Jawaban Post Test Modul 4 Merdeka Belajar – Halo bapak ibu guru hebat di seluruh Indonesia, salam sehat dan bahagia selalu. Kali ini kita akan membahas tentang post test pada Modul 4 Merdeka Belajar.
Sangat baik dan lebih bijak lagi sebelum bapak ibu guru mengerjakan post testnya, bapak ibu guru telah membaca dan memahami Modul 4, agar dapat mengerjakan post testnya secara mandiri.
Jika bapak ibu guru mengalami kesulitan dalam mengerjakan post test, bapak ibu guru dapat bekerjasama dengan rekan seprofesi. Jika mengerjakan secara mandiri dapat menambah wawasan dan ilmu bagi bapak ibu guru semuanya serta dapat mengetahui sejauh mana kemampuan bapak ibu guru dalam menguasai materi pada Modul 4.
Kami telah menyediakan jawaban post test pada Modul 4. Jawaban berikut dapat digunakan bapak ibu guru sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan secara mandiri maupun berkelompok.
Mari kita simak bersama penjelasan jawaban alternatif sebagai tambahan referensi bapak ibu saat mencari bahan referensi.
Perhatikan dan pahami secara seksama, supaya bapak ibu bisa mengerjakan soal demi soal yang ada dalam post test Modul 4 kali ini.
Jawaban Modul 4
Merdeka Belajar
1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
Jawaban
D. Pengetahuan *
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.
B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.
C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut.
D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya
Jawaban
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga. *
3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali…
A. jiwa
B. cipta
C. karsa
D. rasa
Jawaban
A. jiwa *
4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan…yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. bagian jasmani
B. bagian biologis
C. bagian intelligible
D. bagian keterampilan
Jawaban
B. bagian biologis *
5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika…
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan *
C. memiliki bakat tertentu
D. Ada kemauan
Jawaban
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan *
6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah…
A. Sekolah
B. Keluarga
C. Sahabat
D. Taman Kanak-Kanak
Jawaban
B. Keluarga *
7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan…
A. Kognitif
B. Afektif
C. Psikomotorik
D. Budi Pekerti
Jawaban
C. Psikomotorik *
8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
B. Mengendalikan budi pekerti murid
C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
Jawaban
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya *
9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu…
A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’
Jawaban
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’ *
10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu…
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak – watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak – watak tidak baik murid
Jawaban
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis *
11.Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori…
A. Hereditas
B. Negatif
C. Komplementer
D. Tabularasa
Jawaban
D. Tabularasa *
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. Biologis dan intelligible *
B. Biologis dan fisiologis
C. Intelligible dan fisiologis
D. Tabularasa dan biologis
Jawaban
A. Biologis dan intelligible *
Penutup
Demikianlah Jawaban Post Test Modul 4 Merdeka Belajar. Semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat membantu bapak ibu guru dan dapat diguankan sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan. Pastikan untuk selalu membaca modulnya terlebih dahulu sebelum mengerjakan post testnya secara mandiri maupun bekerjasama dengan guru yang lainnya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
Kunci Jawaban Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/ Paket A
Kunci Jawaban Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD
Jawaban Post Test Modul 1 Merdeka Belajar
Jawaban Post Test Modul 2 Merdeka Belajar
Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar