat tukang las menyambungkan besi atau membengkokkannya. Untuk itu ia harus mengubah besi menjadi zat cair dulu. Sampai dengan suhu berapakah besi harus dipanaskan agar dapat meleleh?

Jawaban:

Materi (zat) adalah segala sesuatu yang ada di dunia ini yang dapat menempati ruang dan memiliki massa tertentu. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa:

a. Besi harus dipanaskan agar dapat meleleh pada suhu 1.000-10.000°C tergantung pada ketebalan besi.

b. Wujud air pada 15°C berwujud semi beku, 85°C berwujud mendidih, dan 120°C berwujud uap/gas.

c. Wujud alumunium pada suhu 400°C dan pada 700°C adalah cair.

d. Materi yang membutuhkan suhu yang paling tinggi untuk berubah dari padatan menjadi cairan adalah permata dengan titik leleh 3.350°C.

e. Apabila suhu terus didinginkan, urutan materi dari yang paling dahulu membeku adalah nitrogen, oksigen, dan air karena titik beku nitrogen paling kecil dan titik beku air paling besar diantara ketiga materi tersebut.

 

2. Apakah wujud air pada 15°C, pada 85°C dan pada 120°C?

Jawaban:

Air pada suhu 15°C berwujud cair. Pada suhu 85°C, air berwujud cair. Pada suhu 120°C air melewati titik didihnya sehingga air akan mendidih dan berubah wujud menjadi gas atau uap (H₂O (g)).

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Majas Sarkasme dalam Cerita “Kue-Kue Mao”

3. Alumunium biasanya kita jumpai dalam wujud padat pada suhu ruangan. Apakah wujudnya pada suhu 400°C dan pada 700°C?

Jawaban:

Wujudnya akan menjadi mencair karena suhunya terlalu panas jika suhunya di bawah 50°C maka masih menjadi benda padat. Aluminium merupakan logam yang beratnya ringan dengan berat jenis yakni 2.7 gram/cm3 setelah Magnesium (1.7 gram/cm3) serta Berilium (1.85 gram/cm3) atau sekitar 1/3 dari berat jenis besi ataupun tembaga.

 

4. Di antara materi-materi di dalam tebel manakah yang membutuhkan suhu yang paling tinggi untuk berubah dari padatan menjadi cairan?

Jawaban:

Materi yang membutuhkan suhu yang paling tinggi untuk berubah dari padatan menjadi cairan adalah permata dengan titik leleh 3.350°C.

 

5. Apabila suhu terus didinginkan, tuliskan urutan materi berikut: air, nitrogen atau oksigen, dari yang paling dahulu membeku. Mengapa demikian?

Jawaban:

Apabila suhu terus didinginkan, urutan materi berikut: air, nitrogen, dan oksigen yang paling dahulu membeku antara lain nitrogen, oksigen, dan air karena dari ketiga materi tersebut nitrogen merupakan materi yang memiliki titik beku yang paling rendah kemudian oksigen dan yang terakhir adalah air.

 

Nah teman, itulah kunci jawaban tentang materi titik leleh dan titik didih yang sudah kita pelajari.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *