Gambar Ikan Molly

Penyebab Ikan Molly Mati

Penyebab Ikan Molly Mati – setiap ikan hias memiliki karakteristik dan perlakuan yang berbeda. Maka dari itu, agar sobat tidak mengalami kegagalan dalam memelihara ikan, sobat harus mengetahui karakteristik ikan terlebih dahulu. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kematian ikan, jika sobat tidak dapat menanganinya maka ikan akan mati.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja penyebab ikan molly mati, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Faktor Penyebab Ikan Molly Mati

 

Stres

 

Meski ikan ini termasuk mudah untuk dibudidayakan, namun stres pada ikan merupakan pemicu kematian yang paling banyak terjadi. Penyebab stres yang paling umum adalah karena ikan merasa terganggu oleh ikan lain yang agresif. Maka dari itu, sebaiknya sobat menggabungkan ikan molly dengan ikan yang tenang atau tidak terlalu agresif.

 

Lingkungan yang Kotor

 

Penyebab yang kedua adalah karena kebersihan aquarium yang tidak terjaga. Ikan molly merupakan ikan yang tidak bisa hidup di lingkungan kotor, biasanya kotoran dalam aquarium berasal dari kotoran ikan atau sisa-sisa makanan. Sobat dapat mencegah hal ini dengan cara mengganti air aquarium secara rutin dan menjaga filter aquarium agar berfungsi dengan baik.

 

Kurangnya Nafsu Makan

 

Pemberian pakan yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan kematian. Jika ikan tidak menyukai pakan yang diberikan, ikan akan memuntahkannya kembali dan jika dibiarkan akan berujung kematian. Untuk itu, sobat dapat memberi beberapa makanan yang disukai ikan molly seperti cacing sutra, jentik nyamuk, dan pelet khusus ikan molly.

Baca Juga :  Harga Filter Aquarium

 

Faktor Umur

 

Ikan molly memiliki umur yang tidak terlalu panjang, yakni hanya sekitar 3 tahun saja. Jadi sobat perlu mengingat sudah berapa ikan tersebut dipelihara, karena bisa jadi kematiannya karena faktor umur.

 

Tips Agar Ikan Molly Sehat dan Panjang Umur

 

Berikut beberapa tips agar ikan molly yang sobat pelihara lebih sehat dan berumur lebih panjang:

 

  • Gantilah air aquarium setidaknya sebulan sekali secara rutin. Jika sobat menggunakan filter sobat dapat menggantinya 2 bulan sekali, selama air tidak keruh.
  • Jangan terlalu sering memberikan pakan hidup karena dapat membuat air cepat kotor, jadikan pakan hidup selingan saja dan berikan secara berkala.
  • Siapkan aquatium yang cukup besar jika ingin memelihara ikan molly dalam jumlah banyak. Ikan molly menyukai tempat yang luas, jika terlalu sempit dikhawatirkan akan membuat ikan menjadi stres.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.