Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Mimpi Basah)
Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Mimpi Basah)

Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Mimpi Basah)

Berikut.id – Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Mimpi Basah). Teman berapa usai kalian saat ini?

Apakah kalian merasakan adanya perubahan yang terjadi pada diri kalian?

Perubahan pasti akan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan fisik dan psikis.

Ayo amati gambar berikut!

Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Mimpi Basah)

Setelah mengamati gambar di atas, apa kesimpulan kalian terhadap gambar tersebut? Ayo kemukakan kepada teman-temanmu!

Berapa umur kalian? Coba hitung berdasar tanggal lahir! Bagaimana perubahan tubuh kalian sejak kelas 1 sampai kelas 4? Apakah masih anak-anak atau sudah dewasa?

Tentunya kalian mengalami perubahan pada badan dan mental sesuai perkembangan usia. Nah, kita akan belajar tentang tahap perkembangan usia yang sangat penting, sebab berhubungan dengan kewajiban menjalankan syariat agama yaitu usia balig atau dewasa.

Secara bahasa balig berarti sampai. Menurut istilah balig ialah kedewasaan bagi seorang (muslim). Bagi laki-laki, ditandai dengan antara lain, keluar mani (mimpi basah) dan bagi perempuan ditandai dengan keluar haid.

Kita akan belajar tentang tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu fikih dan Ilmu biologi. Pandangan ilmu fikih merupakan hasil kajian para ulama fikih sedangkan Ilmu biologi adalah hasil penelitian para ilmuwan yang menekuni biologi. Kedua pandangan Ilmu ini saling melengkapi dan keduanya bersumber dari Ilmu Allah Swt.

 

Tanda-Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih

Perhatikan gambar berikut!

Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih (Mimpi Basah)

Apakah kalian telah mengetahui tanda-tanda balig menurut fikih? Apakah ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan? Fikih ialah Ilmu tentang hukum Islam.

Fikih membahas tentang tata aturan ibadah baik yang berhubungan dengan Allah Swt. atau yang berhubungan dengan sesama manusia. Di antara bahasannya adalah tentang tanda-tanda balig.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AD-K7-01 Mari Memahami Perkakas Halaman 156 Kurikulum Merdeka

Tanda-tanda balig terjadi pada anak laki-laki dan perempuan. Ada juga yang khusus terjadi pada perempuan saja.

Mimpi Basah

Bacalah kisah berikut!

Tengah malam, Ahmad tiba-tiba terbangun karena celananya basah. Ahmad melihat jam dinding yang menunjukkan pukul 02.00 pagi. Gerakan Ahmad membuat Lukman terbangun. “Ahmad, kamu kok sudah bangun? Sekarang kan masih jam 02.00 pagi?” Kata Lukman.

“Hmmmmm, Aku nggak sengaja kencing, he he”. Kata Ahmad dengan wajah malu-malu. “Wah, sudah besar, kok masih ngompol? Canda Lukman kepada Ahmad.

Setelah mengambil celana pengganti di lemari dan hendak pergi ke kamar mandi, tiba-tiba Lukman mencegat Ahmad. Tunggu, Ahmad, air kencingnya kok sedikit? Kenapa cuma terkena celana, tidak tercecer di tempat tidur?” tanya Lukman. Iya nih, enggak tahu juga aku, “ jawab Ahmad singkat sambil berlari ke kamar mandi. Tak lama kemudian, Ahmad sudah kembali dari kamar mandi dengan celana yang baru dan bersih.

“Ahmad, apa kamu merasakan sesuatu yang aneh waktu mengompol tadi?” selidik Lukman. “Aneh? Nggak tuh, tapi aku tadi sempat bermimpi sebelum akhirnya terbangun,” jawab Ahmad. “Mimpi? Mimpi apa?,” tanya Lukman kepada Ahmad. “Aku sudah lupa mimpinya. Yang jelas waktu mengompol tadi, rasanya berbeda dari kencing biasa,” jawab Ahmad. “Hmmm nggak salah lagi, kamu tuh bukan ngompol, tapi baru saja mimpi basah.”

Sumber: Nizar Sa’ad Jabal, Lc., M.Pd dan Mu’ammar Abdullah at-Tamimi, Lc., AKU SUDAH BALIGH, Qids

 

Bagaimana cerita di atas anak-anak, menarik bukan? Dulu kalian mungkin bertanya-tanya ketika mendengar kata “mimpi basah” dengan cerita di atas kalian akhirnya tahu. Suatu saat kalian akan mengalami seperti yang dialami Ahmad. Biasanya terjadi ketika usia kalian 9 tahun atau lebih. Apabila mimpi basah itu terjadi maka kalian bukan anak-anak lagi tapi tergolong balig (dewasa). Mimpi basah juga dapat terjadi pada anak perempuan. Anak yang mimpi basah sedang berhadas besar dan disebut junub. Agar suci dari hadas besar, maka dia harus mandi wajib. Tahukah kalian nama air yang keluar waktu mimpi basah? Namanya air mani atau sperma.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Hijrah Rasulullah saw ke Madinah

Buatlah kesimpulan tentang pengertian mimpi basah!

Mimpi basah ialah mimpi yang berisi kegiatan seksual dan menyebabkan keluarnya air mani.

 

Nah teman, sudahkah kalian mengalami mimpi basah?

Semoga dengan bacaan diatas menambah pengetahuan kalian mengenai tanda usia balig menurut ilmu fikih tentang mimpi basah ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.