Sejarah dan Perkembangan Processor AMD

Berikut.idAMD adalah salah satu vendor yang memproduksi prosessor. Prosesor merupakan otak dari semua proses yang ada di komputer. Oleh sebab itu, semakin tinggi nilai kecepatan prosesor, semakin tinggi pula kinerja komputer tersebut.
AMD (Advanced Micro Devices) dikenal sebagai vendor terbesar yang memproduksi prosesor dengan kualitas yang sama baiknya dengan Intel. Prosesor yang diproduksi pada kedua vendor ini memiliki bentuk fisik yang berbeda atau bisa dibedakan dengan istilah soket.
Bentuk soket yang berbeda ini, akan memengaruhi penggunanya dalam membeli motherboard. Jika seseorang membeli prosesor keluaran AMD, motherboard yang mendukung soket prosesor AMD juga harus dibeli. Salah satu contoh soket prosesor AMD adalah soket AM2, sedangkan pada Intel adalah soket LGA75.
Berbasis di Sunnyvale, California, AMD tercatat pernah membuat chip terbesar kedua di dunia dengan jenis X86. AMD juga kini melebarkan lini produknya dengan mengakuisisi ATI pada tahun 2006.
Pada awal kemunculannya, memang AMD terus berupaya memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis prosesor yang dirilisnya.
Lantas, apa saja jenis-jenis prosesor yang telah dirilis AMD selama perusahaan ini berdiri? Simak uraian lengkapnya berikut ini.

Sejarah dan Perkembangan Processor AMD

Sejarah processor AMD tidak terlepas dari adanya kerja sama dengan IBM, ATI Technologies dan Fujisu. AMD didirikan pada tahun 1969 dengan bermodalkan ‘hanya’ $100.000. Produk pertama AMD dirilis pada tahun 1970 yaitu The Am2501 logic counter. AMD kemudian menandatangani perjanjian sebagai second source IBM microprocessor atas permintaan IBM.

ATI selanjutnya bergabung dengan AMD pada tahun 1985 untuk mengembangkan graphic controller (pengontrol grafis) pertama mereka. Dan akhirnya AMD masuk dalam daftar Fortune 500 untuk pertama kalinya di tahun itu.

Untuk pertama kalinya, AMD memproduksi Flash memory setelah menetapkan kerja sama dengan Fujisu. ATI juga memperkenalkan chip Mach8 dan produk graphic board pertama yang bisa memproses grafis secara independen dalam CPU. Kolaborasi AMD dengan ATI semakin menunjukkan tajinya dengan sejumlah produk kelas atas. Diantaranya yaitu pada tahun 2000 menjadi produsen pertama yang memproduksi processor 1 GHz dalam wujud AMD Athlon, sementara pada saat yang bersamaan ATI dalam teknologi ATI Radeon merilis produk-produk gaming high end dan 3D (workstation).

AMD dan ATI Technologies melakukan merger pada tahun 2006 dengan mengakuisisi ATI dalam bentuk cash money dan saham. Hingga sekarang ATI adalah bagian dari AMD.

Salah satu inovasi AMD dan menjadikannya sebagai salah satu produsen multinasional dan multitechnology adalah penggabungan unit processor AMD, chipset northbride dan chipset GPU Radeon menjadi satu tubuh dalam produk AMD Accelerated Processing Unit atau APU agar bisa menyaingi Intel untuk pasar low-mid end.

 

Kelebihan Processor AMD

Dua perusahaan besar dunia untuk processor, AMD dan Intel selalu bersaing. Persaingan itu bisa dilihat dari perangkat yang mereka buat. Tidak dipungkiri bahwa processor Intel masih lebih unggul dalam hal performa. Namun perlu juga diketahui bersama bahwa keunggulan itu tidak signifikan dalam beberapa tahun terakhir, apalagi medan perang persaingan itu sudah dinyalakan untuk segmen gaming.

