Penyebab Baterai Cepat Habis Pada SmartPhone Bagaimana Mengatasinya

berikut.id – Penyebab Baterai SmartPhone Cepat Habis dan Mengatasinya. Banyak konsumen mencari HP / Smartphone dengan baterai yang besar. Apalagi kini teknologi fast charging atau pengisian daya cepat bisa membuat pengguna makin nyaman.

Kendati demikian, karena baterai sekarang tidak dapat diganti dengan mudah karna sekarang batrai tertanam di dalam smartphone. Sel lithium-ion yang ada di smartphone lama kelamaan akan menua dan memburuk.

Kapasitas baterai pun pasti menurun seiring dengan bertambahnya usia pemakaian smartphone. Lalu, Apa Penyebab baterai boros atau cepat habis, bagaimana cara untuk memperpanjang umur baterai SmartPhone kalian?

Berikut Penyebab Batrai Smartphone cepat Habis

1. Cahaya layar yang berlebihan

Layar merupakan salah satu aspek yang terpenting pada perangkat ponsel. Bagian yang mendominasi bodi ponsel ini menyajikan tampilan visual dan membantu pengguna dalam berinteraksi. Oleh sebab itu, tak heran jika layar bisa menyedot daya baterai yang cukup besar. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa mencoba menurunkan tingkat pencahayaan layar.

Dengan memanfaatkan mode Auto Brightness (Pencahayaan Otomatis), layar ponsel bisa mendeteksi lingkungan sekitar dan menyesuaikan cahaya yang ditampilkan pada layar. Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan mode gelap (Dark Mode) sehingga tampilan pada aplikasi akan didominasi dengan warna hitam.

Pengguna juga tidak disarankan untuk menggunakan Live Wallpaper atau wallpaper yang bisa bergerak dalam bentuk video. Sejumlah ponsel memang sudah mendukung fitur ini. Sedangkan menurunkan refresh rate ke pengaturan terendah juga dinilai ampuh untuk menghemat daya baterai.

Baca Juga :  Mengenal Snapdragon 8 Gen 2 Dikabarkan Akan Digunakan Samsung S23

2. Aplikasi yang berjalan di latar Belakang

Media sosial dan aplikasi chatting merupakan contoh jenis aplikasi yang bisa berjalan di background. Artinya, aplikasi ini akan tetap aktif meski sedang tidak digunakan.  Aplikasi yang berjalan di background juga bisa menguras daya baterai, apabila jumlah aplikasi yang berjalan cukup banyak.

 

Untuk mengurangi beban baterai, pengguna bisa menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Menutup paksa aplikasi juga bisa memangkas penggunaan daya pada ponsel. Cara ini bisa diakses melalui menu Settings > Apps > pilih aplikasi yang diinginkan > Force Stop. Selain aplikasi, game juga bisa menyedot daya besar.

Game yang dimainkan dengan durasi lama tidak hanya bisa menguras baterai, tapi juga membuat ponsel menjadi panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dianjurkan untuk bisa mengatur penggunaan aplikasi secara bijak, seperti tidak bermain game lebih dari satu jam.

3. Susah sinyal

Baterai ponsel biasanya terkuras lebih cepat ketika berada di wilayah yang sulit menjangkau sinyal seluler. Hal ini disebabkan karena ponsel terus-menerus bekerja untuk mencari sinyal. Apabila dibiarkan secara terus-menerus, aktivitas ini bisa menghabiskan daya baterau dengan cepat meski dalam kondisi tidak digunakan.

HP Tidak Ada Sinyal, Apanya Yang Rusak? | Droidly

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode) jika sedang berada di wilayah yang sulit sinyal. Menonaktifkan fitur pelacakan lokasi (GPS) dan Bluetooth, serta beralih menggunakan jaringan 4G juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang sama.

 

4. Penggunaan GPS, WiFi dan Bluetooth Secara Terus Menerus

Penggunaan aplikasi location service seperti GPS, WiFi dan Bluetooth membutuhkan koneksi internet yang kuat. Hal ini membuat daya baterai yang diperlukan oleh HP juga semakin besar. Jika kamu cukup sering menggunakan fitur tersebut, jangan tanya kenapa baterai HP Oppo cepat habis.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop 8 Jutaan Buat Kalian Yang Mau Membeli Laptop

Selain membuat baterai HP lebih cepat habis, penggunaan fitur GPS, WiFi dan Bluetooth yang terus menerus juga bisa membuat HP lebih cepat panas. Lebih parahnya lagi, jika koneksi yang kamu sambungkan tidak aman, bisa membahayakan perangkat. Oleh karena itu, jika tidak sedang digunakan, ada baiknya ketiga fitur tersebut kamu matikan saja.

5. Software Belum Update

Jika ingin baterai HP tidak cepat habis, pastikan selalu update aplikasi atau software HP yang kamu gunakan secara rutin. Software yang belum diupdate ternyata bisa menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Hal ini karena sistem operasi atau prosesor HP masih menggunakan sistem lama sehingga belum mengenali beberapa bugs aplikasi yang terbaru.

Pembaharuan software biasanya akan dibarengi dengan peningkatan masa pakai baterai karena beberapa bugs yang tidak berguna akan dihapus secara otomatis oleh sistem operasi. Dengan cara ini baterai HP kamu akan lebih awet dan performanya juga akan semakin optimal.

6. Aplikasi Terlalu Memakan Baterai

Disadari atau tidak, semakin banyak aplikasi yang terpasang di HP, maka akan semakin cepat pula daya baterai HP kamu berkurang. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa dipasang pada perangkat smartphone. Masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda mulai dari aplikasi komunikasi, sosial media hingga aplikasi edukasi dan masih banyak lagi.

Beberapa jenis aplikasi ternyata membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan fungsinya sehingga baterai HP menjadi lebih cepat habis dan lama mengisi. Untuk mengetahui aplikasi mana yang memakan baterai cukup besar, kamu bisa mengeceknya melalui menu Setting dan pilih opsi baterai. Jika kamu sudah tahu aplikasi apa yang memakan daya baterai terlalu besar, segera batasi penggunaannya atau jika perlu lakukan uninstall.

Baca Juga :  Cara Cek Kuota Axis 2022

7. Usia Baterai Sudah Uzur

Penyebab Baterai Cepat Habis Pada SmartPhone Bagaimana Mengatasinya

Baterai ponsel yang cepat terkuras bisa jadi disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah tidak lagi prima karena usia. Selain itu, baterai ponsel juga memiliki masa penggunaan (life-cycle) tersendiri. Umumnya baterai ponsel memiliki umur penggunaan yang optimal tiga hingga lima tahun, atau antara 500 hingga 1.000 kali siklus pengisian daya. Apabila baterai ponsel memang sudah tidak lagi dapat menopang ponsel, solusi yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan mengganti baterai baru. Mengganti baterai lama dengan yang baru juga bisa menjadi solusi alternatif yang lebih murah daripada membeli ponsel baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.