Kunci Jawaban IPA Halaman 51 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 51 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Sebagaimana telah disampaikan di bagian sebelumnya, virus Covid-19 menyebar dengan sangat cepat ke seluruh dunia. Bagaimana cara virus menyebarkan dirinya? Bagaimana cara mencegah penyebaran virus? Setiap virus menyebar dengan cara tertentu. Virus Dengue yang menyebabkan demam berdarah menyebar dengan perantara nyamuk Aedes aegypti, virus varicella zoster yang menyebabkan cacar menyebar melalui sentuhan dengan penderita, percikan cairan tubuh penderita atau sentuhan terhadap benda yang sebelumnya disentuh oleh penderita, sedangkan HIV menyebar melalui injeksi langsung ke aliran darah, kontak membran mukosa atau jaringan yang terluka dengan cairan tubuh tertentu (darah, ASI, semen) penderita. Khusus untuk virus corona yang melanda dunia saat ini virus menyebar melalui droplet yang dikeluarkan oleh penderita melalui bersin, batuk atau saat pederita berbicara. Penyebarannya sangat cepat dan mudah terjadi tanpa disadari oleh pembawanya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengurangi penyebaran virus corona ini.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA Halaman 59 Kelas 10

Cara pertama yaitu tindakan yang bersifat fisik. Virus corona menyebar melalui droplet penderita yang akan jatuh beberapa meter dari penderita, sehingga disarankan agar terdapat jarak kurang lebih 2 meter ketika berinteraksi dengan seseorang. Virus ini masuk melalui saluran pernafasan atau mulut, sehingga untuk mengurangi kesempatan tersebut disarankan menggunakan masker yang menutupi area hidung hingga dagu. Itu pulalah alasan mengapa kita dianjurkan untuk tidak menyentuh area wajah dengan tangan karena droplet yang keluar dapat terjatuh di pakaian penderita atau di benda-benda lain dekat penderita yang tanpa sengaja dapat kita sentuh.

Cara kedua adalah tindakan yang menggunakan bahan kimia. Seperti yang telah Kalian pelajari beberapa virus memiliki struktur amplop. Salah satu cara agar virus tidak dapat menginfeksi sel inang adalah dengan merusak struktur amplop tersebut. Penggunaan sabun dan air dapat merusak struktur amplop pada virus. Sabun mengandung zat mirip lemak yang disebut amphiphiles, yang secara struktural sangat mirip dengan lipid di amplop virus corona. Molekul sabun bersaing dengan lipid di amplop virus sehingga mampu merusak amplop virus. Disamping itu pula sabun membantu melepaskan virus ketika menempel pada kulit. Jika kita tidak memiliki sabun dan air, pembersih tangan (hand sanitizer) dapat juga merusak struktur amplop virus karena mengandung alkohol 70% dan zat lain yang dapat merusak selubung protein virus.

Baca Juga :  10 Contoh Kata Berimbuhan ‘me-‘

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA Halaman 67 Kelas 10

Berikut jawaban tentang “Ayo Cek Pemahaman”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Cara Mencegah Penyebaran Virus

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 51 Kelas 10

Ayo Cek Pemahaman

1. Pilihlah pernyataan berikut yang benar tentang virus.

Kunci Jawaban

vVirus hanya dapat bereproduksi dalam sel inang
xVirus merupakan salah satu mahkluk hidup
vVirus bukan merupakan sebuah sel
vVirus tersusun atas materi genetik dan kapsid

2. Jodohkanlah gambar fase dengan nama fase yang benar pada siklus litik.

Kunci Jawaban

Fase Lisis
Fase Injekasi
Fase pelekatan

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA Halaman 73 Kelas 10

3. Tentukan benar atau salah penjelasan tentang peranan virus.

Kunci Jawaban

PernyataanBenarSalah
Tungro adalah penyakit yang menyerang tanaman padi yang disebabkan oleh virus tungro.v 
Virus NCD menyebabkan penyakit tetelo pada ayam dan itikv 
Cikungunya adalah penyakit demam yang disebabkan oleh virus dengue v
Virus dapat menghasilkan insulin dengan merekayasa materi genetiknya. v

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?Alasan: Cikungunya disebabkan oleh Chikungunya virus. Virus tidak dapat menghasilkan insulin tetapi dapat membantu pembentukan insulin pada bakteri dimana virus berperan sebagai pembawa gen insulin yang diinjeksikan pada bakteri

Baca Juga :  Jenis Norma dan Keterkaitannya dengan Nilai Pancasila

4.

Gambar 2.10. Infografis isolasi mandiri

a. Berdasarkan poster tersebut, tentukan benar atau salah pernyataan berikut.

Kunci Jawaban

PernyataanBenarSalah
Mengatur jarak maksimal 2 meter dapat mengurangi penyebaran virus corona. v
Menggunakan gelas yang sama secara bergiliran tidak dianjurkanv 
Tinggal dalam ruangan ber-AC dapat mengurangi penyebaran virus corona v

b. Seorang peneliti meneliti sebaran droplet ketika seseorang berbicara, bersin dan batuk. Dalam penelitiannya dia juga mengamati sebaran droplet ketika orang tersebut tidak menggunakan pelindung, menggunakan masker, pelindung wajah (face shield) dan kaca penyekat. Berdasarkan informasi tersebut, tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah

Kunci Jawaban

PernyataanBenarSalah
Peneliti bermaksud membandingkan efektivitas masker, pelindung wajah (face shield) dan kaca penyekatv 
Peneliti tersebut meneliti perbandingan sebaran droplet (percikan) apabila seseorang menggunakan pelindung dan tidak menggunakan sama sekali.v 
Data penelitian tersebut dapat digunakan untuk menentukan pelindung yang tepat untuk mengurangi penyebaran Covid-19v 

c. Penelitian lanjutan seperti apakah yang dapat dilakukan oleh peneliti tersebut?

Kunci Jawaban

Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah jenis masker apa yang baik untuk pencegahan Covid-19 atau yang lainnya yang logis dan berkaitan dengan rencana penelitian.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA Halaman 83 Kelas 10

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan suhu?

Tinggalkan komentar