Gambar Ikan Mas Koki

Penyakit Ikan Mas Koki

Penyakit Ikan Mas Koki – ikan mas koki merupakan ikan yang cukup kebal terhadap penyakit. Namun, jika perawatannya salah, ikan ini dapat dengan mudah terkena penyakit. Pakan yang tidak sesuai, filter yang kurang baik, sirkulasi air yang buruk, dan cara mengganti air yang salah dapat mendatangkan penyakit bagi ikan.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja penyakit ikan mas koki dan bagaimana mengatasinya, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Daftar Penyakit Ikan Mas Koki

 

Cacing Perioder (Lernaea)

 

Penyakit yang satu ini berasal dari parasit yang melekat dan menusuk seperti jarum. Parasit ini menembus tutup insang, sirip, badan, dan mata ikan. Jika ikan terkena penyakit ini, akan tampak beberapa luka di area tubuhnya.

 

Untuk mengatasinya, sobat dapat menggunakan dipterex atau sumition 50 ec degan dosis sebesar 1 cc/m³ air. Sobat juga dapat merendam ikan selama 10 menit pada larutan formalin, dosisnya adalah 250 mg/liter air.

 

Adapun untuk memberantas penyakit ini, sobat dapat merendam aquarium dalam larutan tetracycline dengan dosis 250 mg dalam 250 liter air.

 

Jamur (Saprolegniasis)

 

Jika terkena penyakit ini, ikan akan terlihat seperti diselimuti kapas. Penyakit ini berasal dari jamur pada saat suhu sedang dingin. Biasanya penyakit ini menyerang bagian tutup insang, kepala, dan sirip ikan.

Baca Juga :  Penyakit Ikan Oscar

 

Untuk mengatasinya, sobat dapat merendam ikan yang terkrna penyakit dalam larutan malachite green dengan dosis 3 gr/m³ air selama 20 menit.

 

Bakteri Aeromonas (Punctata)

 

Bakteri tergolong ganas, bakteri ini dapat menyebabkan kulit ikan melepuh dan warnanya menjadi kusam. Ikan juga akan terlihat terengah-engah karena kekurangan oksigen dan ikan akan berenang dengan lemah di permukaan air.

 

Untuk mengatasi penyakit ini, sobat dapat memberikan pakan yang dicampur dengan 50 mg terramicine sebesar 50 mg/kg. Kami sarankan untuk memberikan campuran ini selama 7 hari. Jika ada ikan yang terinfeksi dengan berat, sobat dapat membuangnya agar tidak menulari ikan yang lain.

 

White Spot (Bintik Putih)

 

Penyakit ini berasal dari protozoa Ichthyophtirius yang ditandai dengan adanya bintik berwarna putih pada tubuh ikan. Pada infeksi selanjutnya, akan terdapat selaput putih pada tubuh ikan. Penyakit ini juga menimbulkan rasa gatal yang membuat ikan menggosok-gosokkan badannya pada dinding aquarium. Selain itu, ikan juga akan berenang ke permukaan air dengan lemah.

 

Untuk menyembuhkannya, sobat dapat melarutkan methylene 1% (1 gram dalam 100 cc air). Kemudian ambil 4 cc dari larutan ini dan gabung dengan 4 liter air. Setelah itu rendam ikan yang terkena penyakit selama 24 jam, lakukan berulang kali sampai ikan sembuh.

 

Penyebab Munculnya Penyakit Pada Ikan Koki

 

Kebersihan Air yang Tidak Terjaga

 

Air yang kotor dan tercemar amoniak dapat membuat ikan mudah terjangkit penyakit. Amoniak ini biasanya terdapat pada makanan ikan mas koki. Berbagai jenis ikan mas koki rentan terhadap amonia yang larut dalam air.

 

Kekurangan Oksigen

 

Hal ini dapat terjadi karena pemasangan aerator yang kurang pas sehingga membuat sirkulasi air menjadi kurang bagus.

Baca Juga :  Harga Ikan Platy

 

Tips Mengobati Penyakit Ikan Mas Koki

 

Berikut beberapa tips yang dapat sobat lakukan saat mengobati penyakit ikan koki:

 

  1. Gunakan heater atau pemanas saat proses pengobatan agar suhu stabil. Sobat dapat menyetel suhu air aquarium pasa 29-30°C, dengan begitu penyembuhan ikan akan lebih cepat.
  2. Jika terdapat ikan sapu-sapu, sobat dapat memindahkan ya terlebih dahulu. Karena ikan sapu-sapu tidak tahan dengan suhu yang tinggi.
  3. Untuk mencegah penularan, kami sangat menyarankan agar sobat mengkarantina ikan yang sakit pada tempat yang terpisah.
  4. Sering-seringlah untuk membersihkan aquarium, setidaknya seminggu seklai.

 

Sobat dapat membaca seputar penyakit ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.