Gambar Ikan Cupang

Makanan Ikan Cupang

Makanan Ikan Cupang – ikan cupang menjadi salah satu ikan hias yang populer belakangan uni. Ikan cupang dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan mudah dipelihara oleh pemula. Sobat dapat denhan mudah menemukan ikan ini di toko ikan hias, pasar, dan bahkan di pinggir jalan.

 

Ikan ini juga tidak pilih pilih makanan, ia akan memakan apa yang sobat berikan. Namun tentu saja sobat harus memperhatikan apakah makanan yang diberikan sudah cukup bergizi atau belum, supaya ikan dapat tumbuh sehat.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui makanan ikan cupang yang baik, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Daftar Makanan Ikan Cupang

 

Cacing Sutra

 

Pakan yang satu ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang karena cacing sutra mengandung protein yang tinggi. Selain membelinya, sobat dapat dengan mudah mendapatkan cacing sutra di sekitar selokan. Sebelum memberikan cacing sutra kepada ikan cupang, pastikan untuk mencucinya dengan bersih, agar kotoran dan bakteri pada cacing tidak masuk ke akuarium.

 

Cacing Darah

 

Jenis pakan yang satu ini biasanya berbentuk beku atau kering. Sayangnya jenis pakan ini hanya dapat dijadikan sebagai pakan selingan karena kandungan proteinnya tidak terlalu banyak. Jika sobat memiliki cupang aduan, sobat dapat memberikan cacing ini pada cupang karena dapat memberi efek ganas dan agresif.

 

Artemia

 

Artemia merupakan hewan sejenis udang yang berasal dari laut, sobat dapat menjadikan artemia ini sebagai pakan alternatif.  Untuk mendapatkannya, sobat dapat pergi ke toko ikan hias atau membelinya secara online. Sebelum memberikan artemia pada ikan, sobat harus membersihkannya dengan air tawar agar kadar garam pada artemia berkurang.

Baca Juga :  Cara Budidaya Ikan Cupang

 

Jentik Nyamuk

 

Kandungan protein pada jentik nyamuk membuatnya menjadi pilihan pakan ikan cupang terbaik. Jentik nyamuk dapat mendukung pertumbuhan ikan cupang dan membantu pembentukan warna. Sabat dapat dengan mudah menemukan jentik nyamuk di ember, bak, atau wadah yang tergenang air cukup lama.

 

Kuning Telur

 

Selain baik untuk manusia, kandungan protein pada kuning telur ayam juga baik untuk membantu pertumbuhan ikan cupang. Pakan ini sangat cocok untuk anakan ikan cupang, karena dapat mempercepat pertumbuhan dan mempercantik warna ikan. Sobat dapat memberikan kuning telur seminggu sekali supaya air di akuarium tidak cepat keruh.

 

Kutu Air

 

Kutu air merupakan makanan favorit ikan cupang, dan dapat dengan mudah di area persawahan. Jika tidak ingin repot mencarinya, sobat dapat membelinya secara online dengan harga yang terjangkau.

 

Lalat

 

Tubuh lalat kaya akan gizi dan merupakan makanan yang ideal untuk membantu pertumbuhan ikan cupang. Meski sulit didapatkan, namun manfaat yang didapatkan akan sebanding. Sobat dapat memberikan 2 atau 3 ekor lalat yang sudah dibuang kepalanya kepada 1 ekor ikan cupang.

 

Microworms

 

Jenis makanan ini sangat bagus untuk burayak ikan cupang karena mengandung nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan dan mempercantik warna ikan. Microworms juga sangat mudah untuk dibudidayakan, sobat hanya perlu membeli bibit microworms dan menaruhnya ke dalam toples.

 

Vinegar Eels

 

Vinegar eels adalah sejenis belut yang bergerak di atas permukaan air, hewan ini berukuran sangat kecil dan tidak terlihat dengan jelas. Makanan ini sangat baik untuk anakan ikan cupang karena memiliki nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan ikan.

 

Baca Juga :  Penyakit Ikan Cupang

Daphnia Magna

 

Hewan ini masih satu jenis dengan kutu air, namun dengan ukuran yang lebih besar. Karena ukurannya yang besar hewan ini kerap dijuluki kutu air raksasa. Meski hewan ini berasal dari Amerika Utara, sekarang sidah banyak yang membudidayakan ya di Indonesia.

 

Pelet Ikan

 

Pakan ini merupakan alternatif paling mudah. Jika sobat masih baru belajar memelihara ikan hias, sobat dapat menggunakan pelet. Mencarinya juga tidak susah, berbagai toko hias pasti menjual pakan yang satu ini.

 

Sobat dapat melihat daftar makanan ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.