Kelebihan AMD antara lain yaitu :

  • Clock Speed diklaim lebih tinggi dibandingkan kompetitornya, misanya Intel. Clock Speed CPU AMD untuk model terbaru sudah lama dibuat pada rentang 3.0 GHz ke atas. Clock speed yang tinggi menyebabkan processor ini lebih baik dalam kecepatan akses memori.
  • CPU AMD unggul dalam overclocking. Kemampuan overclocking AMD khususnya pada varian AMD FX dan AMD Ryzen menyebabkan pengguna perangkat bebas menentukan kapan menghentikan operasi.
  • Jumlah core yang terdapat dalam AMD lebih banyak. Core sangat mempengaruhi kecepatan dan performa processor dan perangkat secara keseluruhan. Semakin banyak core semakin baik performanya.
  • CPU AMD lebih baik dalam hal performa operasi Multi Threading. Jumlah core yang banyak mempengaruhi kemampuan operasi multi threading (multi task).
  • Penggunaan CPU integrated dan GPU integrated yang saling menutupi menyebabkan performa pemrosesan dan dari sisi grafis juga lebih baik. Selain itu GPU Radeon sangat membantu pemrosesan karena lebih hemat daya.
  • Dari aspek harga, processor AMD lebih murah daripada Intel. Murahnya harga processor AMD turut mempengaruhi harga perangkat secara keseluruhan. Itu sebabnya mengapa laptop AMD Ryzen lebih ekonomis dibandingkan laptop Intel, misalnya pada jajaran laptop gaming.

Urutan AMD

AMD telah mengembangkan teknologi prosesor komputer, baik untuk pasar konsumen maupun komersial. AMD adalah perusahaan kedua terbesar di dunia sebagai pemasok/distributor mikroprosesor berarsitektur x86 skala global setelah Intel Corp. Selain itu, AMD adalah perusahaan terbesar ketiga di dunia untuk pemasok unit pengolahan grafis.

Baca Juga :  Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Gratis

Selain untuk perangkat komputer yang digunakan untuk keperluan harian seperti mengetik ataupun untuk multimedia, dipasaran saat ini juga tersedia aneka rupa laptop dan PC yang dipasangi processor game AMD.

Urutan Processor AMD Dari Terendah

Processor AMD telah dibuat dalam berbagai seri model. Tentu banyak yang penasaran tingkatan AMD Processor dari awal. Berikut ini adalah urutan processor AMD dari yang lama hingga terbaru dan tertinggi saat ini.

    • AMD K5 – AMD Generasi Awal

AMD K5 adalah processor generasi pertama yang awalnya dibuat mengikuti processor Intel sekaligus diancar-ancar sebagai pengganti Intel. AMD K5 adalah microprocessor pertama yang didesain independen dengan socket kompatibel untuk arsitektur x86. Tetapi processor ini bisa dikatakan belum mampu melakukan apa yang dilakukan oleh Intel. Hal ini disebabkan permasalahan motherboard, dimana motherboard Intel tidak mendukung processor K5. Setelah upgrade BIOS agar bisa menjalankan AMD barulah motherboardnya berjalan baik.

    • AMD K6

AMD K6 adalah processor AMD generasi ke-6. AMD K6 kompatibel dengan semua motherboard yang support pada Intel sekaligus menyaingi kinerja Intel. Berdasarkan kecepatannya, K6 terbagi 3 yaitu AMD K6, AMD K6-2 dan AMD K6 III.

    • AMD Duron, AMD Seri Ekonomis

AMD Duron adalah generasi ketiga jenis processor AMD yang diproduksi tahun 2000. Pada awalnya processor ini diberi nama kode nama/code name Spitfire berdasarkan core Thunderbird. AMD Duron adalah salah satu produk unggulan AMD karena termasuk handal dan harganya ekonomis. Kinerjanya hampir sama dengan Athlon, dimana AMD Athlon hanya unggul 7-10% saja. AMD Duron saat ini telah dihentikan produksinya.

    • AMD Athlon

AMD Athlon adalah processor AMD terbaik di masanya. AMD Athlon diproyeksikan untuk mengganti seri K6. AMD Athlon mengimbangi kecepatan dan kehandalan Intel generasi ke-enam (P6) dan juga bisa dijadikan multiprocessor. Kelebihan processor AMD Athlon yaitu adanya chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan dukungan chipset AMD 760 (bisa ditanam dalam satu komputer atau prosesor ganda). Untuk versi prosesor tunggal/single processor processor ini punya nama produk AMD Athlon, sementara untuk versi multiprocessor diberi nama produk AMD Athlon Profesional.

