Informatika Kelas 7

Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-05 Synthesizer dengan Media Air Halaman 258 259 260 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-05 Synthesizer dengan Media Air Halaman 258 259 260 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-05 Synthesizer dengan Media Air Halaman 258 259 260 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas PLB-K7-05: Synthesizer dengan Media Air

 

Aktivitas ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Proyek yang dilakukan adalah pengembangan artefak komputasional untuk menciptakan synthesizer sederhana.

 

Apa yang Kalian pelukan?

 

  1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  2. Kabel dan klip buaya
  3. Komputer PC atau laptop yang sudah terinstall sistem operasi dan peramban
  4. Papan (board) Makey Makey
  5. Gelas, air, dan pewarna makanan
  6. Bahasa pemrograman Block/Visual Scratch

 

Apa yang Kalian Persiapkan?

 

  1. Adik-adik perlu membentuk kelompok terlebih dahulu.
  2. Adik-adik harus mempersiapkan aktivitas kelompok demgan membagi tugas dan peran antar anggota kelompok. Adapun tugas yang dilakukan diantaranya adalah perancang solusi, merangkai rangkaian elektronis, membuat program dengan Scratch, menghubungkan rangkaian dengan Makey Makey dan program, dan menguji artefak komputasional yang dibuat.
  3. Perhatikan penjelasan dari guru dan lakukan aktivitas berkelompok dengan baik.

 

Deskripsi Proyek

 

Komputer sebagai perangkat elektronis mampu membangkitkan sinyal suara, yang juga dilakukan oleh synthesizer. Keluaran dari proyek ini adalah synthesizer suara demgan menggunakan papan sirkuit Makey Makey dengan media air yang akan menghasilkan nada yang terdiri dari 8 nada, mulai dari C (1, do) sampai C2 (1, do tinggi).

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi Halaman 164 165 166 167 Kurikulum Merdeka

 

Perilaku Sistem

 

Ketika pengguna menyentuh air berwarna warni dalam gelas tersebut, suara dengan nada tertentu akan keluar dari komputer. Letakkan gelas-gelas secara berurutan sesuai dengan urutan nada agar Adik-adik dapat memainkannya dengan mudah.

Berikut contoh hasil proyek ini.

Gambar Aktivitas PLB-K7-05 (1)

Lembar Kerja Siswa: Proyek Synthesizers

 

Nama Kelompok: ………………………………………………………………………

Pembagian Peran/Tugas:

Gambar Aktivitas PLB-K7-05 (2)

Rancangan Solusi

 

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Gambar Rangkaian Elektronis dengan Makey Makey

Gambar Aktivitas PLB-K7-05 (3)

Kode Program (Scratch)

 

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Tabel Pengujian

Gambar Aktivitas PLB-K7-05 (4)

 

Solusi Proyek Water Synthesizers

 

Langkah-langkah:

 

1. Sebelum membuat proyek yang menghubungkan Makey Makey dengan laptop, perlu direncanakan langkah-langkah berikut:

  • Nama Projek: Water Synthesizers.
  • Tujuan: membuat proyek synthesizers suata dari air yang dapat membangkitkan nada.
  • Spesifikasi: nada-nada yang dihasilkan terdiri dari 8 nada, mulai dari C (1, do) sampai C2 (do tingi).

2. Solusi yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pemetaan mada dnegan air berwarna.
  • Melakukan pemetaan nada dengan tombol pada keyboard.
  • Membuat kode menggunakan bahasa pemrograman scratch, dan menguji pemetaan nada pada scrtach.
  • Menghubungkan kode dengan papan sirkuit Makey Makey.
  • Menguji water synthesizer, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi atau belum.

 

Langkah rinci:

 

a. Pemetaan nada dengan air berwarna, contoh nada C = 1 = do dipetakan dengan simbol warna putih, D = 2 = re dengan warna coklat, dan seterusnya seperti gambar berikut.

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (1)

b. Pemetaan nada dengan tombol keyboard, contoh kunci C = 1 = do dipetakan ke tombol “w”, D = 2 = re dipetakan ke tombol “a”, dan seterusnya.

c. Membuat kode dengan bahasa pemrograman scratch. Pada tahap ini, akan dikodekan pemetaan tombol keyboard dengan nada untuk menghasilkan nada.

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (2)

Adik-adik bebas untuk memilih jenis alat musik. Adik-adik dpaat menggunakan tone nada dari berbagai alat musik yang terspaat pada scratch. Setelah Adik-adik selesai membuat kodenya, uji kode tersebut dengan menekan tombol yang Adik-adik masukkan dalam program suara pada keyboard atau dengan menekan blok kodenya. Jika suara yang keluar sesuai dengan harapan, maka program sudah benar dan Adik-adik dapat melanjutkannya dengan menggunakan Makey Makey.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas GS-K7-02-U Perencanaan Kegiatan Halaman 19 20 Kurikulum Merdeka

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (3)

d. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kode dengan Makey Makey dengan cara menghubungkan Makey Makey sesuai desain pemetaan nada dengan warna dengan yang telah dibuat kemudian menghubungkannya dengan air di dalam gelas. Gelas berjumlah sesuai dengan banyaknya nada, yakni delapan buah.

e. Langkah kelima adalah pengujian apakah proyek menghasilkan nada sesuai dengan spesifikasi atau tidak. Hubungkan Makey Makey dengan komputer, akan ada indikator lampu yang menyala pada Makey Makey. Ini berarti Makey Makey sudah terhubung dengan komputer/laptop dan siap untuk digunakan. Mainkan nada dengan menyentuh permukaan air. Saat anggota tubuh menyentuh air, nada akan tercipta seperti yang Adik-adik programkan pada Scratch. Isilah tabel pengujian berikut.

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (4)

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (5)

 

Beberapa tips untuk troubleshooting: (a) jika tidak mengeluarkan bunyi, periksa label yang terhubung pada Makey Makey. (b) periksa ground, apakah sudah tertancap dengan benar atau belum.

 

Setelah pengujian selesai dan tidak ada kesalahan, Asik-adik diakan menuliskan notasi lagu yang akan dimainkan dalam proyek water synthesizer. Misalnya lagu Garuda Pancasila sebagai berikut:

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (6)

Sentuhlah permukaan air untuk memainkan melodi lagu tersebut. Pastikan pemain terhubung dengan ground dan agar dapat memainkan water synthesizer. Aturlah posisi gelas agar Adik-adik dapat memainkannya demgan nyaman. Berikut adalah notasi lagu Garuda Pancasila dalam kode warna.

Gambar Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 (7)

Adik-adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-05 Synthesizer dengan Media Air Halaman 258 259 260 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *