Gambar Ikan Corydoras

Ikan Corydoras

Ikan Corydoras – selain memiliki warna yang cantik, ikan hias yang satu ini memiliki sifat pemalu yang membuat banyak orang menyukainya. Ikan ini memiliki banyak nama, seperti ikan lele hias, cory catfish, cory fish, cory cat, dan ikan lele lapis baja. Banyak orang menjadikan ikan ini sebagai penghias aquascape karena ukurannya yang mungil dan warnanya yang cantik.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ikan corydoras, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Mengenal Ikan Corydoras

 

Ikan hias ini merupakan genus paling besar dari ikan neo-tropis, dengsn lebih dari 142 spesies ikan neo-tropis lainnya. Habitat ikan ini adalah di sungai kecil dan rawa-rawa, biasanya ia hidup di sungai dangkal yang sangat bersih. Ikan ini biasa ditemukan di sela-sela tanaman yang rimbun di pinggiran sungai.

 

Ikan ini dapat hidup di berbagai jenis air, namun ikan ini lebih suka hidup di air yang lembut, netral dan sedikit asam atau basa. Meski ikan ini tergolong ikan predator, ikan ini tidak memakan bangkai ikan dan hanya mengkonsumsi larva serangga dan cacing. Cara makan ikan ini juga unik karena mulut ikan ini berada di bawah, saat makan ia akan menyedot makanannya.

 

Karakteristik

 

Corydoras ini merupakan ikan yang sangat tenang dan jarang bergerak. Ikan ini lebih gemar diam di dasar aquarium dan hanya sesekali saja berenang ke permukaan. Meski tenang, ikan ini memiliki sifat penasaran yang tinggi sehingga ia bergerak kesana kemari mencari makanan di setiap sisi aquarium. Ikan ini hanya dapat tumbuh 2,5-6 cm saja.

Baca Juga :  Harga Ikan Patin

 

Kenapa Harus Memelihara Ikan Corydoras

 

Karakteristik ikan corydoras yang gemar memakan apa saja di dasar aquarium membuat ikan ini dapat menjaga kebersihan aquarium. Sifatnya seperti ikan sapu-sapu, ia dapat menjaga kebersihan aquarium dengan baik dan menghindari menumpuknya sisa makanan di dasar aquarium. Banyak orang menggabungkan ikan ini dengan ikan hias lain, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan aquarium.

 

Cara Merawat Ikan Corydoras

 

Merawat ikan yang satu ini sangat mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus, bahkan ikan ini bisa memakan sisa makanan ikan lain. Sobat juga dapat menambahkan kerikil kecil atau pasir dan tanaman air ke dalam aquarium, agar aquarium terlihat seperti habitat aslinya. Pemberian tanaman yang rimbun juga dapat menjadi tempat tinggal ikan.

 

Makanan Ikan Corydoras

 

Seperti yang diterangkan di atas, ikan gemar memakan sisa makanan dan kotoran di dasar aquarium. Setiap harinya ikan ini akan berburu makanan dengan cara mengitari seluruh aquarium. Meski begitu, sobat juga dapat memberinya pelet karena terkadang ikan ini juga berenang ke permukaan.

 

Usia Ikan Corydoras

 

Ikan ini memiliki umur yang cukup panjang, yakni sampai 5 tahun atau lebih. Tentunya hal ini harus ditunjang dengan perawatan yang baik dan ekosistem yang terjaga. Karena jika lingkungannya tidak sesuai, ikan akan stres dan berujung pada kematian.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.