AMD Athlon mencapai ambang maksimal 1000 MHz ata 1 GHz terlebih dahulu sebelum akhirnya disamai oleh Intel Pentium Coppermine 1 GHz. Keunggulan awal ini memberikan predikat Processor of The Year 2000 pada AMD Athlon. AMD Athlon dan AMD Athlon Profesional unggul pada system bus aristekturnya.

Tingkatan Processor AMD Athlon Beserta Spesifikasinya

  • AMD Athlon Classic, kecepatan prosesnya 100 MHz (double pumped), V.Core 1.6 V (K7, Clock Rate 500-700 MHz, keluaran awal Juni 1999), V.Core 1.6 – 1.8 V (K75, Clock-rate 550-1000 MHz, dirilis November 1999)
  • AMD Athlon Thunderbird berkonfigurasi 180nm, kecepatan proses 700-1400 MHz, boros daya dan suhu tinggi, menggunakan MMX 3DNow!. Athlon Thunderbird diklaim menyaingi Intel Pentium III
  • AMD Athlon XP eXtrime Power (130nm), kompatibel dengan RAM DDR/SDRAM 100, 133, 166, 200 MHz. Instruksi processor menggunakan 3DNOW! (support Intel x86 Compatibility Intel MMX-SSE/SSE2), Clock Speed tersedia dalam 3 rentang (1500+ sd 2000+, 2200+sd 3000+, 3200+)
  • AMD Athlon Palomino, dengan Clockrate 133-1733 MHz (1500+ sd 2100+), menggunakan MMX 3DNOW!, Streaming SMID Extension/SSE (rilis awal Oktober 2001)
  • AMD Athlon Thoroughbred tipe A/B (130nm), memiliki Clock-rate untuk T-Bred A 1400 MHz-1800 MHz (1600+ sd 2200+) dan untuk T-Bred B 1400 MHz-2250 MHz (1600+ sd 2200+)
  • AMD Athlon Thorton, memiliki Clock-rate 166MHz-2200 MHz (2000+ sd 3100+), menggunakan MMX 3DNOW! dan SSE

AMD Athlon 64

AMD Athlon 64 dirilis setelah kesukesan varian AMD Athlon sebelumnya. AMD Athlon 64 memiliki 3 varian socket yaitu varian 754 (mampu mengendalikan memori yang support penggunaan memory DDDR single channel/kanal tunggal), 939 (mampu mengendalikan memori yang mendukung double/multichannel)dan 940 dengan keunggulan masing-masing. AMD Athlon 64 adalah generasi pertama yang support komputasi 64 bit.

AMD Athlon 64 FX – AMD Dengan Antivirus

AMD Athlon 64 FX adalah processor AMD yang dapat bekerja pada sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Jenis prosesor ini juga berjalan dengan kecepatan yang sama pada kedua sistem operasi tersebut. Dalam produksinya, AMD Athlon 64 FX dibekali antivirus Enhanced Virus Protection saat berjalan dalam Windows XP Service Pack 2 (SP2) dan Windows XP 64 Bit Edition. Processor AMD Athlon 64 FX sangat handal dan direkomendasikan untuk PC yang menggunakan software dengan memori grafis tinggi, misalnya video karena dibekali fitur 3DNow! Professional+SSE2, HyperTransport Technology, serta On-Die cache memory cukup besar (1152 Kb). Beberapa varian AMD Athlon 64 FX antara lain AMD Athlon 64 FX, AMD Athlon FX 51, AMD Athlon FX 53, AMD Athlon FX 57.

  • AMD Sempron

Processor AMD Sempron dibuat untuk mengimbangi prosesor Intel Celeron D. AMD sempron memiliki varian socket yaitu AMD Sempron socket A (dirancang dengan teknologi AMD Athlon XP Thoroughbred) dan AMD Sempron socket 754. Microprosesor AMD Sempron didesain dengan name code Palermo. Beberapa varian AMD Sempron untuk sistem operasi 64 bit memang tidak dirilis, sehingga AMD Sempron hanya bisa digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi 32 bit.

  • AMD 64 X2 Dual Core

AMD 64 X2 Dual Core adalah processor AMD yang didesain untuk menyaingi Intel Core Duo dengan basis teknologi 64 bit. AMD X2 Dual Core adalah processor pertama untuk processor dual core yang dirancang bagi pengguna media digital dengan intensitas tinggi.

