Mengenal Snapdragon 8 Gen 2 Dikabarkan Akan Digunakan Samsung S23

berikut.id – Snapdragon 8 Gen 2. Qualcomm di akhir tahun 2021 mengumumkan kehadiran Snapdragon 8 Gen 1, kemudian disusul Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. Skema penamaan yang baru tersebut diberikan pada chipset dengan fabrikasi teknologi 4nm.

Kini kabarnya Qualcomm juga sudah menyiapkan chipset generasi baru untuk kelas menengah yaitu Snapdragon 6 gen 1. Qualcomm sendiri belum mengumumkan hal ini melainkan berasal dari informasi ternama yaitu Evan Blass.

Dikutip dari GSM Arena, Evan Blass mengklaim Snapdragon 6 Gen 1 akan hadir dengan nama seri SM6450. Chipset ini akan hadir dengan fitur unggulan di antaranya dukungan 5G dan Qualcomm Quick Charger 4+.

Snapdragon 6 Gen 1 menggunakan CPU Kryo di kinerja 2,2GHz, namun belum diketahui jumlah inti (core) yang akan disediakan. Di sini juga hadir dukungan untuk resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz dan kamera 108MP.

Chipset Snapdragon 6 Gen 1 juga membawa kemampuan perekaman video 4K HDR di frame rate 30fps serta fitur mode slow-motion di 240fps. Tidak tanggung Evan Blass lewat cuitan di akun Twitter miliknya juga mengunggah screenshot dari situs Qualcomm.

Meskipun informasi ini belum tentu valid namun melihat kemampuan yang dibawa maka smartphone kelas menengah yang akan memakai Snapdragon 6 Gen 1 dipastikan merasa naik kelas.

Qualcom masih belum mau berkomentar atas rumor ini. Mereka sendiri sedang menyiapkan acara konferensi tahunan yaitu  Snapdragon Summit tanggal 15-17 November 2022. Di kesempatan ini kemungkinan besar Qualcomm akan mengumumkan Snapdragon 8 Gen 2.

 

Samsung Galaxy S23 Dikabarkan Akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2

Dilaporkan bahwa Samsung Galaxy S23 mendatang akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, dan kali ini, perusahaan akan berfokus pada efisiensi masa pakai baterai.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Kinerja Google Chrome Agar Menghemat RAM Komputer

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1p yang saat ini digunakan pada Samsung Galaxy S22, dan versi yang ditingkatkan bernama Snapdragon 8+ Gen 1, adalah prosesor yang sangat mumpuni, tetapi kabarnya cukup boros baterai dan gampang panas. Jadi, untuk chip generasi berikutnya, Qualcomm dikabarkan akan berfokus pada konsumsi baterai.

Berdasarkan informasi yang tersedia sejauh ini, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan kode nama Kailua, memiliki nomor model SM8550 dan akan diproduksi oleh TSMC menggunakan prosesor 4nm generasi kedua.

Samsung S23 akan Ditenagai Chipset Snapdragon 8 Gen 2 SoC agar Pemakaian Baterai Lebih Efisien

Chipset tersebut dilaporkan akan hadir dengan satu inti Cortex-X3 yang memberikan peningkatan kinerja sebanyak 25% dibandingkan X1 yang ditemukan pada model Snapdragon 8 Gen 1, serta dua Cortex-A715, dua Cortex-A710, dan tiga Cortex-A510.

Beberapa waktu lalu, terungkap bahwa tes efisiensi Snapdragon 8 Gen 2 berjalan dengan baik, dan chip tersebut berkinerja lebih baik daripada pendahulunya. Chip baru ini kemungkinan akan diumumkan pada November atau Desember tahun ini, dan seri Samsung Galaxy S23 akan resmi diluncurkan pada awal 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.