Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2 halaman 56

berikut.id – Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2 halaman 56. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 8 , teman-teman akan mendapatkan materi tentang sistem koordinat.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal matematika ayo kita berlatih 2.2 yang teman-teman dapatkan di kelas 8. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 halaman 56.

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2 halaman 56

Ayo Kita Berlatih 2.2

1. Gambar berikut menunjukkan aliran sungai yang melewati beberapa titik dalam bidang koordinat.

a. Coba sebutkan 5 koordinat titik-titik yang dilalui oleh aliran sungai tersebut.
b. Sebutkan titik-titik yang dilewati aliran sungai yang berada pada kuadran I, kuadran II, kuadran III, dan kuadran IV
c. Sebutkan koordinat titik A, B, C, dan D terhadap titik G.
d. Sebutkan koordinat titik E, F, G, dan H terhadap titik J.

Jawaban :


2. Diketahui titik P(4, −5) serta titik Q(3, 2), R(4, 7), S(−5, 4), dan T(−3, −6). Tentukan koordinat titik Q, R, S, dan T terhadap titik P.

Jawaban :


3. Perhatikan gambar berikut 

a. Tuliskan koordinat titik tersebut secara berurut dari titik 1 sampai dengan titik 7.
b. Tentukan aturan untuk mendapatkan koordinat titik berikutnya.
c. Tentukan koordinat ke-20 tanpa menghitung satu per satu tetapi menggunakan aturan nomor b.

Jawaban :


4. Dalam sistem koordinat seekor lalat bergerak dari titik (0, 0) mengikuti pola: 1 satuan ke atas dan 1 satuan ke kiri, 1 satuan ke bawah dan 1 satuan ke kanan, 1 satuan ke atas dan 1 satuan ke kiri, 1 satuan ke bawah dan 1 satuan ke kanan, … , … , … , ….

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 22 Semester 2 Bagian 2

Tentukan koordinat lalat setelah bergerak:

a. 10 kali c. 30 kali
b. 20 kali d. 50 kali

Jawaban :

(0,0) Jika menggunakan pola hasil akhirnya adalah (-1,1).

Dari pola tersebut maka didapat hasil akhir (-n,n).

a) 10 kali = (-10,10)
b) 20 kali = (-20,20)
c) 30 kali = (-30,30)
d) 50 kali = (-50,50)

Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2 halaman 56

5. Gambarlah 4 titik A, B, C, dan D yang berjarak sama terhadap sumbu-X dan sumbu-Y.

Jawaban :

6. Gambarlah 4 titik P, Q, R, dan S yang jaraknya terhadap sumbu-X dua kali jarak terhadap sumbu-Y.

Jawaban :

7. Berapa banyak titik yang berjarak 3 satuan dari sumbu-X dan 5 satuan dari sumbu-Y?

Jawaban :

Banyak titik yang berjarak 3 satuan dari sumbu-X dan 5 satuan dari sumbu-Y ada 4 yaitu :

A(5, 3), B(–5, 3), C(–5, –3), dan D(5, –3).

8. Diketahui koordinat titik-titik A(2, 3), B(6, 3), C(6, 5), dan D(2, 5).

a. Jika keempat titik tersebut kita hubungkan, bangun apakah yang terbentuk?
b. Diketahui koordinat titik E(8, 3), F(12, 3), dan G(12, 5). Tentukan koordinat titik H, sehingga jika keempat titik tersebut dihubungkan akan membentuk persegi panjang.

Jawaban :

a) Bangung datar yang terbentuk adalah Persegi Panjang
b) Agar keempat titik tersebut membentuk persegi panjang, maka koordinat Titik H adalah (8,5)

9. Diketahui K(2, 0), L(4, −4), M (6, 0). Tentukan titik N, sehingga jika keempat titik tersebut kita hubungkan akan membentuk belahketupat.

Jawaban :
Agar keempat titik tersebut membentuk belah ketupat , maka koordinat Titik N adalah (4,4)

10. Bagaimana cara menggambar :

a. empat titik yang berjarak sama dengan titik A(3, −2)?
b. titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap titik P(1, −7) dan Q(6, −2)?

Baca Juga :  Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9 Nomor 11-15

Jawaban :

a) B(5, -2), C(3, 0), D(3, -4), dan E(1, -2).
b) A(2, -3), B(-1, 0), C(0, -1), dan D(-2, 1).

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *