safe mode windows 10

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

berikut.id – Safe Mode adalah fitur pemecahan masalah yang tersedia di Windows 10. Fitur ini dapat digunakan untuk menyalakan komputer tanpa sebagian besar fitur yang tidak penting. Safe Mode memungkinkan pengguna untuk menggunakan Windows 10 dalam keadaan yang sangat mendasar sehingga dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah.

Saat Safe Mode diaktifkan, resolusi layar dapat terlihat sedikit tidak aktif, aplikasi tertentu mungkin tidak berfungsi dengan baik, atau komputer berjalan sedikit lebih lambat dari biasanya. Terkadang Windows 10 secara otomatis mengaktifkan Safe Mode ketika masalah terdeteksi. Tetapi, biasanya Safe Mode diaktifkan secara manual. Simak pilihan cara masuk Safe Mode Windows 10 berikut ini. Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Ada dua versi Safe Mode yaitu Safe Mode dan Safe Mode with Networking.

Keduanya serupa, perbedaannya, Safe Mode with Networking menyertakan driver jaringan dan layanan yang diperlukan untuk mengakses Internet dan komputer lain.

Jenis Safe Mode Windows 10

Saat masuk Safe Mode Windows 10, latar belakang wallpaper diganti dengan warna hitam pekat dengan tulisan Safe Mode di keempat sudutnya. Bagian atas layar juga menunjukkan versi Windows build dan service pack yang digunakan. Terdapat beberapa jenis Safe Mode Windows 10, yaitu:

1. Safe Mode

Jika Safe Mode Windows 10 diaktifkan, komputer akan menjalankan driver dan layanan secara mendasar yang memungkinkan untuk memulai sistem operasi. Pilih Safe Mode jika tidak dapat mengakses Windows 10 secara normal dan tidak mengharapkan akses ke internet atau jaringan lokal.

Baca Juga :  Twibbon Ucapan Selamat Menikah, Dari Mantan

2. Safe Mode with Networking

Safe Mode with Networking memulai Windows 10 dengan set driver dan layanan yang sama dengan Safe Mode. Namun, pengguna dapat mengakses jaringan internet. Opsi ini sering digunakan ketika Windows 10 tidak dapat dijalankan dan diperlukan akses ke internet untuk mengunduh driver, mengikuti panduan pemecahan masalah, dan lain sebagainya.

3. Safe Mode with Command Prompt

Safe Mode with Command Prompt identik dengan Safe Mode. Namun, command prompt dimuat sebagai antarmuka pengguna, bukan Windows Explorer seperti biasanya. Opsi ini cocok dipilih jika sudah masuk Safe Mode tetapi bilah tugas, layar Start, menu Start, atau Desktop tidak dimuat dengan benar.

1. Berikut cara masuk Safe Mode Windows 10:

  1. Tekan tombol logo Windows + X pada keyboard.
  2. Tahan tombol Shift sambil mengklik Restart dari menu shut down atau sign out.
  3. Pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.
  4. Setelah komputer restart, daftar opsi akan ditampilkan.
  5. Pilih 4 atau F4 atau Fn+F4 (mengikuti petunjuk di layar) untuk masuk Safe Mode Windows 10. Jika ingin menggunakan Internet, pilih 5 atau F5 atau Fn+F5 untuk Safe Mode with Networking.

2. Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dari Opsi Settings

Adapun cara lain untuk masuk Safe Mode Windows 10 dari opsi Settings sebagai berikut.

  1. Tekan tombol logo Windows + I pada keyboard untuk membuka Settings. Jika tidak berhasil, pilih tombol Start, lalu pilih Settings.
  2. Pilih Update & Security  > Recovery.
  3. Pada bagian Advanced, pilih Restart.
  4. Setelah restart akan tampil layar Choose an option, pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.
  5. Daftar opsi akan ditampilkan untuk masuk Safe Mode Windows 10. Pilih 4 atau tekan F4 untuk memulai dalam Safe Mode. Atau jika Anda perlu menggunakan internet, pilih 5 atau tekan F5 untuk Safe Mode with Networking.
Baca Juga :  Apa itu Chromebook apa Saja Keunggulannya

3. Safe Mode Windows 10 dari Layar Sign-in

  1.  Pada layar masuk Windows, tekan dan tahan tombol Shift saat memilih Power > Restart.
  2. Layar akan menampilkan Choose an option, pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.
  3. Pilih 4 atau tekan F4 untuk memulai dalam Safe Mode.
  4. Atau jika Anda perlu menggunakan internet, pilih 5 atau tekan F5 untuk Safe Mode with Networking.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.