  • AMD Opteron

AMD Opteron memiliki cache level-1 (128 Kb terbagi ke dalam data cache 64 kb dan instruction cache 64 Kb) serta cache level-2 (1024 Kb). Kecepatan proses dalam rentang 1400 – 3000 MHz, memiliki 3 buah link HyperTransport berkecepatan 3200 Mbit/s. Processor ini mampu mengakses memori fisik (physical memory) hingga 1 Tb. AMD Opteron tersedia dalam versi single core, dual core dan quad core. AMD Opteron 64 bit dibuat untuk pasar workstation dan server. Processor AMD ini unggul pada kinerja tiap watt yang digunakan (performance/watt).

  • AMD Phenom

AMD Phenom adalah processor AMD hexa core (berinti enam). Kemunculan AMD Phenom ini untuk mengimbangi pesaingnya yang sudah merilis prosesor heksa-core. Pada saat rilisnya dengan dua varian Phenom II X6 sekaligus (Phenom II X6 1055T dan Phenom II 1090T) AMD juga meluncurkan chipset terbaru (saat itu) tipe 890GX/FX sebagai pendamping varian Phenom II. Processor ini memiliki spek socket tipe AM3 (938 pin), clock-speed 3200 MHz (3600-Turbo), jumlah inti 6 core dengan nama core Thuban. Cache memory L1 (128 Kb x6), L2 (512 Kb x6) dan L3 (6 Mb shared).

  • AMD APU FM

Accelarated Processing Unit (APU) adalah inovasi AMD yang menggabungkan CPU dan prosesor grafis (GPU) dalam satu badan. AMD APU mempunyai arsitektur unik yaitu memiliki modul CPU AMD, cache, dan discrete-class graphics processor yang bisa secara otomatis mengolah kerja CPU dan GPU tergantung pada kebutuhan kerja.

Baca Juga :  Apa Itu Ray-Tracing

Tingkatan Prosesor APU AMD FM

  • AMD APU FM 1 (Llanno)

AMD APU generasi pertama adalah Llano (FM 1) untuk processor grafis/APU berkinerja tinggi serta Brazos untuk perangkat dengan daya rendah (2011).

  • AMD APU FM 2 (Trinity)

AMD APU generasi kedua (FM 2) yaitu Trinity untuk perangkat berkinerja tinggi dan Brazos-2 untuk perangkat dengan daya rendah.

AMD APU Llanno dan Trinity sendiri dirancang untuk segmen pasar low-end dan menengah.

  • AMD Cadiz

AMD Cadiz diluncurkan sekitar tahun 2008 dengan inti 4-core. AMD Cadiz dirancang dengan shared L2 cache, DDR2/3 dan memiliki HyperTransport3.

  • AMD Turion – AMD Hemat Daya

AMD Turion adalah processor AMD yang berjalan pada sistem 64 bit. Processor Turion ini hemat daya, dengan code name K8L. AMD Turion memiliki varian AMD Turion 64 X2 Ultra, AMD Turion Ultra II, AMD Turion II, AMD Zamora, AMD Greyhound, dan AMD untuk varian quad-core.

  • AMD Bulldozer (AMD FX Series)

AMD Bulldozer adalah processor AMD yang tediri atas model dengan empat core, enam core dan delapan core. Jenis tersebut yaitu AMD FX4000, FX6000 dan FX8000 dengan arsitektur Bulldozer dengan code name Zambesi. Teknologi terbaru yang ditanamkan pada processor ini adalah unit pengolahan baru Flex FP floating point. Nilai TDP (Thermal Design Power) yang dimiliki bekisar 95 W- 125W. Khusus untuk chip Bulldozer delapan core juga menawarkan peningkatan performa hingga 50% dibandingkan AMD Phenom II untuk menjalankan aplikasi multi media. Processor AMD versi ini sudah support memory dual channel DDR3 1866 MHz dengan teknologi Turbo Core dynamic acceleration dan kecepatan proses berkisar antara 3,6 GHz hingga 3,9 GHz (pada kondisi semua core aktif atau kondisi turbo kecepatan Max Turbo hingga 4,2 GHz).

