Gambar Ikan Lele

Pakan Ikan Lele

Pakan Ikan Lele – setiap orang yang membudidayakan atau memelihara ikan lele pasti ingin agar ikannya cepat besar. Karena semakin cepat ikan lele besar, kita dapat panen lebih cepat. Pertumbuhan ikan lele sangat dipengaruhi oleh pakan yang diberikan.

 

Nah bagi sobat yang ingin mengetahui pakan ikan lele agar cepat besar, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Pakan Lele Terbaik

 

Pelet

 

Pelet merupakan pakan yang mudah didapatkan dan tersedia di banyak toko. Pakan mengandung campuran bahan yang baik untuk pertumbuhan ikan. Kami menyarankan untuk memberikan pelet kepada ikan, baik yang terapung atau tenggelam, karena dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan nutrisi ikan.

 

Makanan Alami

 

Pakan ikan alami juga bagus untuk pertumbuhan ikan lele, sobat dapat dengan mudah menemukannya di alam sekitar. Memberikan pakan alami juga dapat memangkas pengeluaran untuk membeli pelet.

 

Sebagai contoh, sobat dapat memberikan cacing sutra, kutu air, jentik nyamuk, jangkrik, kelabang, ikan sungai kecil, dan sebagainya. Sobat juga dapat memberikan hewan kecil bernutrisi tinggi lainnya, karena ikan lele merupakan ikan yang dapat memakan apapun.

 

Pakan Ikan Lele Alternatif

 

Selain pakan terbaik di atas, kami juga merekomendasikan beberapa pakan alternatif sebagai berikut:

 

Bekicot

 

Sobat dapat dengan mudah menemui hewan yang satu ini, apa lagi pada saat musim hujan. Jika beruntung, sobat juga dapat menemukan telur bekicot yang juga dapat sobat berikan kepada ikan lele. Kandungan gizi dan nutrisi pada bekicot sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele.

Baca Juga :  Harga Buah - Buahan Juli 2022

 

Maggot Lalat

 

Lalat yang dimaksud di sini adalah jenis black soldier. Siklus maggot biasanya tumbuh sebelum memasuki fase papa dan berubah menjadi lalat. Maggot mengandung 40% protein dalam tubuhnya, ini lebih tinggi daripada pelet pabrikan yang kandungannya hanya sekitar 20 sampai 25% saja.

 

Cacing

 

Hewan yang satu ini memang merupakan makanan favorit ikan lele. Dalam tubuh cacing terdapat 70% protein. Kandungan protein dengan jumlah banyak ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele.

 

Tanaman dan Dedaunan

 

Beberapa tanaman yang kerap dijadikan pakan ikan lele adalah azolla dan lompong. Azolla merupakan tanaman paku air yang hidupnya mengapung di air seperti enceng gondok. Sobat juga pasti sudah familiar dengan tanaman lompong, banyak orang menjadikan lompong sebagai pakan alternatif karena mudah untuk mendapatkannya.

 

Sobat dapat melihat daftar makanan ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.