menstruasi
menstruasi

Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Menstruasi)

Berikut.id – Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Menstruasi). Teman sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang tanda usia balig pada anak laki-laki yaitu mimpi basah. Kali ini kita akan mempelajari tentang tanda usia balig bagi perempuan yaitu haid (menstruasi).

Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Menstruasi)

Haid (Menstruasi) bagi Anak Perempuan

 

menstruasi

Bacalah kisah berikut!

Pada suatu pagi, Aisyah merasa lemas saat bangun tidur. Kepala Aisyah pusing. Badannya juga panas. Aisyah pun pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil dan berwudu. Tiba-tiba, Aisyah kaget saat melihat ada bercak darah di celananya. Aisyah tidak jadi ke kamar mandi.

 

“Aisyah, kok belum siap-siap? Ayo, ibu sudah menunggu kita untuk salat berjemaah!” Tegur kak Faizah yang sudah mengenakan mukena. “ kak, Aisyah sudah keluar darah…” kata Aisyah malu-malu. Kak Faizah mengerti maksud Aisyah.

 

Dia langsung pergi ke kamar kak Faizah. Kak Faizah segera melepas mukenanya. Dia mengambil sesuatu dari dalam lemari. Lalu, kak Faizah mengajak Aisyah ke kamar mandi. Tak lama kemudian, merekapun keluar dari kamar mandi.

 

Aisyah ingin berwudu. Ia mau salat subuh berjamaah. Akan tetapi, kak Faizah berkata “Aisyah tidak usah salat dulu, ya. Aisyah lebih baik beristirahat lagi di kamar.” Aisyah pun mengikuti saran kak Faizah. Dia kembali ke kamarnya.

 

Setelah subuh, ibu masuk ke kamar Aisyah. Ibu membawakan susu hangat dan roti. “Aisyah makan roti dan minum susu dulu supaya tidak lemas. Ibu menyuapi Aisyah sambil berkata, “Aisyah sedang mengalami apa yang disebut HAID, MENS, atau MENSTRUASI. Aisyah jangan takut. Haid itu sudah biasa terjadi pada anak perempuan seumur kamu.”

Baca Juga :  Kunci Jawaban Terjemah Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

 

“Oh, iya, tadi Aisyah lihat darah haidnya berwarna apa?” tanya Ibu. Darahnya berwarna merah terang.” Jawab Aisyah. “Nah, warna merah terang biasanya terlihat pada hari pertama dan kedua saja. Darah yang keluar di awal menstruasi biasanya berwarna terang dan keluar cukup banyak. Darah itu akan berubah warna menjadi kecokelatan atau gelap pada hari-hari terakhir menstruasi.” Kata Ibu.

 

“Oh begitu ya, Bu. Hmmm … darah menstruasi yang baru keluar itu memang agak berlendir dan bau, ya, Bu? Tanya Aisyah. “iya, itu sudah biasa, Aisyah. Makanya, darah haid itu harus rajin dibersihkan.” Nasihat Ibu.

 

“Kenapa bagian bawah perut Aisyah seperti kembung dan sakit, ya?” punggung Aisyah juga kram.” Tanya Aisyah. “Aisyah, sakit seperti itu sudah biasa terjadi di awal masa haid. Nanti juga hilang sendiri kok. Kamu hanya perlu istirahat supaya sehat Kembali.” Kata Ibu.

Sumber: Nizar Sa’ad Jabal, Lc., M.Pd dan Mu’ammar Abdullah at-Tamimi, Lc., AKU SUDAH BALIGH, Qids

 

Bagaimana perasaan kalian setelah membaca cerita tersebut? Kemukakan di depan teman-temanmu secara bergantian!
Dari cerita di atas, kalian tahu bahwa kodrat anak perempuan akan mengalami seperti yang dialami Aisyah yaitu datangnya haid atau menstruasi. Datangnya haid menandakan bahwa kalian telah balig.

 

Datangnya awal haid sebagai tanda balig tidak bisa dipastikan. Di usia berapa kalian akan mengalaminya. Bisa jadi ia datang ketika kalian kelas IV, V atau kelas VI. Untuk itu bersiaplah menyambutnya dengan ilmu dan mental yang kuat.

 

Buatlah kesimpulan tentang pengertian haid!

Haid ialah darah yang keluar dari rahim perempuan setelah usia balig dengan cara yang normal pada waktu tertentu tanpa ada sebab-sebab tertentu.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Sifat dan Difusi Zat

Nah teman, itulah tanda usia balig bagi anak perempuan yaitu haid (menstruasi). Kalian sebagai anak perempuan harus siap untuk menghadapi usia balig.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.