  • AMD Orochi

AMD Orochi adalah processor AMD generasi berikutnya dari AMD Zambesi untuk pasar desktop High-End dan penerus AMD Valencia untuk segmen processor pada perangkat server. Konstruksinya masih menggunakan arsitektur Bulldozer. Konsep awalnya adalah delapan mesin pengolahan. Namun karena berarsitektur Bulldozer, sejumlah core akan dimasukkan ke dalam empat modul dimana setiap modul memiliki dua core independen, satu unit Flex FP loating point, dua pipa FMAX. Platform yang dirilis akan menggabungkan kemampuan processor Bulldozer, chipset AMD 9 Series serta VGA Radeon HD 6000.

Processor AMD Terbaru

Processor AMD dibuat untuk berbagai perangkat komputer PC dan laptop. Spesifikasi processor AMD bisa saja berbeda tergantung jenis perangkat yang digunakan, apakah processor AMD untuk laptop atau processor AMD untuk PC. Processor AMD untuk PC saat ini umumnya yaitu :

  • AMD FX-Series dan variannya (processor gaming)
  • AMD APU Series dan variannya (processor gaming)
  • Processor AMD Phenom dan variannya
  • Processor AMD Athlon dan variannya
  • Processor AMD Ryzen dan variannya (processor gaming)
  • AMD EPYC dan model variannya (processor server)
  • AMD Opteron terbaru dan model variannya (processor server)

Urutan Processor AMD Ryzen

AMD Ryzen adalah processor AMD dengan teknologi yang lebih tinggi dan lebih baik performanya dibandingkan prosesor-prosesor AMD terdahulu. Processor Ryzen sendiri banyak digunakan pada komputer PC dan laptop AMD gaming maupun desain grafis. Ini karena AMD Ryzen punya TDP dan clockspeed yang mumpuni.

Tipe dan model AMD Ryzen hingga tahun 2022 yang telah dirilis yaitu:

  • AMD Ryzen 3
  • AMD Ryzen 5
  • AMD Ryzen 7
  • AMD Ryzen 9
  • AMD Ryzen Threadripper
Baca Juga :  Apa Perbedaan QLED dan OLED Pada Smart TV? Berikut Penjelasannya

Processor AMD Untuk PC Desktop

Lebih detail urutan generasi processor AMD hingga yang terbaru untuk komputer desktop beserta spesifikasinya adalah seperti di bawah ini.

    1. Processor AMD Ryzen™ Processors Series Dengan Radeon™ Vega GraphicsAMD Ryzen Generasi 2 Dirilis dalam 4 Seri

Varian model dari tipe processor AMD Ryzen yang dikolaborasikan dengan GPU Radeon Vega Graphics ini yaitu:

    • AMD Ryzen™ Threadripper™ Processors, dari 8 hingga 16 cores, cache memory dari 20MB hingga 40 MB, dengan lebih dari 32 processing threads
    • AMD Ryzen™ 7 Processors, memiliki 8 core, 16 processing threads dan memory cache 20 MB
    • AMD Ryzen™ 5 Processors, dengan 4-6 cores, mencapai 12 processing threads, memiliki 10 MB-16 MB memory cache, serta Radeon™ Vega graphics.
    • AMD Ryzen™ 3 Processors, memiliki 4 cores, 10 MB cache dan Radeon™ Vega graphics.

AMD Ryzen™ 7 PRO Series

Model-model AMD Ryzen™ 7 PRO Series ini yaitu :

    • AMD Ryzen™ 7 PRO 1700X, Core CPU 8 core, Clock Speed: 3.4GHz, Max Turbo Core Speed 3.8GHz, Default TDP / TDP: 95W
    • AMD Ryzen™ 7 PRO 1700 dengan Core CPU 8, Clock Speed 3GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP 65W
    • AMD Ryzen™ 5 PRO 1600, memiliki CPU dengan 6 core, Clock Speed 3.2GHz, Max Turbo Core Speed 3.6GHz, Default TDP / TDP: 65W
    • AMD Ryzen™ 5 PRO 1500 memiliki CPU Cores 4 inti, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP: 65W
    • AMD Ryzen™ 3 PRO 1300, jumlah inti 4 core, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP 65W
    • AMD Ryzen™ 3 PRO 1200 CPU Cores 4 inti, Clock Speed 3.1GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz, Default TDP / TDP 65W

