merawat baterai laptop

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet

berikut.id – Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet. Bagi sebagian orang, laptop sudah menjadi kebutuhan utama. Semua kegiatan bisa dilakuin dengan laptop, mulai dari ngerjain tugas, kerja, nonton film sampai dengerin musik.

Namun penggunaan laptop dibatasi oleh daya baterainya, terlebih lagi jika kamu sulit mendapatkan colokan untuk mengecas laptop.

Kendala tersebut bisa diperparah jika kondisi kesehatan baterai laptopmu sudah tidak optimal akibat cara penggunaan dan perawatan yang salah.

Sebenarnya, laptop kekinian sudah dilengkapi dengan teknologi dan software untuk menghemat baterai agar kamu bisa menggunakannya lebih lama tanpa terus-menerus mencolok adaptor charger. Tapi itu bukan berarti kamu bebas menggunakan laptop dalam jangka lama karena sewaktu-waktu bisa kehabisan daya.

Lithium-Ion Baterai lithium-ion adalah jenis baterai paling umum digunakan di laptop, bahkan tablet. Keunggulan baterai ini mampu mengisi daya dengan cepat, mengeluarkan daya dengan kecepatan tetap, juga memiliki kepadatan energi tinggi yang memungkinkan ukuran sel kecil dalam baterai. Nah, kapasitas sel lithium-ion akan berkurang setelah durasi pengisian terentu.

Kemampuan baterai laptop umumnya mengalami penurunan setelah lebih dari 1.000 pengecasan. Artinya, laptop yang normalnya bisa digunakan hingga 6 jam sudah harus dicas setelah 4 jam saja jika usia baterai menurun. Nah, berikut adalah tip untuk memperpanjang usia baterai laptop:

1. Cabut Charge Saat Sudah 100%

Should I fully charge my laptop before using it? | Best Guide 2020

Penyebab utama cepatnya baterai laptop menjadi bocor adalah kebiasaan lupa mencabut charger saat baterai sudah full. Padahal, membiarkan arus listrik terus mengaliri baterai malah dapat merusak komponen-komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, agar baterai laptop tetap awet, hindarilah mengisi daya saat kamu sedang tidur dan bepergian.

Baca Juga :  Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

2. Hindari Laptop Mati Total

Gara-gara keasyikan nonton film atau main game, kamu seringkali lupa nge-charge laptop hingga akhirnya laptop mati total. Tanpa kamu sadari, kebiasaan membiarkan daya baterai sampai benar-benar habis atau mencapai 0% justru dapat berakibat fatal. Hal ini karena laptop yang tiba-tiba mati saat melakukan pekerjaan dapat mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak. Jadi, usahakan untuk segera mengisi daya baterai sebelum daya baterai di bawah 20%.

 

3. Minimalisasikan pemakaian aplikasi

Intip 6 Tips Merawat Baterai Laptop Biar Nggak Bocor dan Awet

Membiarkan laptop kamu ngejalanin beberapa aplikasi dalam satu waktu jelas bikin laptopmu bekerja lebih keras yang bisa bikin daya baterainya lebih cepat terkuras. Jadi, pastiin kamu menutup semua aplikasi yang lagi nggak dipakai ya agar baterai laptop awet.

4. Istirahatkan saat dicharge

Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Mengisi Tanpa Perlu Servis - Bangslem.id

Mainin laptop sambil ngecharge adalah kebiasaan yang susah ditinggalin. Padahal, itu

Biar baterai kamu nggak cepet rusak, setiap kali kamu lagi ngecharge, usahain untuk bener-bener diistirahatkan. Jadi sang baterai bisa mengisi dayanya sendiri secara maksimal.

5. Jangan sampai kena overheat

Cara Mengetahui Laptop Sedang Panas | Pemmzchannel

Nah, salah satu penyebab baterai rusak adalah overheat dari laptop itu sendiri. Pemakaian yang terlalu lama tanpa laptop fan bisa bikin laptop kamu kena overheat. Untuk mengatasinya, usahain untuk menggunakan laptop fan biar baterai laptop tahan lama.

 

6. Hindari habis total ataupun charge terlalu lama

Ini Dia Penyebab Laptop Mati Total

Kalau lagi keasyikan main laptop biasanya sering banget tuh lupa ngecharge dan ngebiarin baterai habis total karena lagi asyik nonton film. Tanpa kamu sadari, kebiasaan kayak gini bisa bikin baterai laptop kamu rusak. Di saat pemakaian berat, usahain untuk langsung ngecharge pas baterainya masih 50%, kalau pemakaian ringan, kamu bisa tunggu sampai 30%.

Baca Juga :  Cara Cek Nomor Smartfren 2022, Mudah

Sebaliknya juga kayak ngecharge berlebihan. Ninggalin laptopmu dicharge padahal baterainya udah penuh bisa ngerusak kinerja baterai itu sendiri. Lebih baik, kalau udah penuh langsung dicabut aja.

7. Kontrol waktu pemakaian

Pilih Mana: Laptop Dell atau Laptop Acer? – Selera.id

Yang namanya barang elektronik pasti punya kapasitasnya sendiri. Kalau mau punya baterai laptop awet, ya kamu juga harus kondisikan dengan waktu pemakaian. Pastikan laptopmu tetap punya waktu istirahatnya dan jangan diforsir terus menerus.

Kalau mau punya laptop yang tahan lama dan nggak gampang rusak lebih baik kamu mengikuti tips ini. Baterai laptop yang bocor sudah pasti mengurangi performa laptop-mu. Daripada membeli baru lebih baik kamu mulai menjaga baterai laptop.

8. Atur Cahaya Rendah

tips merawat baterai laptop

Salah satu fitur yang memakan banyak daya baterai adalah layar. Cahaya yang terlalu terang bisa bikin daya baterai cepat terkuras. Jadi, setiap pemakaian pastiin kamu mengaturnya dengan kontras rendah agar baterai awet lebih lama.

Demikian Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet. Semoga dapat membantu masalah batterai kalian sehingga bisa tahan lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.