AMD Ryzen™ Threadripper™ Series

Beberapa varian AMD Ryzen™ Threadripper™ Series. Model terbaru jenis prosesor seri ini yaitu :

    • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1950X Processor, jumlah inti 16 core, Clock Speed 3.4GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP: 180W
    • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1920X Processor berinti 12, Clock Speed: 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 180W
    • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1900X Processor memiliki 8 core, Clock Speed: 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 180W

 

7th Gen AMD Athlon™ X4 970

Seri 7th Gen AMD Athlon™ X4 970 ini yaitu :

    • 7th Gen AMD Athlon™ X4 970, jumlah core 4, Clock Speed 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 65W
    • 7th Gen AMD Athlon™ X4 950 memiliki inti 4 core, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.8GHz
    • 7th Gen AMD Athlon™ X4 940 dengan jumlah inti 4 core, Base Clock Speed 3.2GHz, Max Turbo Core Speed 3.6GHz
    • 7th Gen A8-9600 APU berinti 4 core, Clock Speed 3.1GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz Default TDP / TDP 65W, Graphics Model Radeon™ R7 Series
    • 7th Gen A6-9550 APU, berinti 2, Clock Speed 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 65W, Graphics Model Radeon™ R5 Series
    • 7th Gen A6-9500E APU dengan 2 cores, Clock Speed 3GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz, Default TDP / TDP 35W, Graphics Model Radeon™ R5 Series

7th Gen AMD PRO A8-9600 APU Series

Varian model 7th Gen AMD PRO A8-9600 APU Series ini yaitu :

    • 7th Gen AMD PRO A8-9600 APU, Cores 4, Speed/Max 3.1 GHz/3.4 GHz, TDP 65W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A6-9500E APU, Cores 2 Speed/Max: 3 GHz/3.4 GHz, TDP 35W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A6-9500 APU, Cores 2, Speed/Max: 3.5 GHz/3.8 GHz, TDP 65W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A12-9800E APU, Cores 4 inti, Speed/Max 3.1 GHz/3.8 GHz, TDP 35, WPackage AM4
    • 7th Gen AMD PRO A12-9800 APU, Cores 4, Speed/Max: 3.8 GHz/4.2 GHz, TDP 65W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A10-9700E APU, Cores 4, Speed/Max 3 GHz/3.5 GHz, TDP: 35W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A10-9700 APU, Cores 4, Speed/Max 3.5 GHz/3.8 GHz, TDP 65W, Package AM4

Urutan Processor AMD Untuk Komputer Server

AMD juga membuat sejumlah processor yang digunakan untuk komputer server. Komputer untuk server biasanya punya spesifikasi yang lebih tinggi. Processor AMD terbaru untuk komputer server yaitu :

  • AMD EPYC™
  • Opteron™ X and A-Series Processors

Processor AMD Terbaik Gaming

Dalam beberapa tahun terakhir dunia gaming semakin semarak dengan berbagai judul game terbaik dan sering pula dikompetisikan. Untuk mendukung perangkat agar pengguna bisa menikmati pengalaman bermain game yang memuaskan, AMD juga menciptakan processor terbaik untuk bermain game. Berikut ini adalah processor terbaik AMD untuk gaming:

  • AMD Ryzen™ Processors Series dengan Radeon™ Vega Graphics (AMD Ryzen™ Threadripper™ Processors, AMD Ryzen™ 7 Processors, AMD Ryzen™ 5 Processors, AMD Ryzen™ 3 Processors)
  • AMD Ryzen™ 7 PRO Series (AMD Ryzen™ 7 PRO 1700X, AMD Ryzen™ 7 PRO 1700, AMD Ryzen™ 5 PRO 1600, AMD Ryzen™ 5 PRO 1500, AMD Ryzen™ 3 PRO 1300, AMD Ryzen™ 3 PRO 1200)
  • AMD Ryzen™ Threadripper™ Series (AMD Ryzen™ Threadripper™ 1950X, AMD Ryzen™ Threadripper™ 1920X, AMD Ryzen™ Threadripper™ 1900X)
  • AMD FX Series/AMD 7th Gen FX APUs Series (AMD FX-9830P)
  • AMD A-Series APUs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.